MENINGKATKAN KESADARAN PENGASUHAN ANAK DI ERA DIGITAL MELALUI CERAMAH BERBASIS MULTIMEDIA

Eka Damayanti, Arifuddin Ahmad, Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


The study aims to determine the enhancement of parenting awareness in the digital era through lectures based on multimedia. This study was the result of community service by giving lectures based on multimedia. The population of this study was 20 mothers of Majelis Taklim, a women Islamic forum of Nuha district and there were 18 mothers selected randomly as the samples. Data was collected by using instruments of psychology scale through Google forms and analyzed descriptively. The result showed the increased of parenting awareness. The score of understanding of the child's development was 20 and so do the understanding of the gadget’s impact on child development. The score on raising awareness of Islamic concepts in parenting was 17 and the score of the awareness of parents’ responsibilities in preventing the impact of gadgets was 18. The score of clarity measures in preventing the impact of gadgets was 25 and readiness of implementing prevents the impact of gadgets’ score was 19.

Keywords


Parenting Awareness; Multimedia Lectures based

Full Text:

PDF

References


Aji, Rustam. 2016. Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, Vol. 1 No. 1 Tahun 2016.

Alia, Tesa dan Isrwansyah. 2018. Pendampingan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, Vol. 14 No. 1 Tahun 2018.

Al-Ayouby, M. A. 2017. Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK Handayani Bandar Lampung). Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

Aslan. 2019. Peran Pola Asuh Orang Tua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, Vo. 7 No. 1 Tahun 2019.

Baharun, H. dan Finori, F. D. 2019. Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, Vol 17 No 1 Tahun 2019.

Bussa, B. D., Bunga, B. N. K., Thoomaszen, F.W. dan Kiling, I.Y. 2018. Persepsi Ayah Tentang Pengasuhan Anak Usia Dini. Jurnal Sains Psikologi, Jilid 1 No. 2 Tahun 2018.

Chusna, P. A. 2017. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Vol. 17 No. 2 Tahun 2017.

Dewi, P. K. dan Budiana, N. 2018. Media Pembelajaran Bahasa Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Cetakan pertama. Malang: UB Press.

Erlanti, M. S., Mulyana, N. & Wibowo. H. 32 Teknik Parenting dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting Di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung.

Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.3 No. 2 Tahun 2016.

Fatmawati, N. I. 2019. Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, Vol. 11 No. 2 Tahun 2019.

Febriani, Z., Kumalasari, D., Triman, A., & Fourianalistyawati, E. 2019. Pelatihan Maindful Parenting Bagi Ibu dengan Balita Di Cempaka Putih. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat¸ Vol. 4 No. 1 Tahun 2019.

Hanafi, H., Adu, L., & Zainuddin. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Edisi ke-1, Cetakan ke-1. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayati, F., Kaloeti, D. V. S. & Karyono. 2011. Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Psikologi Undip, Vol. 9 No. 1 Tahun 2011.

Jannah, Miftahul. 2015. Pola Pengasuhan Orang Tua dan Moral Remaja dalam Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 1 No. 1 Tahun 2015.

Junairi. 2015. Efektivitas Metode Ceramah Dengan Multimedia dan Metode Ceramah Tanpa Multimedia Terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kecamatan Ringinrejo Kab. Kediri. Tesis. Tulungagung: Program Studi Pendidikan Dasar Islam, Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Lestari, Sri. 2016. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Edisi ke-1, Cetakan ke-4. Jakarta: Kencana.

Lisa, Warda dan Astuti, Asagaya. 2018. Perbedaan Pengasuhan Berkesadaran Pada Orang Tua Milenial. Jurnal Psikologi, Vol. 11 No. 1 Tahun 2018.

Kiong, Melly. 2015. Mindful Parenting. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmud, S. dan Idham M. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan pertama. Aceh: Syaih Kuala University Press.

Marpaung, Junierissa. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan (The Effect of Use of Gadget In Life). Jurnal KOPASTA, Vol. 5 No. 2 Tahun 2018.

Muhasim. 2017. Pengaruh Tehnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 5 No. 2 Tahun 2017.

Mubarok, P. P. 2016. Program Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Orang Tua Remaja. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 3 No. 1 Tahun 2016.

Nurhaeda. 2018. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu. Early Chilhood Education Indonesian Journal, Vol. 1 No. 2 Tahun 2018.

Nurhamidah dan Retnowati, Sofia. 2018. Efek Program “Mindful Parenting” Terhadap Perubahan Stres Pengasuhan Orang Tua Tunggal Yang Memiliki Anak dengan Disabilitas Ganda. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GAMAJPP), Vol. 4 No. 1 Tahun 2018.

Rahmat, S. T. 2018. Pola Asuh yang Efektif untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol. 10 No. 2 Tahun 2018.

S., Dyna Herlina, Setiawan, B., & Adikara, G. J. 2018. Digital Parenting: Mendidik Anak Di Era Digital. Cetakan pertama. Yogyakarta: Samudra Biru.

Safitri, M. D. dan Satwika, Y. W. 2018. Pengasuhan Anak oleh Single Father. Jurnal Psikologi Pendidikan, Vol. 05 No. 01 Tahun 2018.

Setiawan, H. H. 2014. Pola Pengasuhan Keluarga Dalam Proses Perkembangan Anak. Sosio Informa, Vol. 19 No. 3 Tahun 2014.

Siswanto dan Widodo, A. 2019. Pembinaan Anak Jalanan Melalui Pola Asuh Di Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro Sleman Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol. 16 No. 1 Tahun 2019.

Sofyan, Iyan. 2019. Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif Dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care & Education, Vol. 1 No. 2 Tahun 2018.

Soge, E. M. T., Kiling-Bunga, B. N., Thoomaszen, F. W. & Kiling, I. Y. 2016. Persepsi Ibu Terhadap Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Intuisi: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 8 No. 2 Tahun 2016.

Subarkah, M. A. 2019. Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr, Vol. 15 No. 1 Tahun 2019.

Sunita, I. dan Mayasari, E. 2018. Pengawasan Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal Endurance, Vol. 3 No. 3 Tahun 2018.

Suprihatin, T., Sugiasih, I. dan Wahyuni, S. 2019. Keterampilan Pengasuhan Pada Warga Kampung Nelayan Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, Tahun 2019.

Suprihatiningsih. 2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Edisi 1, Cetakan 1. Yogyakarta: Deepublish.

Tambak, Syaraini. 2014. Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, Vol. 21 No. 2 Tahun 2014.

Trinika, Yulia. 2015. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3 – 6 Tahun) Di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014 – 2015. Skripsi. Pontianak: Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura.

Widaningsih, Ida. 2019. Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, Haerani, N. R. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIK, Vol. VI No. 1 Tahun 2018.

Wulandari, Dwi dan Hermiati, Dilfera. 2019. Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional Pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, Vol. 3 No.1 Tahun 2019.

Wulandari, Herni dan Santoso, Meilanny Budiarti. 2019. Proses Parental Mediation Terhadap Anak Usia Prasekolah dalam Menggunakan Gadget. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol. 2 No. 2 Tahun 2019.

Zulfitria. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Dasar. Holistika, Vol. 1 No. 2 Tahun 2017.




DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v8i2.1637

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Site Stats Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.