MAQASHID AL-SYARI’AH: Kajian Mashlahah Pendidikan dalam Konteks UN Sustainable Development Goals

(1) ,

DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1068
Full Text:

Submitted : 2018-09-20
Published : 2018-08-30
Abstract
Makalah ini akan membahas konsep maqashid syariah sebagai pendekatan pendidikan Islam dalam mewujudkan tujuan global. Pendidikan sebagai instrumen pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mendorong untuk cakap dalam mengelola dan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) harusnya bisa memainkan peranan penting dalam upaya realisasi program Sustainable Development Goals (SDGs). Tujuan pendidikan yang berorientasi pada program SDGs bisa dikonsepsi dengan pendekatan maqashid syari’ah. Karena Ibn ‘Asyûr beranggapan kemaslahatan yang akan diraih dengan memelihara maqashid syari’ah merupakan tujuan utama syariah Islam. Dalam konteks kesalehan sosial, budi pekerti yang luhur menjadi tujuan akhir pendidikan Islam. Hal ini menjadi bagian misi Islam sebagai agama yang "rahmatan lil ‘alamin". Dengan menyebarkan mashlahah dalam semua sendi kehidupan. Dalam skala global, pendidikan Islam dituntut untuk dapat menjawab berbagai masalah kontemporer yang muncul dan menciptakan kemaslahatan untuk semua pihak. Hal itu bisa dilihat dari tujuan syari’at Islam. Secara substansial tujuan syariat yang kita sebut dengan ”Maqashid al-Syari’ah” mengandung kemashlahatan. SDGs juga memuat mashlahah yang hendak dicapai dunia. Meski kajian ini masuk dalam disiplin ilmu syari’ah, namun menurut al-Nahlawi, konsep mashlahah ini memiliki hubungan yang erat dengan pendidikan. Dalam hal ini, pendidikan Islam harus mampu mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang telah disepakati oleh 193 pemimpin dunia pada 25 September 2015 dan kemudian melalui UNDP (United Nations Development Programme).
Keywords
References
Asy’ari, Hasyim, Pendidikan Akhlak untuk Pengajar dan Pelajar, Terjemah Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim, Terj. Tim Dosen Ma’had Aly. Jombang: Pustaka Tebuireng, 2016.
Auda, Jasser, Membumikan Hukum Islam Melalui Maqashid Syariah: Pendekatan Sistem, 2015.
Ghazalī ,Muhammad Abu Hamīd, al-Musthasfâ min ‘Ilm al-Ushûl, Kairo: Dar al-Hadits, 2011.
Hakim, Muhammad Lutfi, “Pergeseran Paradigma Maqāsid Al-Syari’ah: Dari Klasik Sampai Kontemporer,” dalam Jurnal Al-Manahij, Vol. X, No. 1, 2016.
Hanawi, Abd al-Shamad, al-Maqashid al-Tarbawiyyah li al-Hiwar fi al-Qur’an al-Karim, t.kt: t.p. 2017.
Ibn ‘Asyûr, Ṭahir, Maqāsid al-Syarī’ah al-islamiyah, Amman: Dar al-Nafais, Bandung: Mizan, 2001.
Izz al-Din bin Zaghifah, al-Maqashid al-’Âmmah li al-Syari’at al-Islamiyah (Kairo: Dar al-Shafwah li al-Thaba’ah wa al-Nasyr wa al-Tawzi’, 1996.
Mawardi, Kholid, Moralitas Pemikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari, Yogyakarta: Insania, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 2008.
Muammar, M. Arfan, Studi Islam: Perspektif Insider/Outsider, Jogjakarta: IRCiSoD, 2013.
Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995.
_________, Ushûl al-Tarbiyah al-Islâmiyah, Beirut: Dar al-Fikr, 2003.
Ramadan, Tariq, Radical Reform: Islamic Ethics and Liberation, Oxford: Oxford University Press, 2008.
Ritzer, George, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta: PT Raja grafindo Persada, 2014.
Rosidin, “Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Islam Melalui Realisasi The Glogal Goals Berbasis Maqashid Syariah,” dalam Jurnal Ulul Albab, Vol. 17, No. 1, 2016.
________, “Problematika Pendidikan Islam Perspektif Maqasid Shari’ah”, dalam Jurnal Ma’arij; Jurnal Studi Keislaman, Vol. 03, No. 01, September 2016.
Shāwi, Muhammad, “Al-Maqashid al-Ulya li al-Tarbiyah,” dalam Jurnal Ma’rifah, Kementerian Pendidikan Saudi Arabiyah, edisi bulan Juli, 2009.
Syāthibi, Abu Ishaq, -Muwâfaqat, Kairo: Dar al-Fadhilah, 2010.
Zabidi, Ahmad Zayyaduz, ”Paradigma Utilitarianistik dalam Istimbat Hukum Islam”, dalam Jurnal al-Ihkam, Vol. 07, No. 2, Desember 2012. (10.19105/al-ihkam.v7i2.335)
Zayd, Mushthafa, al-Mashlahah fî Tasyri’ al-Islami, Beirut: Maktabah Wahdah, t.t.
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.