MODELSISTEM PENDUKUNG BIMBINGAN SKRIPSI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Khairawati .

Abstract


This research aims to examine the application of guidance using thesis supported guidance system based on technology of information and communication for students of Islamic Education Department. Furhermore, the research is written by research and development (R&D) approach. This developed model is a combination of social networking application, e-learning application, and project management application. Besides, this system operationally could be implied to reduce the resistance on writing and finishing the thesis for PAI Department’s students of IAIN Pontianak.

References


Asmawan, M. C. (2016, Desember). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 51-57.

Fernando, F., & Rahman, I. K. (2016, Juli). Bimbingan Dan Konseling Islam Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Membantu Menyembuhkan Perilaku Prokrastinasi Mahasiswa. Jurnal Edukasi, 2(2), 215-236.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed.). Boston: Longman: Pearson

Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 86-99.

Hariyati, R. M. (2012, September). Survei Kinerja Dosen Pembimbing Skripsi dan Kualitas Skripsi Mahasiswa Akuntansi STIE MALANGKUCECWARA. Jurnal Dinamika Akuntansi, 4(2), 121-128.

Kurnanto, M. E. (2015). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Pada Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) FTIK IAIN Pontianak Semster Genap Tahun Akademik 2014/2015. Pontianak: Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

Kurnanto, M. E. (2016). Pengembangan Model Penanganan Perilaku Prokrastinasi Akademik Berbasis Solution Focused Brief Counseling (SFBC) Bagi Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Pontianak: Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

Samsudi. (2014, Juni). Pengembangan Model Pembelajaran Program Produktif SMK Untuk Membentuk Karakter Kewirausahaan Lulusan. Cakrawala Pendidikan, XXXIII(2), 307-314.

Sugiyono. (2015). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, Cet. 3. Bandung: Alfabeta.

Susanti, R. (2015, Desember). Efektifitas Konseling Realitas Untuk Pening-katan Regulasi Diri Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi, 11(2), 88-93.

Vina. (2017, Juli 4). Aplikasi Jejaring Sosial Terbaik Saat InI. Retrieved Juli 25, 2017, from Oketekno.com: http://oketekno.com/12724/aplikasi-jejaring-sosial-terbaik-saat-ini.html

Wijaya, K. K., & Nugrahanto, P. (2015, Mei 9). DeveloperWeekly #10 – 9 Mei 2015: Kumpulan aplikasi manajemen proyek gratis. Retrieved Mei 2, 2017, from Techinasia: https://id.techinasia. com/berita-seputar-developer-9-mei-201




DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v12i2.1238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 At-Turats



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak
Jl. Letjend. Soeprapto No. 19
Pontianak-Kalimantan Barat
Indonesia