PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN PENGUATAN KEBANGSAAN BAGI ANAK-ANAK WILAYAH PERBATASAN: Studi Di Desa Aruk Kecamatan Sajingan Kabupaten Sambas
Abstract
[Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penggunaan pendekatan ini dikarenakan data dalam penelitian ini merupakan data dalam bentuk deskripsi dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Beberapa kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Pendidikan penguatan kebangsaan bagi anak-anak di wilayah perbatasan Aruk Kecamatan Sajingan Kabupaten Sambas dilakukan dengan cara Sosialisasi nilai-nilai kebangsaan, seperti lagu-lagu Nasional, pakaian adat, dll.; 2) Penguatan Kurikulum Kebangsaan dan Muatan Lokal; 3) Penguatan Metode Pembelajaran yang menyenangkan; dan, 4) Penguatan materi wawasan kebangsaan].
Keyword: Wilayah Perbatasan, Pendidikan Penguatan Kebangsaan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Ibrahim Akbar, 2003, Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Modern, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Banks, James A. 2002. An Inroduction to Multicultural Education. Boston-London: Allyn and Bacon Press.
Eko Harianto, S.Sos.I. dalam: http://suaramuhammadiyah.com/2015/?p=1039. diunduh, pada tanggal 14 September 2016 e-Library
Farida, Meutia. (tanpa tahun.) Kebudayaan Nasional Indonesia:Penataan PolaPikir. Dalam Google.com. diunduh, pada tanggal 14 September 2016.
Hidayatullah, M. Furqon, 2010, Pendidikan Karakter Membangun Peradapan Bangsa.Surakarta : Yuma Pustaka.
Kesuma, Dharma. Dkk, 2013, Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Martianto, Hastuti, 2002, Pendidikan karakter: Paradigma baru dalam pembentukan manusia berkualitas. Bogor: IPB.
Muslich, Mansur, 2011, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta ; PT. Bumi Aksara.
Sutarno. 2008. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Tri Poetranto, 2003, Bagaimana Mengatasi Permasalahan di Daerah Perbatasan, Jakarta: Buletin Puslitbang Dtrahan Balitbang Dephan
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
Farida Hanum, Setya Raharja. 2013. “Pengembangan model pembelajaran multikultural terintegrasi mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 6 (2).
DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v6i1.1154
Article Metrics
Abstract view : 559 timesPDF - 730 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.