Kerangka Konsep Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter Melalui PAI Berbasis “Tarbiya Mukmin Ulul Albab”
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrew J. Milson (2000) Social Studies Teacher Educators' Perceptions of Character Education, Theory & Research in Social Education, 28:2, 144-169, DOI: 10.1080/00933104. 2000.10505902.
Abdullah Munir. 2010. Pendidikan Karakter, Membangun Karakter Anak dari Rumah. Yogyakarta; Pedagogia.
Abudin Nata. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Group.
Agus Wibowo, Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Amirulloh Syarbini. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter, Panduan Lengkap Mendidik karakter Anak di sekolah, madrasah, dan Rumah. Jakarta; as@-prima Pustaka.
Boy S. Sabarguna.2006. Analisis Data Pada Penelitian Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Djaswidi Al Hamdani, (2014/1435). The Character Education in Islamic Education Viewpoint. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, June 2014 M/1435 H, P.p 99-110.
Dindin Jamaluddin, (2013) Character Education in Islamic Perspective. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 2, Issue 2, February 2013 ISSN 2277 187-189 , 8616
Elfendri, Lilik Hendrajaya, Muhammad Basri Wello, Hendmaidi, Elfa Eriyani, Ristapawa Indra. 2012. Pendidikan Karakter, Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta; Baduose Media.
Endah Sulistyowati. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta; Citra Aji Pratama.
Fatchul Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media.
Imam Sutomo, (2014). Modification of character education into akhlaq education for the global community life. IJIMS, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, Volume 4, Number 2, December 2014: 291-316.
Lailial Muhtifah. 2012. Oppurtunities and Challanges of Religious in the Global Era” Solution and Action” :Rekonstruksi Manajemen Pendidikan Islam Yang Berkarakter Berbasis Multikulturalisme. Pontianak:Stainpress
-----------2010. Disertasi: Sistem Penjaminan Mutu Berbasis Core Value Tarbiyah Ulul Albab. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Lickona, T. (1991). Educating for character: how our schools can teach respect and responsibility . New York: Bantam. Lickona, T. (2004). Character matters. New York: Touchstone
Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter:Menjawab Tantangan Krisisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mohammad Haitami Salim & Syamsul Kurniawan. 2009. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Pontianak:stainpress.
Muhaimin.2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam “Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan”. Bandung: Nuansa
----------2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo.
Munif Chatib. 2011. Gurunya Manusia. Bandung:Mizan.
Munif Chatib. 2011. Sekolahnya Manusia. Bandung; PT. Mizan Pustaka.
Thomas Lickona (1996) Eleven Principles of Effective Character Education, Journal of Moral Education, 25:1, 93-100, DOI: 10.1080/0305724960250110
Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana
Wahid Murni, Alfin Mustikawan, Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran (Kompetensi dan Praktik). Yogyakarta; Naha Litera.
Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.
Wouter Sanderse (2013) The meaning of role modelling in moral and character ducation, Journal of Moral Education, 42:1, 28-42, DOI: 10.1080/03057240.2012.690727
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam lembaga Pendidikan. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v11i1.865
Article Metrics
Abstract view : 1034 timesPDF - 3322 times
Article Metrics
Abstract view : 1034 timesPDF - 3322 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 At-Turats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International.