MODIFIKASI IRC3 (INTRODUCE, REVIEW, COMPARE, CONCLUSION, CREATIVE) DI IAI Al-MAWADDAH WARRAHMAH KOLAKA
Abstract
[IAI Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka adalah salah satu PTKIS di wilayah kabupaten Kolaka, yang menunjukkan peningkatan jumlah mahasiswa di tiap tahunnya, sehingga sistem pembelajaran perlu diperhitungkan untuk menghasilkan alumni yang unggul dalam kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan hasil atas Model Pembelajaran Berbasis Riset Modifikasi IRC3 (Introduce, Review, Compare, Conclusion, Creative) di IAI Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka ditinjau dari respon mahasiswa. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan pada mahasiswa semester IV Jurusan PAI mata kuliah media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis riset modifikasi IRC3 di IAI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka dilakukan dengan 5 Langkah yaitu: (Introduce, Review, Compare, Conclusion, Creative) dan hasil akhir dari penerapan model pembelajaran ini adalah karya kreatifitas mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk jurnal hasil penelitian. Penerapan model pembelajaran berbasis riset modifikasi IRC3 mendapat tanggapan positif dari seluruh mahasiswa].
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis riset; Modifikasi IRC3; IAI Kolaka
Full Text:
PDFReferences
Echols, John M, Hassan Shadily. (1996). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kudrat, Masri Umar,dkk. (2011). Pengembangan pembelajaran berbasis riset di Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo (Laporan Penelitian). Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo
Tim Penyusun. (2010). Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Philip G. Altbach, Jamil Salmi. (2011). The Road to Academic Excellence. Jakarta: Salemba Humanika.
Saide, Duwana, Nur Thahirah Umajjah. (2018). “Perguruan Tinggi Islam Berbasis Riset Menyongsong Bonus Demografi Indonesia 2045”, Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, Vol. 12 No. 1, Tahun 2018, [Pp. 117-130].
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1327
Article Metrics
Abstract view : 1021 timesPDF - 703 times
Article Metrics
Abstract view : 1021 timesPDF - 703 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al-Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.