PROFIL LEMBAGA RAUDHATUL ATFHFAL DI KOTA PONTIANAK

Muhamad Tisna Nugaraha

Abstract


Raudhatul Athfal (RA) merupakan lembaga pendidikan Islam formal pertama yang hendaknya dapat ditempuh oleh peserta didik sebelum mereka memasuki jenjang pendidikan di tingkat dasar. Lembaga pendidikan ini dirancang dan berorintasi pada upaya nyata mendidik dan membina anak usia dini dari sisi pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohaninya agar siap mengikuti tahapan pendidikan selanjutnya. Seiring berjalannya waktu jumlah jumlah raudhtul athfal yang ada di Indonesia semakin bertambah. Begitu pula halnya yang terjadi di Kota Pontianak sebagai ibu Kota Propinsi Kalimantan Barat. Bertambahnya raudhatul athfal-raudhtul athfal ini tentunya membawa angin segar terhadap kemajuan pendidikan Islam, namun kenyataanya keberadaan mereka justru sebelum penelitian ini dilaksanakan belum terdata secara baik dan lengkap. Padahal data dan informasi yang bersifat komprehensif tentunya akan melahirkan kebijakan yang lebih tepat sasaran.
Tulisan ini berangkat dari hasil penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian survei sebagai motor utamanya. Penelitian survei yaitu salah satu metode yang paling sering digunakan untuk memperoleh data dan jawaban terhadap berbagai pertanyaan di berbagai disiplin ilmu terlebih berkaitan identifikasi secara menyeluruh masalah kebendaan maupun manusia dalam suatu kelompok. Sedangkan pisau analisis penelitiannya dibangun berdasarkan teori administrasi, institusi/kelembagaan dan kepemimpinan sekolah.
Hasil berupa paparan data dan informasi berkaitan dengan aspek-aspek kajian yaitu; 1) Setting lembaga Raudahtul Athfal, meliputi; tahun pendirian, lokasi, status tempat operasional, pola penyebaran, status sekolah, dan Akreditasi lembaga. 2) Keadaan peserta didik, yang meliputi; kelas, jenis kelamin dan usia. 3) Keadaan sarana dan prasana, 4) Kurikulum pendidikan, meliputi; jenis kurikulum, struktur kurikulum, dan waktu operasional lembaga. 5) Kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) di lembaga RA, yang meliputi; keadaan personel, jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, status di lembaga RA, upaya pelatihan dan pengembangan SDM. 6) Kepemimpinan lembaga atau organisai, dan 7) Keuangan, yang meliputi; dana operasional sekolah, pengeluaran sekolah, uang iuaran sekolah, aspek kesejahteraan pendidik (gaji)

Keywords


Profil, Lemabaga dan Raudhatul Athfal

References


DAFTAR PUSTAKA

Referensi

Abdul Kadir, dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Abuddin Nata. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Badan Pusat Statistik. 2018. Kota Pontianak dalam Angka. Pontianak: BPS. Kota Pontianak.

Didi Pianda. 2018. Kinerja Guru: Kompetnesi Guru; Motivasi Kerja; Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV. Jejak.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Norma Standar Prosedur dan Kritteria (NSPK) Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Norma Standar Prosedur dan Kritteria (NSPK) Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Guru-Penulis Writing Camp 1 IGI. 2017. Guru Bukan Tersangka: Esai Pilihan Pendidikan Karakter. Ed. Ahmad Faizin Karimi. Gresik: Caremedia Communication.

Husein Umar. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

M. Dahalan Al-Barry dan Pius A Partatnto. 2001. Kamus Istilah Populer. Surabaya: Arloka.

Mamang Muhamad Haerudin. 2015. Berkah Islam Indonesia. Jakarta: PT. Elex Komputindo.

Moh. Roqib. 2009. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: Lkis.

Morisson. 2017. Metode Penelitian Survei.Cetakan ke-5. Jakarta: Kencana.

Muhamad Tisna Nugraha. 2016. Sejarah Pendidikan Islam: Paradigma Baru Memahami Keilmuan Islam Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mujamil Qomar. 2006. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Intitusi. Jakarta: Erlangga.

Mustafa Lutfi dan M. Iwan Satriawan. 2014. Meneropong Komisi Infoemasi Publik. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Qur’an Tajwid. Jakarta: Pustaka Magfirah

Rita Hanfie. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: C.V Andi Offset.

Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Topic Offirstson. 2014. Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Yogyakarta: Deepublish.

Zainuddin Mustapa dan Maryadi. 2018. Kepemimpinan Pelayan: Dimensi Baru dalam Kepemimpinan. Celebes Media Perkasa. Makasar: Celebes Media Perkasa.

Jurnal dan Tesis:

Juju Saepudin. 2017. Mutu Raudhatul Athfal di Kota Jambi dalam Perspektif Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penamas Volume 30. Nomor 2, Juli-September 2017.

Muhamad Tisna Nugraha. 2015. Perbudakan Modern (Modern Slavery): Analisis Sejarah dan Pendidikan. Jurnal At-Turats. Vol 9 Nomor 1 Juni. Pontianak: IAIN Pontianak.

Suminah. 2012. Profil Guru Raudhatul Athfal (RA) Di Kota Semarang (Studi Deskriptif di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Undang-Undang dan Peraturan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Internet:

http://ftik.iainptk.ac.id/jurusan-piaud/, diakses tanggal 23 Juli 2018.

https://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/bi-dan-inflasi/Contents/Penetapan.aspx dan https://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/data/Default.aspx , diakses tanggal 30 Agustus 2018.




DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i2.1221

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i2.1221.g740

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i2.1221.g741

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 41 times PDF (Bahasa Indonesia) - 28 times

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 41 times PDF (Bahasa Indonesia) - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.