OPTIMALISASI DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL PADA ERA MILENIAL

Muhammad Habibi

Abstract


Media sosial menjadi tranding di kalangan milenial. Dakwah harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Jika tidak, arus dakwah kian melambat dan tertinggal. Artikel ini mendiskusikan dampak globalisasi informasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi, dikaitkan dengan kesiapan dai dalam memanfaatkannya dalam menyampaikan dakwah. Bagaimana mengoptimalkan media sosial untuk dakwah? Melalui studi pustaka dapat dijelaskan bahwa optimalisasi dakwah melalui media sosial dapat dilakukan dengan teknik komunikasi viral dan pengemasan konten yang menarik dengan memanfaatkan media sosial yang sifatnya interaktif.

References


Andi Abdul Muis. 2001. Komunikasi Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Danis Puntoadi. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: Elex Komputindo.

Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Arifin. 1997. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar. Jakarta. Bumi Aksara.

Moh. Ali Azis. 2004. Ilmu Dakwah. Edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Onong Uchjana Effendy. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi.

Pardianto. 2013. Meneguhkan Dakwah Melalui New Media. Jurnal: Komunikasi Islam, ISBN 2088-6314, Volume 03, Nomor 01, Juni 2013.

Siti Muriah. 2000. Metodologi Dakwah Kontenporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Widjaja, HAW. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

This article has been viewed : 1 times
PDF files viewed : 0 times Full Text: PDF

DOI: 10.24260/al-hikmah.v12i1.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah