Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Dasar Kajian Keislaman Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponitanak

suhardiman suhardiman

Abstract


Tulisan ini membahas bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran Dasar Kajian Keislaman yang merupakan mata kuliah yang menjadi mata kuliah yang membahas tentang beberapa materi terkait dengan sumber hukum (dalil), hukum, kaidah dan ijtihad yang bersumber dari al-Qur’an dan Sunnah, Ulumul Qur’an dan Hadis sebagai kelompok mata kuliah Instutusional berfungsi menyajikan pengetahuan tentang dasar-dasar Ulumul Qur’an (ilmu-ilmu al-Qur’an) dan ulum al-Hadis (ilmu-ilmu Hadis), Oleh sebab itu, Dasar Kajian Keislaman merupakan instrumen utama yang menjadi dasar dan fondasi yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam rangka memberikan pemahaman dalam bidang fiqh ushul fiqh, ilmu qur’an dan ilmu Hadits guna pembentukan dan pengembangan kajian keislaman pada mahasiswa. Adapun bentuk pemanfatan TIK yang dilakukan antaranya dengan memenfaatkan laptop sebagai media dan sumber belajar, LCD (Liquid Crystal Display) / Proyektor, Jaringan Internet, E-mail (electronic mail) dan Sosial Media, Slide Presentasi, Smart Phone dan E-learning. Sedangkan optimasilisi yang dilakukan dalam pemanfaatan TIK tersebut diantaranya dengan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana sebagai strategi pemanfaatan TIK secara optimal dengan menyediakan peralatan dan perlengkapan berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Serta dengan memberikan motivasi para dosen dan mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui kegiatan workshop maupun pelatihan-pelatihan, baik pelatihan yang dilaksanakan secara mandiri maupun pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak lainnya

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I dan Sanjaya, W, Multimedia Pendidikan, Bandung : Pusat Pelayanan dan Pengembangan Multimedia Pendidikan IKIP, 1995.

Chaidar Husain, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Juli 2014

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2008

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti, Jakarta : Dijend Pendis, Tahun 2018.

H. Muhammad Yusuf Rahim, Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar, Jurnal Sulesana Volume 6 Nomor 2 Tahun 2011.

Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. Cetakan ke-2. Malang: UMM Press, 2010

Jill Lepore, “The Disruption Machine,” The New Yorker 23 (2014)

M. Anwas, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21, Nomor 3, Desember 2015.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:Referensi, 2013

Renald Kasali, “Disruption,” Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Sa’ud, Udin Saefudin, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008

Sudirnan Siahaan, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas, 2010

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2009

Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2009




DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i2.1475

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i2.1475.g746

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 57 times

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.