Komunikasi Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Anak

Baharuddin Baharuddin

Abstract


Komunikasi orang tua dalam pembinaan akhlak anak sebagai berikut: Pertama, bentuk komunikasi yang ditemukan meliputi perintah ada yang keras, perintah melalui gambaran dan sekedar ungkapan biasa, perintah ada yang kaku (tidak kompromi, pelayanan langsung berupa hal yang diperlukan, pelayanan satu arah, komunikasi person yang diberikan orang tua ada yang rumit, kelompok kecil, kelompok besar, melalui garis besar (global). Kedua, proses komunikasi yang ditemukan diantaranya mengikuti kebiasaan di kantor, ada yang mengikat anak untuk bergaul, ada yang dengan cara keras seperti informasi, perintah dan ajakan dan ibu yang paling banyak melakukan komunikasi. Melihat komunikasi yang efektif dalam pembentuk akhlak remaja harus secara serius dilakukan secara baik dan maksimal sehingga hasil akan aplikasi dalam masyarakat ketika mereka berinteraksi ditengah-tengah masyarakat dapat berjalan dengan baik dan sesuai agama Islam.

Keywords


Orang Tua; Komunikasi; Akhlak; Anak

Full Text:

PDF

References


Abdullah Nashih Ulwan. (1995). Pendidikan Anak Dalam Islam 2. Jakarta: Pustaka Amani. Alo Liliweri. (1997). Komunikasi Antarpribadi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Anwar Arifin. (1998). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Arifin Imron. (1996). Metode Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Keagamaan Studi Kompreratif – Pendekatan

Kuantitatif dan Kualitatif. Malang: Kalimasada Press.

Asmaran. (1991). Pengantar Studi Akhlak . Jakarta: Citra Niaga Rajawali Pers.

D. Lawrence Kincaid & Wlbur Schramm alih bahasa Agus Setiadi. (1977). Asas-asas Komunikasi

Manusia. Jakarta: LP3ES.

Denis Mcquaili. (1987). Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Masa). Jakarta: Erlangga.

Dedy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmad. (2001). Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Dedy Mulyana. (2004). Komunikasi Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Deddy Mulyana. (2001). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (cetakan 1). Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

H.A Mustofa. (1997). Akhlak Tasawuf. Bandung: CV. Pustaka Setia

Hadari Nawawi. (1985). Motode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hafied Cangara. (1998). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Harun Rasyid. (2000). Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Pontianak: Kopma STAIN. H. Mafri Amir. (1999). Etika Komunikasi Masa Dalam Pandangan Islam. Jakarta: Logos.

Hussein Bahreisj. (1981). Ajaran-Ajaran Akhlak Imam Ghazali. Surabaya: Al Ikhsan. Jalaluddin . (2000). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jalaluddin Rakhmad. (1986). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.

Khairawati,dkk. (2006). Pedoman Penulisan Skripsi STAIN Pontianak. Pontianak: STAIN Press. Lexy J. Moleong. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Mahjudin. (2001). Kuliah Akhlak Tasawuf. Jakarta: Kalam Mulia.

Onong Uchyana Effendy. (2000). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya

Bakti.

Onong Uchyana Effendy. (2001). Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sarlito Wirawan Sarwono. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada. Sudarsono. (1993). Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v4i2.1179

Article Metrics

Abstract view : 585 times
PDF - 809 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Site Stats Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.