PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

sulaiman sulaiman sulaiman

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Nilai yang diperoleh dari para siswa secara umum cukup baik antara 60-80, hal ini diduga karena sebagian para siswa mendapatkan bimbingan orangtua mereka terhadap tugas belajarnya ketika di rumah, Jadi dapat dikatakan bahwa baiknya prestasi belajar yang dicapai oleh sebagian besar siswa kelas VII di SMP Haruniyah sangat berhubungan dengan bimbingan orangtua terhadap belajar siswa terutama dalam perhatian dan pengarahan orangtua pada para siswa ketika di rumah. Masalah umum dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Haruniyah. Jenis penelitian termasuk penelitian kuantitatif karena datanya dianalisis dengan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Haruniyah D Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIC. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, teknik dokumentasi, dan teknik observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik parametrik yaitu Anova satu jalan dengan sel tak sama. Dan alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah berupa nilai hasil praktek Bahasa Inggris dan Quesioner. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Dari hasil pengelompokkan data jenjang pendidikan orangtua kelas VIIC SMP Haruniyah sebagian besar termasuk jenjang menengah, 2) Motivasi siswa tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil pengolahan data angket terlihat tanggapan positif Selalu, Sering, Kadang-kadang dijumlahkan maka didapat 95,7% yang berarti tanggapan positif termasuk kategori sangat baik. Sedangkan untuk tanggapan negatif Jarang dan Tidak Pernah dijumlahkan maka didapat 4,39 % yang artinya tanggapan negatif termasuk dalam kategori kurang. Faktor utama dalam membentuk kepribadian anak adalah keluarga. Dengan rasa kasih sayang nya, orangtua membantu anak dalam pengembangan segi fisik, psikis dan sosial, dan masa depan anak agar mencapai kesuksesan, dan 3) Jenjang pendidikan orangtua tidak mempengaruhi motivasi belajar siswa terlihat dari hasil uji hipotesis Fobs < Fa atau 0.61 < 3,32 dengan keputusan uji H0 diterima.

Keywords


Kata kunci : Pengaruh, Pendidikan Orang Tua,Motivasi,Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman Abror, (1993), Psikologi pendidikan, Yogyakarta: PT.Tiara Wacana.

Agus Dharma, (1999), Pengantar Psikologi, Jakarta: Erlangga.

Dalyono, (2005), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan & Kebudayaan, (1999), Kamus Besar Bahasa Indonesi, Jakarta: Balai Pustaka.

Istivawati, Yaya Endira, (2012), Efektivitas Quantum Teaching dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Winong. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Jumali dkk. 2008. Landasan Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Kementerian Agama RI, 2012. Al-quran dan Terjemahannya. Jakarta.

Mulyono Abudrrahman, (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rieneka Cipta.

Nana Sudjana. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ratna Willis Dahar. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Sardiman, (2001), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soeharto, dkk (2003), Teknologi Pembelajaran,. Surabaya: Surabaya Intelektual Club

Sugiono, (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV.Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktis Edisi Revisi VI, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Susilana Rudi & Cepi Riyana, (2007), Media pembelajaran, Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian, Bandung: wacana Prima

Wahjosumidjo. 1987. Kepemimpinan dan Motivasi. Indonesia. Jakarta: PT.Ghalia.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yudhi Munadi, dkk., (2009), modul Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v6i1.1453

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Site Stats Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.