SHARENTING YANG DILAKUKAN OLEH IBU MUSLIM DI INSTAGRAM DITINJAU DARI AL QURAN

Fitria Fauziah Hasanah, Rizal Faturohman Purnama

Abstract


Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap pola sosialisasi masyarakat, temasuk penyebaran informasi dan interaksi antar orangtua seputar pengasuhan anak. Situs jejaring sosial menjadi media untuk orangtua melakukan sharenting salah satunya adalah instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan fenomena sharenting yang dilakukan oleh ibu muslim dan bagaimana fenomena sharenting ini ditinjau dari al quran terutama dari QS. Lukman. Metode penelitian ini menggunakan kualitaif deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan menganalisis akun instagram ibu muslim yang melakukan sharenting. Hasil penelitian menunjukan bahwa sharenting yang dilakukan oleh ibu muslim di instagram telah sesuai dengan pola asuh yang diterapkan oleh Luqman Hakim terhadap anak-anaknya sebagaimana terkandung dalam Q.S Lukman.

Technological developments affect the pattern of socialization of society, including the dissemination of information and interactions between parents around childcare. Social networking sites become a media for parents to do sharenting, one of which is Instagram. This study aims to show the phenomenon of sharenting conducted by Muslim mothers and how this sharenting phenomenon is viewed from the Koran, especially from the QS. Lukman. This research method uses descriptive qualitative, data collection is done by analyzing the Instagram account of Muslim mothers who do sharenting. The results showed that the sharenting conducted by Muslim mothers on Instagram was in accordance with the parenting applied by Luqman Hakim towards his children as contained in Q.S Lukman.

Keywords


Sharenting, Instagram, the Koran.

Full Text:

PDF

References


Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.31002/JKKM.V1I1.389

Blum-Ross, A., & Livingstone, S. (2017). “Sharenting,” parent blogging, and the boundaries of the digital self. Popular Communication, 15(2), 110–125. https://doi.org/10.1080/15405702.2016.1223300

Brosch, A. (2016). Sharenting – Why do parents violate their children’s privacy? The New Educational Review, 54(4), 75–85.

Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo.

C.S Mott, C. H., & on children’s health, N. P. (2015). Parents on social media: Likes and dislikes of sharenting | National Poll on Children’s Health. Retrieved from https://mottpoll.org/reports-surveys/parents-social-media-likes-and-dislikes-sharenting

Clark, L. S. (2011). Parental Mediation Theory for the Digital Age. Communication Theory, 21(4), 323–343. https://doi.org/10.1111/j.1468-2885.2011.01391.x

Daulay, N. (2014). Pola Asuh Orangtua dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Darul ’Ilmi, 2(2). Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI/article/view/417

Hafizah, E., & Sari, P. (2019). Pola Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. Raheema, 6(1), 91–104. https://doi.org/10.24260/raheema.v6i1.1510

Hamka. (1984). Tafsir Al-Azhar Juzu’ 11. Juzu’ 11. Singapura: Pustaka Nasional.

Harahap, A. M. (2019). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Hasan Langgulung Dan Relevansinya Dengan Pengembangan Kesehatan Mental Keluarga. At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2). Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attarbiyah/article/view/1118

Hasanah, F. F. (2019). Sharenting in The Perspective of Islamic Education. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 3(2), 42–50. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/SKIJIER/article/view/2801

Ismail, A. I. (2013). True Islam: moral, intelektual, spiritual. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Khusni, M. F. (2018). Fase Perkembangan Anak dan Pola Pembinaannya dalam Perspektif Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 361–382. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.361-382

Makhmudah, S. (2018). Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 269–286. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286

Maksum. (2016). Profil Pendidik Sukses Menurut Surah Luqman Ayat 12-19 (Kajian Religius Antropologis). KABILAH , 1(2), 307–331. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/2865

Manzur, I. (1997). Lisan Al-Arab. Beirut: Dar Ihya Turath Arabiy.

Najib, F. A. (2020a). Konstruksi Pesan-Pesan Lukman Al-Hakim dalam Q.S Lukman (Analisis Quranic Parenting). At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(2), 111–125. https://doi.org/10.24127/ATT.V3I2.1121

Najib, F. A. (2020b). Konstruksi Pesan-Pesan Lukman Al-Hakim dalam QS, Lukman : (Analisis Quranic Parenting). At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(2), 111–125. https://doi.org/10.24127/ATT.V3I2.1121

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Salma Sufridha, A., & Rachma Dewi, P. A. (2019). Studi Fenomenologi Pola Komunikasi Orangtua Pada Endorser Anak di Media Sosial. Commercium, 1(2). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/27021

Shihab, M. Q. (2012). M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume 1. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q., & Syakur Dj, A. (2008). Al- Lubâb: makna, tujuan, dan pelajaran dari al-Fatihah & Juz ’Amma. Jakarta: Pusat Studi Al Quran Lentera Hati.

Sulastri, S. (2016). Psikologi Keluarga : Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenada Media grup.

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thalib, M. (2007). Pola Asuh Orangtua : Perspektif Konseling dan Al Quran. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 4(4), 321–334. https://doi.org/10.24239/JSI.V4I4.225.321-334

Tridhinanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ulwan, A. N. (2017). Tarbiyatul Awlad fil Islam: Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Katulistiwa Press.

Uyuni, Y. R. (2019). Konsep Pola Asuh Orangtua dalam Perspektif Islam terhadap Tumbuh Kembang Anak dalam Keluarga. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 53–62. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1964

Vega, A. De, Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227

Verswijvel, K., Walrave, M., Hardies, K., & Heirman, W. (2019). Sharenting, is it a good or a bad thing? Understanding how adolescents think and feel about sharenting on social network sites. Children and Youth Services Review, 104, 104401. https://doi.org/10.1016/J.CHILDYOUTH.2019.104401

Webb, A. (2013). We Post Nothing About Our Daughter Online. Retrieved October 13, 2019, from Slate.com website: https://slate.com/technology/2013/09/facebook-privacy-and-kids-dont-post-photos-of-your-kids-online.html

Yunus, M. (2008). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.




DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v8i1.1645

Article Metrics

Abstract view : 670 times
PDF - 440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Site Stats Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.