CUSTOMER VALUE DAN BRAND IMAGE DAMPAKNYA TERHADAP CUSTOMER LOYALITY (Studi Pada Nasabah Perempuan Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera)
Abstract
Keywords:Brand Image; Customer Loyalty; and Customer Value
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya akses perempuan dalam memiliki layanan terhadap keuangan formal, termasuk pada akses lembaga keuangan asuransi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer valuedan brand image terhadap customer loyalty pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak.Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dalam pertimbangan responden yang dipilih adalah nasabah yang berdomisili di wilayah Kota Pontianak dan nasabah pemegang polis Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 76 nasabah perempuan dari 320 nasabah.Metode pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian bahwacustomer valuedan brand image berpengaruh secara parsialmaupun secara simultan terhadap customer loyalty pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak.
Kata Kunci: Brand Image; Customer Loyalty; danCustomer Value.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abror dan Evanti, Susi. (2012). Pengaruh Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Pelanggan Garuda Indonesia Di Sumatera Barat. Vol. 1. No. 1
Baig, Taimur. (2018). Potensi Besar Layanan Keuangan untuk Kaum Perempuan. https://katadata.co.id/opini/2018/10/07/potensi-besar-layanan-keuangan-untuk-kaum-perempuan
Fanany, Faishal. (2015). Pengaruh Brand Image Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.4 No.1
Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen “Implakasi pada Strategi Pemasaran”. Yogyakarta: Graha Ilmu
Fitria, Neni. 2016. The Influence of Relational Benefits and Bank Brand Image to Customer Loyalty Through Sharia Bank Customer Satisfaction (A Study on PT Bank Syariah Mandiri Kediri Branch). Vol. 2. Issue 8
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BadanPenerbit –Undip
Hasan, Haslinda. (2014). Effects of Perceived Value and Trust on Customer Loyalty towards Foreign Banks in Sabah, Malaysia. Vol. 1. Issue. 2
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta
Indriyarti, Eko Retno. (2016). Pengaruh Customer Value terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty sebagai Strategi menuju Bisnis berkelanjutan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Jurnal Penelitian dan Karya ilmiah. Vol. 1 No. 2
Kusumaningtuti S. Soetjono. (2012). Bahaya Bila Masyarakat Tak Percaya JasaKeuangan.Melalui Diakses [8/03/2018]
Nurmayanti, Rosi. (2014). Pengaruh Customer Value, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty (Pelanggan Asuransi Syariah Di Kota Bengkulu). Skripsi Manajemen Ekonomi
Philip Kotler. (2004. Marketing Management: An Asian Perspective Third Edition. Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Putri, Rizka Arbasari. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen pada Asuransi Jiwa Bumiputera (Kasus pada Konsumen di Kota Bandung)
Prasetyo, Bambang. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Priadana, Moh. Sidik dan Saludin Muis. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu
Priansa, Doni Juni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Priyatno, Duwi. (2016). BelajarAlatAnalisis Data dan Cara Pengolahannyadengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media
Rahi, Samar. (2016). Impact of Customer Perceived Value and Customer’s Perception of Public Relation on Customer Loyalty with Moderating Role of Samar Brand Image. Vol 21. No. 2
Sangadji, Etta Mamang. (2013). Perilaku Konsumen “Pendekatan Praktis”. Yogyakarta: ANDI
Setiaatmadja, Jahja.(2018). Brand Perusahaan Memiliki Peran Penting. Melalui Diakses [08/03/2018]
Sof’an, Mohammad. (2016). Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Produk, Kualitas Jasa Syariah Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Kudus. Vol. 4. No. 2
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiati, Tinik. (2013). The Role of Customer Value on Satisfaction and Loyalty (Study on Hypermart’s Customers).Vol. 5.Issue. 6
Suliyanto.(2011). EkonometrikaTerapan: Teori&Aplikasidengan SPSS. Yogyakarta: ANDI
Sulibhavi, Basavaraj dan Shivashankar. (2017). The Impact Of Brand Image On Customer’s Loyalty Towards Private Label Brands: The Mediating Effect Of Satisfaction. Hubli-Dharwad Conglomerate City Of Karnataka. Vol. 5. Issue 8
Supangkat, Aditya Hangga. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.6 No.9
Supranto dan Limakrisna, Nanda.(2007). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran “Untuk Memenangan Persaingan Bisnis”. Jakarta: Mitra Wacana Media
Tomida, Merinda dan Satrio, Budhi. (2016). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Vol. 5. No. 7.
Umar, Husein. (2014). etodePenelitianuntukSkripsidanTesisBisnis. Jakarta: RajawaliPers.
DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v6i1.1509
Article Metrics
Abstract view : 524 timesPDF - 335 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.