Metode Pendidikan Anak Perempuan Perspektif Islam dan Psikologis dalam Q.S. Ali Imran Ayat 35-37

Sri Wahyuni Alwi, M Husni Arsyad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode-metode pendidikan anak perempuan yang terkandung di dalam Al-Qur’an, khususnya pada kisah Maryam binti Imran dalam Q.S. Ali Imran ayat 35, 36, dan 37 beserta hubungannya dengan hadis-hadis Rasulullah dan kajian psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat literar (library research) dengan menggunakan pendekatan semiotika. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data-data kepustakaan seperti Al-Qur’an, hadis-hadis Rasulullah, buku, kitab tafsir, dan informasi-informasi terkait yang diperoleh dari internet. Analisis semiotik pada Q.S. Ali Imran ayat 35-37 dilakukan dengan menggunakan dua pembacaan, yaitu pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkann bahwa kisah Maryam binti Imran dalam Al-Qur’an ayat 35 mengandung metode pendidikan anak perempuan sejak masa pranatal atau masa dalam kandungan, di bawah pendidikan ayah dan ibunya; ayat 36 menggandung metode pendidikan anak perempuan saat masa postnatal atau masa kelahiran di bawah pendidikan seorang ibu; dan ayat 37 menggandung metode pendidikan anak perempuan dalam pengasuhan sejak bayi, anak-anak, hingga dewasa di bawah pendidikan seorang ayah.

Kata kunci: anak perempuan, maryam binti imran, metode, pendidikan, semiotika

ARTICLE HISTORY

Abstract View
Abstract view : 65 times
Article Downloads
PDF Downloads : 51 times

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1184
Abstract view : 65 times
Article Download
PDF Downloads : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.