METODE “KLP” DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH ILMU-ILMU KEISLAMAN DI PTKIN/S

Elmansyah Elmansyah(1Mail),
(1) IAIN Pontianak, Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v2i1.1227

Full Text:    Language : en
Submitted : 2019-02-25
Published : 2019-02-25

Abstract


The Kuliah Langsung-Presentasi (Direct Learning-Presentation/KLP)
method is a learning method designed to address the problem of student inactive in
learning with a classroom seminar model. This method is believed to increase reading,
writing and thinking sklill to express students’ ideas of learning. This method was
developed based on the results of research conducted through Classroom Action
Research, from 2017-2018 in State Islamic/Private Islamic University (PTKI N/S) in
West Kalimantan. Data collection was done by Interview Technique, Learning Practice
Test and Questionnaire. The data analysis used Likert Scale model. The results obtained
of this study are that there are significant influences and significant differences on the
use of KLP’s on student learning outcomes in the course of Islamic Sciences in
PTKIN/S.

Keywords


Learning Method, KLP and Islamic Sciences.

References


Achiraeniwati, Eri, dkk., “Perancangan Ulang Kursi Kuliah yang Ergonomis di Universitas Islam Bandung Jl. Tamansari Nomor 1 Bandung”, dalam Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, Vol. 6 No. 1, Januari 2018, hlm. 162-170. (DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i1.3572)

Aldarmono, “Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar”, dalam Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, Vol. 3, No. 1, 2012. (DOI: http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/ view/39)

Asiyah, “Epistemologi Keilmuan Baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri: Transformasi dari STAIN/IAIN menjadi UIN”, dalam MADANIA: Jurnal Kajian Keislaman, Vol. 20. No. 2, Desember 2016.

Depdikbud, Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research), Jakarta: Dikti

Proyek, 1999.

Djamaluddin, “Reorientasi Pembelajaran Akhlak Tasawuf di Perguruan Tinggi”, Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 Nomor 1 Tahun 2008. (DOI:dx.doi.org/10.19105/ jpi.v3i1.227)

Elmansyah, Memerangi Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa, Harian Pontianak Post, 28

Januari 2014.

, “Studi Eksperimentasi Metode KLP dalam Pembelajaran Mata Kuliah Ilmu- ilmu Keislaman di IAIN Pontianak dan STAI Mempawah Tahun 2017”, Naskah Laporan Penelitian Kompetitif Individual, Pontianak: LP2M IAIN Pontianak,

Hanafiah, Muhibuddin, “Revitalisasi Metodologi Dalam Studi Islam: Suatu Pendekatan terhadap Studi Ilmu-ilmu Keislaman”, dalam Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. XI, No. 2, Februari 2011, hlm. 292-302.

Marginau, Henri dan Bergamini, David, The Scientist, New York: Time Corporated,

Mastuhu dan Ridwan, Deden, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan Antar

Disiplin Ilmu, Bandung: Nuansa, 1998.

Muhtadi, Ali, “Model Pembelajaran “Active Learning” dengan Metode Kelompok untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi,” Naskah Prosiding Seminar Internasional, PPs Universitas Pendidikan Bandung,

Nasution, Harun, dkk., Tradisi Baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan antar Disiplin

Ilmu, (Bandung: t.tp, 1998).

Nurhayanti, Ketut, “Penerapan Model Pembelajaran Isu Sosial-Keagamaan Berbasis Masalah Sebagai Strategi Mengajar Agama Hindu di Perguruan Tinggi”, dalam Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora [Journal of Social Sciences and Humanities], [S.l.], Vol. 7, No. 1, September 2017, hlm. 79-89. (DOI:http://ojs.pnb.ac.id/index.php/ SOSHUM/article/view/565)

Silberman, M. L. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif (terjemahan), Bandung: Nuansa, 2006.

Supriati, Endang, “Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”, dalam SUMETRIS: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, Vol. 2 No. 1 2013, hlm. 72-77. (DOI 10.24176/simet.v2i1.104)

Thayyar, Huzni, “Model-model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam: Survey Literatur Terhadap Pemikiran Islam Kontemporer,” dalam Naskah Makalah ACIS Diktis Kemenag RI, http://diktis.kemenag.go.id/acis/ancon06/makalah/Makalah%20Husni%20

Thoyyar.pdf, diakses pada 24 November 2018.

Widayati, Ani, “Penelitian Tindakan Kelas”, dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi

Indonesia, Vol. VI, Nomor 1, 2008, hlm. 87-93.


Article Metrics

 Abstract Views : 48 times
 PDF Downloaded : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.