TURTLENECK HITAM DAN FEMALE-MASCULINITY: Analisis Presentasi Diri Elizabeth Holmes dalam Skandal “Theranos” di Amerika Serikat tahun 2019
Abstract
[Terobosan dalam teknologi tinggi yang dilakukan oleh anak-anak muda agaknya menjadi motor Elizabeth Holmes untuk mendirikan perusahaan bioteknologi “Theranos” di usia 19 tahun dan memutuskan untuk keluar dari Standford University. Dengan kemampuan presentasi diri dan keberaniannya mengambil risiko, Holmes menjadi sosok yang digadang-gadang menjadi “The Next Steve Jobs”.Hampir semua ciri khas Jobs ditiru oleh Holmes, dengan dalih dirinya mengidolakan tokoh pendiri Apple tersebut.Holmes mengklaim bahwa dirinya bisa membuat sebuah produk yang mampu mendeteksi beragam penyakit hanya dari setetes darah, berbeda dengan metode saat ini yang menggunakan bervial-vial darah dan waktu lama untuk mendeteksi penyakit.Sayangnya, semua berubah setelah produk unggulannya, Edison, dinyatakan gagal oleh FDA.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Holmes melakukan presentasi diri di tengah industri teknologi dan bioteknologi yang sangat maskulin.Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif interpretif dengan menggunakan pendekatan dramaturgi Geoffman dan Leary-Kowalski, menganalisis presentasi diri dari Holmes yang fenomenal, di antaranya penggunaan turtleneck hitam di setiap waktu, bersuara berat, dan berperilaku maskulin, juga caranya menatap orang lain dalam-dalam, hingga disebutkan bahwa Holmes jarang mengedipkan mata. Konten yang dianalisis adalah melalui tayangan film dokumenter produksi HBO, yang berjudul “The Inventor: Out of Blood of Silicon Valley” juga konten video dari Youtube dan dokumentasi lainnya. Kesimpulan yang bisa diambil dalam analisis ini adalah bahwa Holmes memang jeli mengatur strategi presentasi dirinya sebagai pemimpin yang female-masculine, untuk memperkuat posisinya di Silicon Valley sebagai penggagas Theranos, hingga berhasil mendapat sokongan dana hingga milyaran dollar dari banyak investor papan atas hingga apresiasi dari Presiden Amerika Serikat].
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abelson, R. (2018). “Theranos founder Elizabeth Holmes indicted on fraud charges”. Diperoleh dari https://www.nytimes.com/2018/06/15/health/theranos-elizabeth-holmes-fraud.html pada tanggal 23 Maret 2019.
Bachorowski, J. (1999). Vocal expression and perception of emotion. Journal of American Physchological Society, 8(2), 53-57. DOI: 10.1111/1467-8721.00013
Bloem, C. (2018). “Why successful people wear the same thing every day”. Diperoleh dari https://www.inc.com/craig-bloem/this-1-unusual-habit-helped-make-mark-zuckerberg-steve-jobs-dr-dre-successful.html pada tanggal 24 Maret 2019.
Carreyrou, J. (2018). “Blood-testing firm Theranos to dissolve”. Diperoleh dari https://www.wsj.com/articles/blood-testing-firm-theranos-to-dissolve-1536115130 pada tanggal 23 Maret 2019.
Dasgupta, P. B. (2017). Detection and analysis of human emotions through voice and speech pattern processing. International Journal of Computer Trends and Technology, 52(1), 1-3. ISSN: 2231-2803.
Foussianes, C. (2019). “Elizabeth Holmes faces criminal charges, but she insists she's not guilty”. Diperoleh dari https://www.townandcountrymag.com/society/money-and- power/a26857277/elizabeth-holmes-today/ pada tanggal 23 Maret 2019.
Gibney, A., Deeter, J., Edeiken, E. (Produser), & Gibney, A. (Sutradara). (2019). The inventor: Out of blood in Silicon Valley [Film]. Amerika Serikat: HBO Documentary Films & Jigsaw Production.
Geoffman, E. (1959). The presentation of self in everyday life. Inggris: University of Edinburgh.
Heaney, K. (2019). “What kind of person fakes their voice?”. Diperoleh dari https://www.thecut.com/2019/03/why-did-elizabeth-holmes-use-a-fake-deep-voice.html pada tanggal 22 Maret 2019.
Jones, E. E., & Pittman, T. S. (1982). Toward a general theory of strategic self-presentation. In J. Suls (Ed.), Psychological perspectives on the self. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
Leary, M. R., Kowalski, R. M. (1990). Impression management: A literature review and two-component model. Psychological Bulletin, 107(1), 34-47. DOI: 10.1037/0033-2909.107.1.34.
Milestone, K., Meyer, A. (2012). Gender and popular culture. Inggris: Cambridge. Polity Press. Mazeikiene, A., Peleckiene, V., Peleckis, K. (2010). The main factors determining the choice of self-presentation strategies in negotiations and business meetings. Journal of Business: Theory and Practice, 11(4), 353-361. DOI: 10.3846/btp.2010.38.
Pisanski, K., Oleszkiewicz, A., Plachetka, J., Gmiterek, M., & Reby, D. (2018). Voice pitch modulation in human mate. Proc. R. Soc. B 285: 20181634. DOI: 10.1098/rspb.2018.1634
Ryan, L. (2019). “The most bizarre moments from the Elizabeth Holmes documentary”. Diperoleh dari https://www.thecut.com/2019/03/the-most-bizarre-moments-from-the-theranos-documentary.html pada tanggal 22 Maret 2019.
Ryan, L. (2019). “What does it mean that Elizabeth Holmes doesn’t
blink?”. Diperoleh dari https://www.thecut.com/2019/03/why-doesnt-elizabeth-holmes-blink-theranos.html pada tanggal 22 Maret 2019.
Valdez, P., Mehrabian, A. (1994). Effects of color on emotions. Journal of Experimental Psychology: General, 123(4), 394-409. DOI: 10.1037/0096-3445.123.
DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v6i1.1326
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 54 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.