Pendidikan Seks Anak dalam Mengantisipasi Perilaku LBGT

Rianawati Rianawati

Abstract


Nowadays, the education world challenges a great issue regarding Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender (LGBT). Thus, parental and formal educations have significant effect to anticipate these problems through early sex education. Furthermore, sex education is an effort performed by parents and teachers to create positive behaviors towards children about sex and gender whether generally or based on Islam point of view. As a result, the goal of sex education is children could avoid – socially and morally – the negative behavior of sexual disorders in the future.

Full Text:

PDF

References


Abd. Azis Ramadhani. 2012. Homoseksual Dalam Perspektif Hukum Pidana Dan Hukum Islam. Suatu Studi Komparatif Normatif. Fakultas Hukum Universitas Hasanudin Makasar. (Skripsi)

Dwi Ario, dkk., 2014. Strategi Optimalisasi Peran Pendidikan Seks Usia Dini di PAUD Dalam Menanggulangi Pelecehan Seks Terhadap Anak di Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan Tahun 2014

Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Endang Lestari, dkk., 2014. Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Sedini Mungkin Di TK Mardisiswi Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Nugroho. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 02. Numbe 02, Nopember 2014. ISSN 2354-5968 Hal. 124-131

Gesti Lestari, 2012. Fenomena Seksual di Kota Yogyakarta, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi)

Imam Nakhe’i, 2012. LBGT Perspektif Islam. Jurnal Lisan Al-Hal. Volume 4, No. 2, Desember.

Laksmi W. Arsandy. Reprensentasi Identitas Gay Dalam Film “Cinta Yang Dirahasiakan. Jurnal Commonline Departemen Komunikasi VOL. 4/No.1

Khilman Rofi Azmi. 2015. Enam Kontinum Dalam Konseling Transgender Sebagai Alternatif Solusi Untuk Konseli LBGT. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Koseling. Volume 1 Nomor 1 Juni 2015 Hal. 50-57. ISSN.2443 -2202.

Muhammad Mahmud Nasution, Fenomena LBGT Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal al-Maqasid Volume 2 Nomor 1 2016.

Peter Salim dan Yenny Salim, 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: modern English Pers

Siti Shoimatul Qomariyah, 2016. Nilai Pendidikan dari QS. Ar-Rum ayat 21 Tentang Pendidikan Jenis Kelamin (Sex Education) Pada Remaja. SPESIA Prosiding Pendidikan Agama Islam UNISBA.

Safrudin Azis, 2104 Pendidikan Seks Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2 Nopember 2014

Sara Rughhea, dkk., 2014. Studi Kualitatif Kepuasan Hidup Pria Transgender (Waria) di Banda Aceh. Jurnal Psikologi Undip Vol.13 No. 1 April 2014, hal. 11-20 .

Suhaimi Razak. 2016. LBGT Dalam Perspektif Agama. Jurnal Al-Ibroh Volume 1 Nomor 1 Juni 2016. h. 53-53

Tri Endang Jatmikowati, dkk., 2015. Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Volume XXXIV. No. 3.

USAID, 2013. Hidup Sebagai LBGT di Asia: Laporan Nasional Indonesia. Tinjauan dan Analisa Partisipasif tentang Lingkungan Hukum dan Sosial bagi Orang dan Masyarakat Madani Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LBGT). Bali.

Vanny Nurul Azizah, dkk.. 2014 Gambaran Penerimaan Diri Pada Remaja Biseksual. British Journal Of Psychiatry.

Wiener, J.M. & Breslin, N.A. 1995. The Behavioral Science in Psychiartry. USA: Library of Conggress Cataloging –in-Publication

EkoPurnomo,http://news.fajarnews.com/read/2016/02/17/9187/lgbt.ancaman.kehidupan.beragama. Diposkan 17 Pebruari 2016

Laily Andini, 2013. http://www.kompasiana.com/penapsikologi/maraknya-fenomena-lesbian-dan-gay-di-indonesia_552fd44f6ea83400468b456c


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Raheema by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/raheema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.