Corak Pemikiran Islam Borneo (Studi Pemikiran Tokoh Muslim Kalimantan Barat Tahun 1990-2017)

Syarif Syarif

Abstract


Judul penelitian ini adalah Corak Pemikiran Islam Borneo (Studi Pemikiran Ke-Islam-an Tokoh Muslim Kalimantan Barat Tahun 1990-2017). Peneitian ini bertujuan untuk memetakan corak pemikiran keislaman yang dianut dan diamalkan oleh kaum muslimin di Kalimantan Barat, Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatann kualitatif.  Penelitian dilakukan secara lapangan di tiga Kabupaten dan dua di Kotamadya di Kalimantan Barat dengan karakter wilayah yang berbasis Kerajaan Islam dan Pusat Pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data mengunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan refrensial. Analisis data kualitatif dengan ada tiga langkah, yaitu: reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini bertujuan: 1) secara umum dapat memetakan corak pemikiran Islam yang dominan dipahami, dianut, dan diamalkan di Kalimantann Barat. 2) secara khusus dapat menjadi acuan kebijakan akademik oleh IAIN Pontianak dalam rangka mewujudkan visi dan misinya sebagai wadah kajian Islam dan Budaya Borneo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa corak pemikiran Islam di Kalimantan barat adalah tasawwuf thariqah dan pembaharuan dengan sanad yang jelas berasal dari Arab, Jawa dan Madura peninggalan berupa teks (manuskrip) dan konteks (budaya dan bentuk bangunan tempat ibadah), gerakan mereka dapat ditemukan dalam bentuk majelis dan lembaga pendidikan madrasah dan pesantren.

Keywords


Pemikiran Islam; Studi Pemikiran Tokoh

Full Text:

PDF

References


Asmuni, H.M. Yusran., Pengantar Studi Pemikiran dan Pergerakan Pembaharuan dalam Dunia Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1995.

Ali, Yunasril, Perkembangan Pemikiran dalam Islam, Ed. 1, Cet. 1, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Azra, Azyumardi, Jeringan Ualama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, Bandung, Mizan, cet. IV, 1998.

Aziz, Ahmad Amir, Pembaharuan Teologi, Yogjakarta: Teras, 2009.

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning: Pesantren dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, Bandung: Mizan, 1999.

Nasution, Harun., Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: UI-Press, 2002.

Nasr, Seyyed Hossen., Islam Tradisi: Di Tengah Kancah Dunia Moderen, t.tp.: tp., tt.

Rahman, Fazlur, Islam dan Modernity: Transformation of an Intellectual Traditional, terj. Ahsin Muhammad, Bandung: Pustaka, 1985.

Soleh, A. Khudori., Pemikiran Islam Kontemporer, Yogyakarta: Penerbit Jendela, 2003.

Salim, Moh Haitami., dkk, Sejarah Kesultanan Sambas Kalimantan Barat, Jakarta: Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan RI, 2011.

Schimmel, Annemarie, Mystical Dimensions of Islam, USA: The University of North Carolina Press, 1975.

Rusli, Ris’an., Pembaharuan Pemikiran Modern dalam Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2013.




DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/at-turats.v12i1.939.g561

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.