THE IMPLEMENTATION OF STUDENT WRITING SKILLS OF INDONESIAN SUBJECT COURSE IN ISLAMIC EDUCATION STUDY PROGRAM

Farninda Aditya

Abstract


A B S T R A C T
This article describes the implementation of student writing skills of the Islamic religious education Program at Bahasa Indonesia language IN IAIN Pontianak. The study used case studies aimed at: 1) describing the methods of implementing students' habituation, 2) Elements of Islamic religious education in the students ' habituation writing. Data collection is done with interviews, observations, and documentation, while data analysis uses interactive data analysis Miles & Hubberman. The results of this study indicate that; 1) method of writing habituation for students is to write a personal experience story in the diary, write about the history of life in the type of autobiography, and convey the idea of Islamic education in the form of inspirational essay writing, 2) elements of Islamic education that is habituation activities writing found in Islamic theme elections, namely the experience the religious, the famous teacher, and the Islamic education. The study recommended that Indonesian lecturers in particular and other subjects in general, continue to motivate and familiarize students in writing because it has great benefits for itself in the future.
Keywords: Writing, Bahasa Indonesia, Islamic education

Tulisan ini mendeskripsikan penerapan keterampilan menulis mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam pada mata kuliah Bahasa Indonesia di IAIN Pontianak. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan metode pelaksanaan pembiasaan mahasiswa menulis, 2) unsur Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan mahasiswa menulis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis data interaktif Miles & Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) metode pembiasaan menulis untuk mahasiswa ialah dengan menulis kisah pengalaman pribadi di buku harian, menulis tentang riwayat hidup dalam jenis tulisan autobiografi, dan menyampaikan gagasan tentang Pendidikan Islam dalam bentuk tulisan esai inspiratif, 2) unsur Pendidikan Agama Islam pada kegiatan pembiasaan menulis terdapat pada pemilihan tema yangIslami, yakni pengalaman keberagamaan, menuliskan guru favorit, dan artikel tentang Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merekomendasikan agar dosen Bahasa Indonesia khususnya dan mata kuliah lain pada umumnya, terus memotivasi dan membiasakan mahasiswa menulis karena mempunyai manfaat yang besar bagi dirinya sendiri di masa depan.

Kata Kunci: Menulis, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam

References


A.S Laksana. 2006. Creative Writing. Depok: Media Kita

Bambang Trimansyah.2019. Modul Literasi Baca Tulis. Pusat Pengembangan Bahasa dan Perbukuan: Jakarta

Muhammad Rohmadi dan Aninditya. 2011. Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis:Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa

Yusriadi. 2015. Ajarkanlah Anakmu Menulis. Pontanak: STAIN Pontianak Press

Yusriadi. 2012. Mengembangkan Budaya Tulis: Catatan Lepas Seorang Dosen. Pontianak:STAIN Pontianak Press

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta

Peraturan:

Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI. No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi serta Penilaian hasil Belajar Mahasiswa.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Farninda Aditya. http://nindafarnindaaditya.blogspot.com/2012/01/wow-untuk-pay-jarot-sujarwo.html, akses November 2019

Humas. 2019. ftik.iainptk.ac.id/pendidikan-agama-islam/.akses November 2019




DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v14i1.1532

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.24260/at-turats.v14i1.1532.g870

Article Metrics

Abstract view : 639 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 227 times

Article Metrics

Abstract view : 639 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Gedung Syaifuddin Zuhri Lantai 2
Jl. Letjend. Soeprapto NO. 19 Pontianak
Kalimantan Barat - INDONESIA
Kode Pos: 78113
Telp. 0561-734170
website: ftik.iainptk.ac.id 
Email: atturatsjournal@gmail.com