Peran Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Internalisasi Pendidikan Karakter Bangsa

Edi Kurnanto

Abstract


The character development should involve all parties in education world; the decision maker, the education expert, dan specifically the education doer such as school counsellor or teacher of Bimbingan dan Konseling. The counsellor involvement on character building is a must, since basically the character  development is predominantly the counsellor’s expertise. 


Full Text:

PDF

References


Aswandi. 2010. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 2 No.2 Juli 2010. Bandung: Asosiasi Sarjana dan Dosen Pendidikan Umum dan Nilai Indonesia.

Amin, M. M. 2012. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Bodouse Media.

Azzet, A.M. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bashori, K. 2010. Menata Ulang Pendidikan Karakter Bangsa. [online]. Tersedia: http://www.mediaindonesia.com [20 Maret 2010].

Budimansyah, D. dan Komalasari, K (editor). 2011. Pendidikan Karakter, nilai inti bagi upaya pembinaan kepribadian bangsa. Bandung: Widya Aksara Press dan Laboratorium PKn UPI.

Eliasa, E. I. 2013.Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa (Kajian Psikologis Berdasarkan Teori Sistem Ekologis).http://staff.uny.ac.id/. pada tanggal 14 Desember 2013

Erwansyah, M. (tt) Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas oleh Guru Bimbingan dan Konseling. [online]. Tersedia:http://www.jogjapress.com/ index.php/EMPATHY/article/download/1547/885

Gede Raka. Dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah, dari gagasan ke tindakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hartono, 2011.Implementasi Pendidikan Karakter pada Layanan Bimbingan dan Konseling.Jurnal Wahana, Volume 57, No.2, Hal 80 (2011).

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur.

Koesoema, D. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Modren. Jakarta: Grasindo.

Kesuma, D. Tiatna, C dan Permana, J. 2011. Pendidikan Karakter, kajian teoritik dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurnanto, M. E. 2007. Bimbingan dan Konseling, sebuah pengantar untuk calon konselor dan guru pembimbing di sekolah. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Leah, D. 2009. 52 Character Building Thoughts for Children. [online]. Tersedia: http://www.kellybear.com/TeacherArticles/TeacherTip52.html [20 Maret 2010].

Lickona, T. 1991. Educating for Character. How Our School can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Mughiarso, H. dkk.2012. Bimbingan dan Konseling. Semarang: Unnes Press

Mu’in, F. 2011. Pendidikan Karakter, konstruk teoritk dan praktik (urgensi pendidikan progresif dan revitalisasi peran guru dan orang tua). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Munir, A. 2010. Pendidikan Karakter,membangun karakter anak sejak dari rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Raka, G. dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ryan, K & Bohlin, K.E. 1999. Building Character in Schools. Practical Ways to Bring Moral Instruction to ife. San Francisco: Jossey-Bass.

Sunarto, dkk.2012. Pendidikan dan Kewarganegaraan. Semarang: Unnes Press.

Tim Pendidikan Karakter Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Tidak diterbitkan.

Triatmanto, 2010. Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter di sekolah.Cakrawala Pendidikan. Mei 2010. Th. XXIX. Jogyakarta: UNY

Williams, R. T. dan Megawangi, R. 2010. Kecerdasan Plus Karakter. [online]. Tersedia: http://ihf-org.tripod.com. [7 Desember 2010].

Zuchdi, D. 2009. Pendidikan Karakter, Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v2i2.539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Raheema



Site Stats Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.