CUSTOMER VALUE DAN BRAND IMAGE DAMPAKNYA TERHADAP CUSTOMER LOYALITY (Studi Pada Nasabah Perempuan Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera)

Muhammad Syaifullah, Muhammad Khairul Anwari, Vioni Afriani

Abstract


This research is motivated by the low access of women in having access to formal finance, including access to insurance financial institutions.The purpose of this study was to determine the effect of customer value and brand image on customer loyalty at PT. Sharia Bumiputera Life Insurance in Pontianak City. The method used is an associative method with a quantitative approach. Sampling is done by purposive sampling technique in consideration of the respondents chosen are customers who are domiciled in the city of Pontianak and customers of policy holders of the Asuransi Jiwa Syariah BumiputeraCompany in Pontianak Cityand the sample used in this study amounted to 76 customers out of 320 customers. The method of hypothesis testing in this study uses multiple regression analysis. The results of the study that customer value and brand image influence partially or simultaneously on customer loyalty at the Asuransi Jiwa Syariah BumiputeraCompany in Pontianak City.

Keywords:Brand Image; Customer Loyalty; and Customer Value

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya akses perempuan dalam memiliki layanan terhadap keuangan formal, termasuk pada akses lembaga keuangan asuransi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer valuedan brand image terhadap customer loyalty pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak.Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dalam pertimbangan responden yang dipilih adalah nasabah yang berdomisili di wilayah Kota Pontianak dan nasabah pemegang polis Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 76 nasabah perempuan dari 320 nasabah.Metode pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian bahwacustomer valuedan brand image berpengaruh secara parsialmaupun secara simultan terhadap customer loyalty pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak.

Kata Kunci: Brand Image; Customer Loyalty; danCustomer Value.

Keywords


Brand Image; Customer Loyalty; danCustomer Value.

Full Text:

PDF

References


Abror dan Evanti, Susi. (2012). Pengaruh Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Pelanggan Garuda Indonesia Di Sumatera Barat. Vol. 1. No. 1

Baig, Taimur. (2018). Potensi Besar Layanan Keuangan untuk Kaum Perempuan. https://katadata.co.id/opini/2018/10/07/potensi-besar-layanan-keuangan-untuk-kaum-perempuan

Fanany, Faishal. (2015). Pengaruh Brand Image Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.4 No.1

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen “Implakasi pada Strategi Pemasaran”. Yogyakarta: Graha Ilmu

Fitria, Neni. 2016. The Influence of Relational Benefits and Bank Brand Image to Customer Loyalty Through Sharia Bank Customer Satisfaction (A Study on PT Bank Syariah Mandiri Kediri Branch). Vol. 2. Issue 8

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BadanPenerbit –Undip

Hasan, Haslinda. (2014). Effects of Perceived Value and Trust on Customer Loyalty towards Foreign Banks in Sabah, Malaysia. Vol. 1. Issue. 2

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Indriyarti, Eko Retno. (2016). Pengaruh Customer Value terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty sebagai Strategi menuju Bisnis berkelanjutan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Jurnal Penelitian dan Karya ilmiah. Vol. 1 No. 2

Kusumaningtuti S. Soetjono. (2012). Bahaya Bila Masyarakat Tak Percaya JasaKeuangan.Melalui Diakses [8/03/2018]

Nurmayanti, Rosi. (2014). Pengaruh Customer Value, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty (Pelanggan Asuransi Syariah Di Kota Bengkulu). Skripsi Manajemen Ekonomi

Philip Kotler. (2004. Marketing Management: An Asian Perspective Third Edition. Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Putri, Rizka Arbasari. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen pada Asuransi Jiwa Bumiputera (Kasus pada Konsumen di Kota Bandung)

Prasetyo, Bambang. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Priadana, Moh. Sidik dan Saludin Muis. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Priansa, Doni Juni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Priyatno, Duwi. (2016). BelajarAlatAnalisis Data dan Cara Pengolahannyadengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media

Rahi, Samar. (2016). Impact of Customer Perceived Value and Customer’s Perception of Public Relation on Customer Loyalty with Moderating Role of Samar Brand Image. Vol 21. No. 2

Sangadji, Etta Mamang. (2013). Perilaku Konsumen “Pendekatan Praktis”. Yogyakarta: ANDI

Setiaatmadja, Jahja.(2018). Brand Perusahaan Memiliki Peran Penting. Melalui Diakses [08/03/2018]

Sof’an, Mohammad. (2016). Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Produk, Kualitas Jasa Syariah Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Kudus. Vol. 4. No. 2

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiati, Tinik. (2013). The Role of Customer Value on Satisfaction and Loyalty (Study on Hypermart’s Customers).Vol. 5.Issue. 6

Suliyanto.(2011). EkonometrikaTerapan: Teori&Aplikasidengan SPSS. Yogyakarta: ANDI

Sulibhavi, Basavaraj dan Shivashankar. (2017). The Impact Of Brand Image On Customer’s Loyalty Towards Private Label Brands: The Mediating Effect Of Satisfaction. Hubli-Dharwad Conglomerate City Of Karnataka. Vol. 5. Issue 8

Supangkat, Aditya Hangga. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.6 No.9

Supranto dan Limakrisna, Nanda.(2007). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran “Untuk Memenangan Persaingan Bisnis”. Jakarta: Mitra Wacana Media

Tomida, Merinda dan Satrio, Budhi. (2016). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Vol. 5. No. 7.

Umar, Husein. (2014). etodePenelitianuntukSkripsidanTesisBisnis. Jakarta: RajawaliPers.




DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v6i1.1509

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Site Stats Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.