Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik; Kajian Atas Pemikiran al-Ghazali dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam

Fadhlurrahman Fadhlurrahman(1Mail), Hardi Mahardika(2), Munaya Ulil Ilmi(3),
(1) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1580

Full Text:    Language : en
Submitted : 2020-04-02
Published : 2020-04-30

Abstract


Artikel ini mengkaji pemikiran al-Ghazali dalam menanamkan nilai religius kepada peserta didik. Metode ini bisa menjadi rol model untuk diimplementasikan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Peserta didik harus menjadi fokus utama dalam perubahan bangsa ke depan. Merekalah yang akan meneruskan perjuangan para pendahulu dalam memajukan Indonesia. Internalisasi nilai religius menjadi salah satu solusi dalam menyiapkan generasi milenial ke depan. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah library research yang difokuskan mencari metode apa saja yang bisa diterapkan untuk internalisasi nilai religius kepada peserta didik. Hasilnya ada beberapa metode yang bisa diimplementasikan kepada peserta didik guna internalisasi nilai religius; Pertama, langkah perencanaan penanaman nilai-nilai religius pada pesera didik. Kedua, pelaksanaan internalisasi nilai-nilai religius pada pesera didik. Ketiga, melalui kegiatan Intrakurikuler disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan. Keempat, melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kelima, menanamkan nilai kejujuran. Keenam, menanamkan nilai toleransi. Ketujuh, menanamkan nilai kedisiplinan. Kedelapan, menanamankan nilai peduli lingkungan. Kesembilan, menanamkan nilai peduli sosial. Kesepuluh, penanaman nilai tanggungjawab.

References


Abdullah, Azis, Siswanto Masruri, and Khoiruddin Bashori. “Islamic Education and Human Construction in The Quran.” International Journal of Education and Learning 1, no. 1 (June 1, 2019): 27–32. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.21.

Akhmad, Fandi. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah.” AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies) 8, no. 2 (October 7, 2020): 79. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1991.

Auliyaaurohmah, Auliyaaurohmah, and Khoirul Umam. “Peran Guru Madrasah Dalam Menanaman Nilai-Nilai Pendidikan Lingkungan Hidup Perspektif Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri 7 Keboan Jombang).” AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies) 8, no. 1 (April 10, 2020): 7. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i1.1130.

al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah. 1975. Al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, cet. ke-3. Mesir: Isa al-Babi al-Halabi.

Al-Ghazali, 1994. Ihya Ulumuddin, (Penerjemah: Moh. Zuhri, dkk). Semarang : CV. Asy Syifa.

Ali, Muhammad. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam. Vol 1, No1, Juni 2010.

Al-Qosimi, Jamaluddin, 1983. Bimbingan untuk Mencapai Tingkat Mukmin, Ringkasan dari Ihya ‘Ulumuddin. Terj. Moh. Abdai Rathomy. Bandung: C.V. Diponegoro.

Arifin, M., 1996, Ilmu Pendidikan Islam, cet. V,Jakarta: Bumi aksara.

Arifin, Zainal. Pendidikan Multikultural-Religius untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik yang Humanis-Religius dalam jurnal Jurnal Pendidikan Islam Volume I, Nomor 1, Juni 2012/1433.

Aviyah, Evi dan Muhammad Farid, Religiusitas, Kontrol Diri Dan Kenakalan Remaja dalam jurnal Persona, Jurnal Psikologi Indonesia Mei 2014, Vol. 3, No. 02.

Baker, Anton dan Zubair, Ahmad Charis, 1990, Metode Penelitian Filsafat, Yogyakarta: Kanisius.

Basiruddin Usman, 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, cet. I. Jakarta: Ciputat Pers.

Chaq, Moh. Chablul, Suharnan dan Amanda Pasca Rini, Religiusitas, Kontrol Diri dan Agresivitas Verbal Remaja dalam jurnal Fenomena : Jurnal Psikologi edisi Desember 2018 Volume 27, No. 2.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, ed. II, cet. IV. Jakarta: Balai Pustaka.

---, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djahiri, A. K. 1996. Menulusuri Dunia Afektif, Pendidikan nilai dan Moral. Bandung: Lab. Pengajaran PMP IKIP Bandung.

Fathiya, Kartika Nur. Problem, Dampak, dan Solusi Transformasi Nilai-Nilai Agama pada Anak Prasekolah. Dinamika Pendidikan No. 1/ Th. XIV / Mei 2007.

Fathurrohman, Muhammad. Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dalam jurnal TA’ALLUM, Vol. 04, No. 01, Juni 2016.

Hadi, Sutrisno, 1995, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.

Hakam, K. A. 2000. Pendidikan Nilai. Bandung: MKDU Press.

Hibana, Sodiq A. Kuntoro, Sutrisno, Pengembangan Pendidikan Humanis Religius Di Madrasah dalam Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 3, No 1, Juni 2015.

http://sulteng.bps.go.id/index.php/beritaartikel/artikel/44-gerbang-menuju-disiplin-kerjayangbaik.html , diakses 01 April 2020.

I Kadek Andika Budi Utama dan Ida Bagus Ketut Surya, Pengaruh Religiusitas, Adversity Quotient dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Stres Kerja dalam E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 5, 2019.

Irwanto, Penanaman Nilai-Nilai Relidius dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa; Studi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut, Jawa Barat, Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018.

Johnson, D. P. 1989. Teori Sosiologi Klasik dan Modern, (Di Indonesia oleh Lawang R.M.Z.) Jilid.2. Jakarta: PT Gramedia.

Kalidjernih, F. K. 2010. Kamus Study Kewarganegaraan, Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara.

Kurnanto, Muhammad Edi. Pendidikan Dalam Pemikiran Al-Ghazali dalam Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies Volume 1 Nomor 2 September 2011.

Kurnanto, Muhammad Edi. Pendidikan Dalam Pemikiran Al-Ghazali dalam Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies Volume 1 Nomor 2 September 2011.

Lisa’diyah Ma’rifataini, “Model penanaman nilai-nilai karakter siswa Smaberbasis pendidikan agama Model of penetration of character value for High school students based on religius Education” dalam jurnal edukasi: jurnal penelitian pendidikan agama dan keagamaan, volume 13, nomor 1, April 2015.

Marzuki. Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi di Perguruan Tinggi Umum dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia. Cakrawala Pendidikan no1 tahun XVI Februari 1997).

Mead, G, Mind, 1943. Self, and Society. Chichago: University of Chichago Press.

Menanti dan Pelly, 1994. Teori-Teori Sosial Budaya. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Moh. Miftahul Arifin, strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik studi multi kasus di the naff elementary school kediri dan mi manba’ul afkar sendang banyakan Kediri dalam jurnal Dinamika Penelitian, Vol. 16, No. 1, Juli 2016.

Mulyana, R, 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

---, E., 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawwir, A. W., 1997, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Proressif.

Nasution, Harun. 1978. Falsafah dan Mistisime dalam Islam, cet. ke-2. Jakarta: Bulan Bintang.

Nurhalim, Khomsun. Pola Penanaman Nilai-Nilai Moral Religius di Tkit Arofah 3 Bade Klego Boyolali, dalam jurnal Journal of Nonformal Education JNE 3 (1) (2017).

Putra,Ary Antony Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali, dalam jurnal Jurnal Al-Thariqah Vol. 1, No. 1, Juni 2016.

R. Stark C.Y. Glock, Dimensi-Dimensi Keberagaman, dalam Roland Robertson, Agama: Dalam Analisis dan Interpretasi Sosiologi, A. Fedyani Saifuin. Jakarta: CV Rajawali.

Rais, M. 2012. Internalisasi Nilai Integrasi Untuk Menciptakan Keharmonisan Hubungan Antar Etnik. Disertasi pada program pasca sarjana PPU UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Rifa‘i, Muh. Khoirul. Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural Dalam Membentuk Insan Kamil dalam jurnal Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 4 Nomor 1Mei 2016 ISSN(p) 2089-1946& ISSN(e) 2527-4511.

Rohayati,Enok. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak dalam jurnal TA’DIB, Vol. XVI, No. 01, Edisi Juni 2011.

Santrock, John W. 2003. Adolesence: Perkembangan Remaja. Ed. VI, Jakarta: Erlangga.

Scott, J. 1971. Internalization of Norms: A Sociological Theory of Moral Commitment. Englewood Cliff. N.J. : Paentice-Hall.

Sofyan, Erviana, and Rofiatul Hosna. “Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Setiap Pergantian Jam Pelajaran Terhadap Kesiapan Mental Mahasiswa Genta Pare Kediri.” AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies) 7, no. 1 (April 12, 2019): 10. https://doi.org/10.26555/almisbah.v7i1.1090.

Sumantri, E., 2009. Pendidikan Umum. Bandung: Prodi PU SPS UPI.

Suradi, A. Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi Pada Pendidikan Multikultural di Sekolah, dalam jurnal Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 6 No. 1 (2018).

Surahmad, Winarno, 2004, Dasar dan Teknik Research. Bandung: Tarsito.

Sutarmin, Seniati, Darmiyati Zuchdi dan Siti Partini Suardiman Penanaman Nilai-Nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan Di Tk Islam Terpadu dalam jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 2, Nomor 2, 2014.

Syarbini, Amirullah. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah dan Rumah. Jakarta: Prima Pustaka.

Tafsir, Ahmad. 2004. Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam, cet. IV. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Thontowi, A. 2005. Hakekat Religiusitas. Palembang: Widyaiswara Madya Balai Diklat Keagamaan Palembang.


Article Metrics

 Abstract Views : 78 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.