Pembaharuan Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren (Tradisional Versus Modern)

Fachrurazi Fachrurazi

Abstract


Termiologi “pesantren” dan “santri” secara historical memiliki posisi mulia, kini tergerus dan tereduksi oleh stigma negatif, bahkan wujud sikap perilaku kekaguman kepada sang kyai dianggap sebagai symbol terpinggirnya nalar kritis, fenomena ini merupakan karakteristik dari sistem pembelajaran pondok pesantren dengan sistem pembelajaran ke-Timur-an. Terlepas dari itu semua, pada aspek atmosfr sistem pembelajaran keunggulan pesantren terletak pada transfer of values (transmisi nilai/akhlaq). Akhlaq ini yang dianggap memiliki nilai signifkansi kesuksesan dalam proses pembelajaran di pesantren. Namun analisa atas keunggulan pesantren senantiasa diiringi beberapa kelemahan; keterbatasan materi dan fasilitas, pelaku pembelajaran, proses pembelajaran dan outcome pembelajaran. Berbagai langkah dan upaya dilakukan untuk memperbaiki sistem pembelajaran di pondok pesantren satu diantaranya melalui sintesa pembelajaran tradisional dengan pembelajaran modern cina.

Keywords


sistem dan metode pembelajaran, pesantren tradisional, pesantren modern

Full Text:

PDF

References


Abî `Ubayd al- Qâsim bin Sallâm. 1973. Kitâb al- Amwâl. Al- Qahira: Dâru s- salâm.

Affandi Mochtar. 2001. Membedah Diskursus Pendidikan Islam. Jakarta: Kalimah.

Imam Bawani. 1993. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: al-ihsan.

Imron Arifn. 1993. Kepemimpinan Kyai. Malang: Kalimasahada.

Hasbullah. 1996. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Cet. 2. Jakarta: Radja Grafndo Persada.

Patricia Cranton. 1989. Planning Instruction for Adult Learners. Toronto: Wall & Emerson, Inc.

Yasmadi. 2002. Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholish Madjid terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press.

Zamakhsyari Dhofer. 1994. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Cet. ke-6. Jakarta: LP3ES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments




Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Copyright @ 2017 At-Turats: Islamic Educational Thought Journal