PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN PENGUATAN KEBANGSAAN BAGI ANAK-ANAK WILAYAH PERBATASAN: Studi Di Desa Aruk Kecamatan Sajingan Kabupaten Sambas

Helva Zurayah, Ana Rosilawati

Abstract


This research was conducted using a qualitative approach. The use of this approach is because the data in this study are data in the form of descriptions and analyzed using descriptive analysis. Some conclusions from this study are: 1) Education for nationality strengthening for children in the Aruk border area of Sajingan Subdistrict, Sambas Regency is carried out by disseminating national values, such as national songs, traditional clothing, etc .; 2) Strengthening the National Curriculum and Local Content; 3) Strengthening pleasant learning methods; and, 4) Strengthening national insight material.

[Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penggunaan pendekatan ini dikarenakan data dalam penelitian ini merupakan data dalam bentuk deskripsi dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Beberapa kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Pendidikan penguatan kebangsaan bagi anak-anak di wilayah perbatasan Aruk Kecamatan Sajingan Kabupaten Sambas dilakukan dengan cara Sosialisasi nilai-nilai kebangsaan, seperti lagu-lagu Nasional, pakaian adat, dll.; 2) Penguatan Kurikulum Kebangsaan dan Muatan Lokal; 3) Penguatan Metode Pembelajaran yang menyenangkan; dan, 4) Penguatan materi wawasan kebangsaan].

Keyword: Wilayah Perbatasan, Pendidikan Penguatan Kebangsaan

Keywords


Wilayah perbatasan; Pendidikan Penguatan kebangsaan

Full Text:

PDF

References


Ali Ibrahim Akbar, 2003, Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Modern, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Banks, James A. 2002. An Inroduction to Multicultural Education. Boston-London: Allyn and Bacon Press.

Eko Harianto, S.Sos.I. dalam: http://suaramuhammadiyah.com/2015/?p=1039. diunduh, pada tanggal 14 September 2016 e-Library

Farida, Meutia. (tanpa tahun.) Kebudayaan Nasional Indonesia:Penataan PolaPikir. Dalam Google.com. diunduh, pada tanggal 14 September 2016.

Hidayatullah, M. Furqon, 2010, Pendidikan Karakter Membangun Peradapan Bangsa.Surakarta : Yuma Pustaka.

Kesuma, Dharma. Dkk, 2013, Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Martianto, Hastuti, 2002, Pendidikan karakter: Paradigma baru dalam pembentukan manusia berkualitas. Bogor: IPB.

Muslich, Mansur, 2011, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta ; PT. Bumi Aksara.

Sutarno. 2008. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Tri Poetranto, 2003, Bagaimana Mengatasi Permasalahan di Daerah Perbatasan, Jakarta: Buletin Puslitbang Dtrahan Balitbang Dephan

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Farida Hanum, Setya Raharja. 2013. “Pengembangan model pembelajaran multikultural terintegrasi mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 6 (2).




DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v6i1.1154

Article Metrics

Abstract view : 559 times
PDF - 730 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Site Stats Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.