PERAN PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN EKONOMI RUMAH TANGGA (Studi Kasus: Perempuan Korban Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Human Trafficking di Kota Singkawang Kalimantan Barat)

ita cholifah, Syharoh Shafitry, Rahmah Yulisa Kalbarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah dampak yang dirasakan ataudialamiolehperempuankorbanKekerasanDalamRumahTanggadanHuman Trafficking di Kota Singkawang, bagaimana kondisi perekonomian korban secara keseluruhan serta faktor apa saja yang bisa menjadi pendukung dan penghambat mereka dalam meningkatkan perekonomian rumahtangga.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah perempuan korban KDRT dan Human Trafficking di Kota Singkawang. Sumber data sekunder peneliti dapatkan dari berbagai macam literatur dan pengurus P2TP2A Maharani Kota Singkawang. Teknik yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis naratif.

Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Dampak yang dirasakan para korban adalah mereka mengalami sakit fisik, tekanan mental, merasa ketakutan, tidak percaya diri, malu, merasa tidak berdaya,danketergantunganterhadapsuami.2)Faktorpendukungdanpenghambat perempuan korban KDRT dan human trafficking dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga yang peneliti dapatkan yaitu: modal usaha, memanfaatkan kemampuan membuat makanan/kue dan berdagang, sarana dan prasarana usaha, dukungan keluarga/orang sekitar. 3) Terjadinya peningkatan ekonomibagiparakorbanKDRTdanhumantraffickingyangpenelitiamatidilihat dari modal usaha, prasarana usaha, serta dukungan keluarga/orangsekitar.


Keywords


Human Trafficking, Peningkatan Ekonomi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v8i2.2150

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Site Stats Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.