ANALISIS PERILAKU KONSUMSI MAHASISWI FAKULTAS SYARI’AH DAN EKONOMI ISLAM (FSEI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONTIANAK DALAM MENGIKUTI TREND FASHION (SEBUAH TELAAH TEORI KONSUMSI ISLAM)

Rano Putra

Abstract


Abstract

The development of fashion trend always changes annually. Meanwhile, the customers never miss the change and as the result they shift their sopping pattern. This research was aimed at: 1) determining the consumption behavior of FSEI IAIN Pontianak students according to fashion trend changing, 2) analyzing the behavior of FSEI IAIN Pontianak students according to fashion changing and based on Islamic perspective of consumption theory. This was descriptive qualitative research. The data were collected through observation, interviews, and document analysis. The primary data source was 20 students while the secondary data source was documents related to customers’ behavior, profiles of FSEI, and so on. The results show that 1) the consumption behavior of FSEI students according to fashion trend changing vary: they do fashion shopping to get rewards, or because they have big amount of budget. Besides, they are motivated to do fashion shopping since the places are comfortable to visit: malls, modern fashion shops, boutiques and other cozy places. 2) The students of FSEI IAIN Pontianak are very consumptive according to their consumption behavior.

Keywords: Consumption behavior, Trend Fashion, Consumption in Islam.

 

Abstrak

Perkembangantrend fashion yang selalu berganti setiap tahun membuat para konsumen tak ingin ketinggalan untuk mengikutinya sehingga membuat pola belanja para konsumen menjadi berubah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perilaku konsumsi mahasiswi FSEI IAIN Pontianak dalam mengikutitrend fashion, 2) Menganalisisperilaku konsumsi mahasiswi FSEI IAIN Pontianak dalam mengikutitrend fashion menurut perspektif Teori Konsumsi Islam.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Pengumpulandata melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu mahasiswi FSEI berjumlah 20 orang dan sumber data sekunder berupadokumen-dokumen yang berkaitan dengan perilaku konsumsi, profil FSEI, dan sebagainya.Berdasarkan hasil penelitian,disimpulkan: 1)Perilaku mahasiswi FSEI dalam mengikuti trend fashion berbeda-beda, misalnya keinginan membeli yang disebabkan adanya iming-iming hadiah,anggaran yang disiapkan untuk berbelanja setiap bulannya, frekuensi berbelanja yang dilakukan satu sampai dengan tiga kalidalam sebulan, harga yang tergolong mahal, sesuai dengan trend, serta lokasi belanja yang tergolong mewah seperti mall, distro, butik dan lain sebagainya. 2) Perilaku konsumsi mahasiswi FSEI yang dapat tergolong dalam perilaku konsumtif.

Kata Kunci: Perilaku konsumsi, trend fashion, konsumsi Islam.


Keywords


Consumption behavior; Trend Fashion; Consumption in Islam

Full Text:

PDF

References


Ad-Dimasyqi, Isma’il ibn Katsir, Tafsir Ibnu Katsir Juz 3, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, t.th).

__________________________, Tafsir Ibnu Katsir Juz 8, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, t.th).

__________________________, Tafsir Ibnu Katsir Juz 15, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, t.th).

__________________________, Tafsir Ibnu Katsir Juz 19, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, t.th).

Edwin, Mustafa, dkk, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, (Jakarta: Kencana, 2007).

Fauzia, dkk, Prinsip Dasar Ekonomi Islam; Perspektif Maqashid al-Syari’ah, (Jakarta: Kencana, 2014).

Ferrinadewi,Erna,Merek dan Psikologi Konsumen, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008).

Hamidi, H. Muamal, Terjemahan Tafsir Ayat Ahkam Ash-Shobuni, Juz Ke-2, (Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1992).

Kahf,Monzer,Ekonomi Islam; Telaah Analitik Terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995)

Kotler, P. dan Amstrong,N, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I, (Jakarta: Erlangga, 1997).

Lina dan H. Rosyid, Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control Pada Remaja Putri. Jurnal Psikologika. Nomor 4. Tahun II, (Yogyakarta, 1997).

Muflih, Muhammad, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006).

Qardhawi,Yusuf,Norma dan Etika Ekonomi Islam, terj. Zainal Arifin, (Jakarta: Gema Insani Press, 1997).

Rahman, Afzalur,Doktrin Ekonomi Islam Jilid II, (Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1995).

Sarwono, S. W, Psikologi Remaja, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2012).

Yanggo, Huzaemah Tahido, Fikih Perempuan Kontemporer, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010).




DOI: https://doi.org/10.24260/almaslahah.v13i2.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rano Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Copyright @ 2017 AL-MASLAHAH:JURNAL ILMU SYARI`AH