LANGUAGE LEARNING STRATEGIES IN LEARNING SPEAKING

Dewi Ismu Purwaningsih

Abstract


Abstract

Strategi pembelajaran bahasa adalah alat untuk membantu mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris. Strategi ini adalah salah satu cara untuk membantu mahasiswa dalam mengatasi permasalahan berbicara dalam bahasa Inggris. Mahasiswa sebaiknya mengetahui jenis strategi pembelajaran bahasa dalam berbicara bahasa Inggris untuk membantu mereka belajar bahasa dengan cara yang lebih baik. Masalah dalam penelitian ini yaitu “Strategi pembelajaran bahasa apa sajakah yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAN semester 3 dalam belajar berbicara dalam bahasa Inggris?” dan “Bagaimana frekuensi penggunaan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAN semester 3 dalam belajar berbicara dalam bahasa Inggris?”
Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAN semester 3 dalam belajar berbicara dalam bahasa Inggris, mengetahui frekuensi penggunaan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAN semester 3 dalam belajar berbicara dalam bahasa Inggris, dan memberikan saran untuk meningkatkan penggunaan strategi pembelajaran bahasa kepada mahasiswa yang memiliki tingkat penggunaan strategi pembelajaran bahasa yang masih rendah.
Objek penelitian ini berjumlah 50 orang mahasiswa semester tiga program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untan Pontianak Tahun Akademik 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data yaitu melalui kuesioner untuk menentukan frekuensi penggunaan strategi pembelajaran bahasa.
Sesuai dengan tujuan penelitian, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa Inggris oleh mahasiswa berada pada tingkat medium dengan skor rata-rata 3,05. Data menunjukkan bahwa dalam menggunakan strategi pembelajaran bahasa terdapat 10 mahasiswa yang memiliki frekuensi tinggi (20%), 31 mahasiswa dengan tingkat penggunaan strategi sedang (62%), dan 9 mahasiswa yang memiliki tingkat penggunaan strategi yang rendah (18%). Dari enam strategi pembelajaran bahasa, ditemukan bahwa strategi kognitif merupakan strategi dengan tingkat penggunaan paling tinggi dengan skor rata-rata 3,71. Selanjutnya, strategi kompensasi menduduki peringkat yang kedua dengan skor rata-rata 3,29. Ranking ketiga yaitu strategi afektif dengan skor rata-rata 3,18. Ranking keempat dan kelima secara berurutan yaitu strategi metakognitif dengan skor rata-rata 3,01 dan strategi mengingat dengan skor rata-rata 2,52. Terakhir, strategi terakhir dengan skor terendah yaitu 2,47 adalah strategi sosial.

Kata kunci : strategi pembelajaran bahasa, strategi berbicara, pendidikan bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


BIBLIOGRAPHY

Anderson, N. J. (2005). Handbook of Research in Second Language Teaching and Learning. London : Lawrence Erlbaum Associates.

Arif and Aysel. (2008). The Effect of the Relationship between Learning and Teaching Strategies on Academic Achievement. Retrieved November 13, 2009 from http://www.novitasroyal.org/saricoban.pdf

Azumi, K. (2008). An Experimental Study of Language Learning Strategies : Particular Focus on the Patterns on Strategy Use by Japanesse University Learners off English. Retrieved November 13, 2009 from http://hdl.handle.net/10140/1907

Bedore, L. M. (2010). Ways to Words Learning a Second Language Vocabulary in M. a. Shatz, The Education of English Language Learners Research to Practice (hal. 87 - 107). New York: The Guilford Press.

Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching Fourth Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Carr-Davis, Eileen M, et al. (2002). Adjusting to Swallowing and Speaking Difficulties. Aventis Pharmateutical Inc.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research Planning, Conducting, and Evauating Quantitative and Qualitative Research Third Edition. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Dalton-Puffer, C. (2007). Discourse in Content and Language Integrated Learning (CLIL) Classrooms. Amsterdam: John Benjamin Publishing Company.

Dawson, C. (2002). Practical Research Methods – A Users-friendly Guide to Mastering Research Techniques and Projects. London : How to Books Ltd.

Dombeck, M. (2010). Techniques for Unlearning Old Behaviors: Self Monitoring. Retrieved March 20, 2011 from http://www.mentalhelp.net/poc/view_doc.php?type=doc&id=9734

Ellis, R. (1997). Second Language Acquisition. New York : Oxford University Press.

Griffiths, C. (2003). Language Learning Strategy Use and Proficiency : The relationship between Patterns of Reported Language Learning Strategy (LLS) Use by Speakers of Other Languages (SOL) and Proficiency with Implications for the Teaching/learning Situation. Auckland : University of Auckland. Retrieved November 13, 2009 from http://researchspace.auckland.ac.nz/bitstream/handle/2292/9/02whole.pdf?sequence=6

Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching. England: Pearson Education Limited.

Hawkins, B. (2001). Teaching English as a Second or Foreign Language Third Edition. United States of America : Heinle & Heinle.

Jordan, A. e. (2008). Approaches to Learning A Guide for Teachers. New York: Open University Press.

Karahan, F. (2007). Language Attitudes of Turkish Students towards the English Language and Its Use in Turkish Context. Journal of Arts and Sciences, 73 - 87.

Kohnert, K. a. (2010). The Process of Acquiring a First and Second Language. In M. a. Shatz, The Education of English Language Learners Research to Practice (hal. 48 - 66). New York: The Guilford Press.

Muijs, D. (2004). Doing Quantitative Research in Education with SPSS. London : SAGE Publications Ltd.

Naimie, Z and Akram N. (2007). Field Dependent Students Language Learning Strategies Preference. Retrieved November 13, 2009 from http://eprints.um.edu.my/888/1/FP053__ZahraN_Akram_N_Field_Dependent_Students_Language_Learning_Strategies_Preference.pdf

Nambiar, R. (2009). Learning Strategy Research - Where are We Now? The Reading Matrix, 132 - 149.

Nawawi, Hadari. (1991). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nieto, S. (2010). Language, Culture, and Teaching Critical Perpectives, Second Edition. New York: Routledge.

Nunan, D. (2004). Task-Based Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Oxford, R. L. (2003). Language Learning Styles and Strategies: an Overview. Retrieved November 13, 2009 from http://web.ntpu.edu.tw/-language/workshop/read2.pdf

Postlethwaite, T. N. (2005). Educational Research : Some Basic Concepts and Terminology. France : International Institute for Educational Planning.

Reyes, I. a.-T. (2010). Language Choice and Competence. In M. A. Shatz, The Education of English Language Learners Research to Practice (hal. 57 - 84). New York: The Guilford Press.

Rolfe, H. (2010). Learning to Take Risks, Learning to Succeed. Retrieved March 20, 2011 from www.nesta.org.uk

Saville, M and Troike. (2006). Introducing Second Language Acquisition. New York : Cambridge University Press.

Stambor, Z. (2006). How Laughing Leads to Learning. Retrieved March 20, 2010 from http://www.apa.org/monitor/jun06/learning.aspx June 2006, vol 37, No. 6.

Su, M. M. (2005). A Study of EFL Technological and Vocational College Students’ Language Learning Strategies and their Self-Perceived English Proficiency. Retrieved November 13, 2009 from http://e-flt.nus.edu.sg/v2n12005/su.pdf

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Thompson, C. (2009). Metacognitive Strategies on Teaching and Learning in Introductory Psychology Classes. Retrieved September 13, 2009 from http://www.erudit.org/revue/meta/2000/v45/n3/001873ar.pdf

Tseng, S. (2005). Language Learning Strategies in Foreign Language Education. WHAMPOA - An Interdisciplinary Journal 49, 321 - 328.




DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/at-turats.v12i1.968.g558

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.