KETERTARIKAN PENGUSAHA MUSLIM PAMELLA SUNARDI PEMILIK PAMELLA SUPERMARKET YOGYAKARTA MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH

Trimulato Trimulato

Abstract


Abstract

Islamic banking now has a legal strength by the presence of law number 21 of 2008 which is very influential for the existence of Islamic banking. Currently the market share of Islamic banking has reached 5 percent of the total national banking. Islamic banking products continue to grow over time;the funds of third-party in the period of June 2016 reached 12,185,860 trillion rupiah with financing funds of 3,027,266 trillion rupiah. This suggests that the existence of inequality especially on financing products of Islamic banks must be optimized byofferingfinancing products to all people, especially to Muslim entrepreneurs in order that they use the products to develop their business. A Muslim businessman, Sunardi Pamella, the owner of Pamella supermarket Yogyakarta has become a customer of Islamic bank and employs its products to develop her businesses. The demand on financing products of Islamic banks is still low, so that Islamic banks need to promote their products to Muslim entrepreneurs. This paper focuses on financing products of Islamic banks and the motivation of Pamella Sunardi as a businessman to usethe products. This is alibrary research and the results show that the number of loan of Islamic banking has grown 6,074 percent or higher than that ofconventional bank. Further, the number of loan is 10.127 percent in BPRS, but in Islamic business unitsis -8.234 percent. Pamella Sunardi uses financing products offered by Islamic Bank because he wants to do business based on Islamic ethics. Besides, he hasa trauma with conventional banks’ products.

Keywords: Pamella Sunardi, Financing Products, Islamic Banking.

 

Abstrak

Perbankan syari’ah saat ini telah memiliki payung hukum yang kuat dengan hadirnya undang-undang nomor 21 tahun 2008 tentang perbankan syari’ah. Hal ini sangat berpengaruh terhadap eksistensi dari perbankan syari’ah yang semakin diminati oleh banyak kalangan. Saat ini pangsa pasar bank syariah telah mencapai 5 persen dari total perbankan secara nasional. Produk perbankan syariah terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu, dana pihak ketiga di Bank Syariah pada periode juni 2016 mencapai 12.185.860 triliyun rupiah dan dana pembiayaan 3.027.266 triliyun rupiah. Hal ini menunjukkan adanya ketimpangan khusunya pada produk pembiayaan di bank syariah harus lebih dioptimalkan. Bank syariah bisa menawarkan produk pembiayaan kepada semua kalangan khususnya kepada para pengusaha muslim untuk digunakan sebagi modal pengembangan usaha. Salah satu pengusaha muslim Pamella Sunardi pemilik supermarket Pamella Yogyakarta menjadi nasabah pembiayaan di bank syariah untuk mengembangkan usahanya. Adapun pertumbuhan pembiayaan di bank syariah masih sangat minim dibutuhkan upaya bagi bank syariah agar menawarkan kepada para pengusaha muslim.Batasan dalam tulisan ini difokuskan pada produk pembiayaan di bank syariah serta ketertarikan pengusaha Pamella Sunardi menggunakan produk pembiayaan di bank syariah. Tulisan ini menggunakan studi pustaka kajian dari berbagai sumber. Dalam tulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil dari tulisan ini menunjukkan bahwa jumlah rekening pembiayaan di bank syariah mengalami pertumbuhan 6,074 persen pada bank umum syariah, kemudian 10,127 persen pada BPRS, sedangakan pada unit usaha syariah turun -8,234 persen. Kemudian ketertarikan Pamella Sunardi menggunakan produk pembiayaan di Bank Syariah, pertama menerapkan etika bisnis islam pada usahanya, kedua karena pernah mengalami trauma menggunakan produk bank konvensional.

Kata Kunci: Pamella Sunardi, Produk Pembiayaan, dan Bank Syariah


Keywords


Pamella Sunardi; Financing Products; Islamic Banking

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim

Aisyah Siti, dkk. Hubungan antara Citra, Fasilitas dan Pelayanan terhadap tingkat Kepuasan Nasabah di Perbankan Syariah. Makalah disampaikan pada nasional sistem ekonomi islam IV, diselenggarakan oleh P3EI Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta, 8-9 oktober 2009.

Antonio, Muhammad Syafii. 2000. Bank Islam: Teori dan Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.

Algaoud Latifa M. dan Mervyn K. Lewis. 2001. Perbankan Syariah, Prinsip, Praktik, Prospek, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Alwi, Syafaruddin. 2013. Memahami Sistem Perbankan Syariah. Jakarta BukuRepublika.

Bank Indonesia., Pusat Pengajian Bisnis, dan Ekonomi Islam Fak. Ekonomi UNIBRAW. 2000. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap BankSyariah di Jawa Timur. Malang: Ekcekutive Summary Hasil Penelitian.

Bank Indonesia., 2000. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah di Jawa Barat. Bogor: Lembaga Penelitian IPB.

Engel, James F. dkk. 1994. Consumer Behavior, jilid 6, Jakarta:Binarupa Aksara.

Farizal. 2010. Pengembangan Kompetensi SDM Perbankan Syari’ah Melalui Corporate University, Forum Riset Perbankan Syariah II, Yogyakarta.

Kholis,Nur.2008. Modul Mata Kuliah Manajemen Perbankan Syariah. Yogyakarta; Prodi Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

Kolter, Philip. 2008.Manajemen Pemasaran, Benyamin Molan (ed.), Cet. III, (ttp.: PT Macanan Jaya Cemerlang.

L. Loudon, dkk. 1998. Consumer Behavior, jilid 3. New York : Mc Graw-Hill Book Company.

Mannan, Abdul. 1997. Teori dan Praktek Ekonomi Islam.Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf.

Maryati, Sri. 2014.Peran Bank Pembiayaan Syariah Dalam Pengembangan UMKM dan Agrisbisnis Pedesaan di Sumatra Barat. Jurnal Economica. Vol.3.No.1 Padang: Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Padang.

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: AMP YKPN.

Muhamad. 2014. Manajemen Keuangan Syariah Analisis Fiqih dan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Muflih, Muhammad. 2006. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nur, Binti Aisyah. 2014. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: Teras.

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. Statistik Perbankan Syari’ah.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII. 2008. Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Remy, Sutan Sjahdeini. 2014. Perbankan Syariah Produk-produk dan Aspek-aspek Hukumnya. Jakarta: Kencana. 2014.

Samsudin. 2004. Analisis faktor-faktor mempengaruhi keputusan Nasabah untuk menggunakan jasa Bank Syariah Mandiri (Studi kasus pada nasabah bank syariah mandiri cabang Thamrin). Tesis Megister. Jakarta:UI.

Setiadi, Nugroho J. 2005. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Schiffman, Leon G dan Kanul Leslie Lazar. 2008. Consumre Behaviour. Bambang Sarwiji (terj.), Perilaku Konsumen. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Tjiptono, Fandi .2002. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Widiyanto, Eko. 2013. Dengan Keluarga Sakinah Membangun Bisnis Barokah. Yogyakarta: Mitra Pustaka Nurani.

Yudi, Sutarso, dkk. Peranan Penggunaan Prinsip Syari’ah dan Budaya dalam Model Kualitas Jasaloyalitas pada Perbankan Syari’ah. Makalah disampaikan pada Forum Riset Perbankan Syaria’ah II 2010, diselenggarakan oleh IPIEF Fakultas Ekonomi UMY, Yogyakarta, 9 desember 2010.

http://www.bi.go.id/web/id/Perbankan/Perbankan+Syariah/ Pada tanggal 18 pebruari 2011

http://pamellagroup.blogspot.co.id/2009/12/sejarah.html pada tanggal 12 Oktober 2016

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/14/04/21/n4dbe9-ojk-indonesia-butuh-bank-syariah Pada Tanggal 10 Januari 2017.

http://infobanknews.com/keuangan-syariah-yang-belum-rasional/ pada tanggal 10 Januari 2017




DOI: https://doi.org/10.24260/almaslahah.v13i1.917

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 412 times

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 412 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Trimulato Trimulato

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

IAIN Pontianak Jalan Suprapto No. 19 Pontianak West Kalimantan Indonesia Poscode 78121

Copyright @ 2020 AL-MASLAHAH: JURNAL ILMU SYARIAH