STUDENTS’ PERCEPTION OF FEMALE LECTURER CHARACTERISTICS IN TEACHING: A STUDY OF THE IDEOLOGY OF GENDER SEGREGATION AT STATE UNIVERSITIES IN PONTIANAK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Citra, L. (2015). Pembagian Kerja secara Seksual dan Peran Gender dalam Buku Pelajaran SD. Jurnal Interaksi, Vol.04, No. 1. https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.11-21.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Ed.4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fernandes, H. J. X. (1984). Evaluation of Educational Program. Jakarta: National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.
Fitrianti, R., & Habibullah. (2012). Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan: Studi pada Perempuan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang, Jurnal Sosiokonsepsia, Vol. 17 No. 01. https://doi.org/10.33007/ska.v17i1.809.
https://kepegawaian.untan.ac.id/data-dosen/
Khairawati., & Wahidah, A. N. (2019). Menara Penelitian: Mudah Memahami dan Mengaplikasikan Rancangan Penelitian Cetakan Kedua. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Kusumayanti, F. (2019). Dilema Ruang Perempuan dalam Keluarga dan Publik, Raheema: Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. 6 No. 2, https://doi.org/10.24260/raheema.v6i2.1514.
Liliweri, A. (1994). Perspektif Teoritis Komunikasi antar Pribadi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Littauer, F. (2008). Personality Plus: Bagaimana Memahami Orang Lain dengan Memahami Diri Anda Sendiri. Jakarta: Binarupa Aksara.
Muawanah. (2017). Pentingnya Kompetensi Sosial bagi Dosen. Jurnal Vijjacariya, Vol. IV, No. 1. doi: 10.31219/osf.io/3ypu2.
Mustomi, D. (2018). Persepsi tentang Karakteristik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, Jurnal Widya Cipta, Vol II No. 1, https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i1.2721.g2035.
Purwaningwulan, M. M., Surya, D. A., & Rismawaty. (2013). Efektivitas Proses Belajar Mengajar Dosen Perempuan terhadap Atraksi Mereka pada Mahasiswa di UNIKOM Bandung, JIPSI: Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, Jilid 2 Tahun 2013.
Rahmawati, D., & Riyanto, G. (2016). Menjadi Wartawati di Ranah yang Maskulin: Telaah terhadap Ideologi Pemilahan Gender dalam Kerja Jurnalistik. Prosiding Konferensi Internasional Feminisme: Persilangan Identitas, Agensi dan Politik (20 Tahun Jurnal Perempuan. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.
Robertson. (2017). What’s the Difference Between a Man Teacher and Woman Teacher online, tersedia htpp://www/site101.com/ articles/cfm/classroom-discipline.
Ruseffendi. (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Saputra, V.D., & Yuniawan, A. (2012). Kepribadian Dosen yang Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 3 No. 2. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2437.
Setioningtyas, W.P., & Widyatmika, S. W. (2017). Analisis Karakteristik Dosen yang Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Surabaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 4 No.2. https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i1.3227.
Simarmata, J. (2016). Karakteristik Dosen Profesional menurut Mahasiswa: Sebuah Survei di FKIP Universitas Batanghari, Jurnal Ilmiah Dikdaya, Vol. 6 No. 2. doi: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i2.5.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprayitni., B & Nurseto, T. (2012). Pengaruh Interaksi Jenis Kelamin Mahasiswa-Dosen dalam Pencapaian Hasil Belajar Mata Kuliah Kuantitatif dan Kualitatif di Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY (Penggunaan Model Tobit), Penelitian Bidang Studi/ Ilmu/ Keahlian. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Surat Keputusan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Nomor 444 Tahun 2019 tentang Distribusi Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak.
Sutriningsih, N. (2016). Persepsi Mahasiswa tentang Kompetensi Mengajar Dosen Pengampu pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal e-DuMath, Vol. 2, No.1. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/450528.
UNESCO. (2004). Gender Analysis of School Curriculum and Textbook. Unesco: Islamabad.
Yuliawati, S. N. (2010). Karakter Dosen Wanita dalam Pembelajaran, Proceedings of the 4’th International Conference on Teacher Education Join Conference UPI dan UPSI. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v8i1.1659
Article Metrics
Abstract view : 375 timesPDF - 158 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.