Analysis of Teachers' Personality Competence in the Manuscript "Sedikit Tentang Pendidikan" by Haji Ismail Arsyad
Abstract
This study aims to analyze the teacher personality competencies outlined in the manuscript Sedikit Tentang Pendidikan by Haji Ismail Arsyad. The continuing prevalence of moral decay in educational settings serves as the rationale for investigating the teacher personality competencies presented in this manuscript, as they offer significant relevance for application in educational contexts.The research employs a descriptive-analytical method with a qualitative approach, utilizing content analysis for data collection. The primary data source was the manuscript transcribed by Dr. Erwin Mahrus, S.Ag., complemented by secondary sources such as related books and journals. The findings reveal that the manuscript Sedikit Tentang Pendidikan emphasizes several key personality traits that teachers should possess, including a strong character, authority, noble morals, and the ability to serve as role models for students. This study is expected to contribute to the development of teacher personality competencies in the field of education and offer valuable insights for academics, educators, and society at large.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru yang ada di dalam manuskrip karya Haji Ismail Arsyad yang berjudul “Sedikit Tentang Pendidikan.” Masih menjamurnya dekadensi moral di bangku pendidikan menjadi alasan kenapa kompetensi kepribadian guru dalam manuskrip ini perlu dikaji. Sebab di dalam manuskrip ini terkandung kompetensi kepribadian guru yang sangat relevan diterapkan di bangku pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif serta pengumpulan data menggunakan teknik content analysis. Sumber primer dalam penelitian ini ialah manuskrip karya Haji Ismail Arsyad yang telah dialih aksarakan oleh Dr. Erwin Mahrus, S.Ag. Sementara sumber sekunder yang peneliti gunakan yaitu buku dan jurnal-jurnal yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam manuskrip “Sedikit Tentang Pendidikan” ada beberapa kepribadian khas yang harus dimiliki oleh guru, di antaranya: memiliki kepribadian yang kuat, berwibawa, dan berakhlak mulia, serta menjadi panutan bagi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kompetensi kepribadian guru di bidang Pendidikan, serta dapat memberikan sumbangsih terhadap para akademisi, guru dan masyarakat pada umumnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apjan, S. S. (2019). Tolak Bala: A relation between Islam and tradition. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 4(1), 87-98. https://doi.org/10.18326/mlt.v4i1.87-98
Arifudin, O., & Ali, H. R. (2022). Teacher Personality Competence in Building the Character of Students. International Journal of Education and Digital Learning, 1, 5-12. https://doi.org/10.54443/ijedl.v1i1.3
Astyawan, P. R., (2024, Mei 09). Tawuran Pelajar di Cibinong Bogor, Satu Orang Tewas.Sindonews.com. https://metro.sindonews.com/read/1373843/170/tawuran-pelajar-di-cibinong-bogor-satu-orang-tewas-1715238325
Darmayanti, S. (2024). Inovasi dan Pengembangan Profesi Guru: Menuju Pendidikan Berkualitas. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 2(2), 47-60. https://jurnal.stitmas.ac.id/index.php/tarqiyah/article/view/58
Habibuddin. (2022). Kompetensi Guru dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (2), 295-303.
Hasbullah. (2020). Pemikiran John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10 (1), 1-21. https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i1.3770
Hazrullah. (2024). Pentingnya sikap sabar bagi guru PAI dalam mengelola kelas. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14(2), 253-265. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i1.23292
Halimatusadiyah, E. (2023). Pentingnya penanaman nilai-nilai etika di tengah era digital. JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 1(6), 10-16. https://doi.org/10.61132/jmpai.v1i6.162
Kamahi, U. (2017). Teori Kekuasaan Michel Foucault: Tantangan Bagi Sosiologi Politik, Jurnal Al-Khitabah, 3 (1), 117 – 133.
https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/2926
Lisnawati, D. et al. (2023). Analisis kompetensi kepribadian guru di era Society 5.0. Jurnal Pendidikan, 3(1), 29-36. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.869
Mahrus, E. (2024). Manuskrip H. Ismail Arsyad "Sedikit Tentang Pendidikan."
Mashabi, S & Kasih, A. P. (2024, September 30). FSGI: Kasus Kekerasan di Sekolah Meningkat Selama Juli-September 2024. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/2024/09/30/153306771/fsgi-kasus-kekerasan-di-sekolah-meningkat-selama-juli-september-2024
Mulyasa, E. (2023). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir, M. et al. (2020). Konsep kepribadian guru dalam pandangan Imam Nawawi Al-Bantani. TA'DIB: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Peradaban Islam, 2(1), 25-38. https://doi.org/10.32699/ta'dib.v2i1.2508
Miskahuddin. (2020). Konsep sabar dalam perspektif Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Al-Mu'Ashirah, 17(2), 196-207. http://dx.doi.org/10.22373/jim.v17i2.9182
Muis, A., & Santosa, A. B. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional siswa, motivasi belajar terhadap keterlibatan siswa di sekolah di moderasi oleh lingkungan keluarga di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16173-16189.
Naldi, A. et al. (2024). Metode membentuk akhlak mulia dalam pendidikan Islam. JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 244-248. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.202
Olfah, H. (2023). Guru dalam konsep Imam Al-Ghazali. Adiba: Journal of Education, 3(2), 223-232.
Pidria, L. et al. (2023). Pengaruh kewibawaan pendidik terhadap peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 1-15. https://doi.org/10.32832/jpls.v17i1.14144
Roqib, & Nurfuadi. (2020). Kepribadian guru: Upaya mengembangkan kepribadian guru yang sehat di masa depan. CV. Cinta Buku: Yogyakarta.
Sa’adah, N. A. et al. (2022). Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko the series dan relevansinya terhadap materi pelajaran akidah akhlak di MI. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 15-25. http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9245
Sofyan, A., & Mahrus, E. (2024). Pendidikan agama Islam dalam keluarga perspektif manuskrip H. Ismail Arsyad Kubu (1956). Journal of Research and Thought on Islamic Education, 7(1), 91-107. https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/3126
Syah, S. H. et al. (2024). Analisis kompetensi kepribadian guru. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1), 8761-8769. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8281
Yustitia, V. et al. (2023). Pendidikan di era digital. CV. Edupedia Publisher: Jawa Barat.
Zola, N., & Mudjiran. (2020). Analisis urgensi kompetensi kepribadian guru. Jurnal Educato: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88-93. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/701
Tafsirweb.com.(n.d.). https://tafsirweb.com/37712-surat-al-fajr-ayat-27-30.html
DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v18i2.3276
Article Metrics
Abstract view : 722 timesPDF - 463 times
Article Metrics
Abstract view : 722 timesPDF - 463 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Syarifah Sajila Apjan, Erwin Mahrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.