MANAJEMEN MUTU KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Moh Yusuf Hidayat

Abstract


Dalam rangka pelaksanaan konsep manajemen ini, strategi yang dapat dilaksanakan oleh pemangku kebijakan
antara lain meliputi evaluasi diri untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan kurikulum. Berdasarkan hasil
evaluasi tersebut sekolah bersama-sama orang tua dan masyarakat menentukan visi dan misi kurikulum dalam
peningkatan mutu pendidikan Manajemen alternatif ini memberikan kemandirian kepada peletak dasar,
pengembang dan pelaksana kurikulum sekolah untuk mengatur dirinya sendiri dalam rangka peningkatan mutu
pendidikan, tetapi masih tetap mengacu kepada kebijakan nasional. Setidaknya ada tiga hal yang harus
diperhatikan dalam kegiatan ini yaitu; pertama, pengembangan kurikulum tersebut harus memenuhi kebutuhan
siswa. Kedua, bagaimana mengembangkan keterampi-lan pengelolaan untuk menyajikan kurikulum tersebut
kepada siswa sedapat mungkin secara efektif dan efisien dengan memperhatikan sumber daya yang ada. Ketiga,
pengembangan berbagai pendekatan yang mampu mengatur perubahan sebagai fenomena alamiah di sekolah.

Kata kunci : kurikulum, manajemen, mutu, pendidikan, dan sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v11i2.883

Article Metrics

Abstract view : 697 times
PDF - 1427 times

Article Metrics

Abstract view : 697 times
PDF - 1427 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 At-Turats



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak
Jl. Letjend. Soeprapto No. 19
Pontianak-Kalimantan Barat
Indonesia