The 3M Program (Mosque, Meal, and Gathering): An Innovative Approach by Al-Furqon Mosque Management to Enhance Mosque-based Da'wah Activities
Abstract
This study explores how mosques can serve not only as places of worship but also as vibrant centers for social engagement, education, and community-based da'wah. Focusing on the Al-Furqon Mosque in Trenggalek, East Java, the research examines an innovative approach called the 3M Program (Masjid Makan-Makan or Mosque and Meals), which integrates shared meals into religious and community activities. Using a qualitative case study method, the study collects data through interviews, observation, and documentation. The analysis follows the steps of data reduction, presentation, and conclusion drawing. Findings reveal that the 3M Program successfully revitalizes mosque activities by fostering emotional connections between congregants and the mosque through cultural practices like communal eating. This approach aligns with the concept of “logistical da'wah,” which emphasizes addressing the real needs of the community—such as food—as an entry point for deeper spiritual engagement. Despite facing challenges in funding, volunteer consistency, and media management, the program proves effective in increasing participation and turning the mosque into a dynamic and inclusive space for all.
Penelitian ini berangkat dari kesadaran bahwa masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga memiliki peranan penting sebagai pusat kegiatan sosial, pendidikan, dan dakwah dalam kehidupan umat Islam. Latar belakang ini mendorong pertanyaan utama: Bagaimana strategi dakwah yang diterapkan oleh takmir Masjid Al-Furqon dalam menghidupkan kegiatan keagamaan melalui program 3M (Masjid Makan-Makan)? Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif yang fokus pada analisis strategi dakwah berbasis kebutuhan jamaah (dakwah logistik) di lingkungan masjid. dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan secara sistematis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggambarkan secara rinci pelaksanaan program 3M, strategi komunikasi dakwah yang digunakan, serta tantangan-tantangan yang dihadapi takmir dalam pelaksanaan program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program 3M efektif dalam menarik minat masyarakat untuk datang ke masjid, mempererat hubungan antarjamaah, dan menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas keagamaan yang lebih hidup. Strategi dakwah juga didukung oleh pemanfaatan media sosial dan partisipasi jamaah melalui infak. Meski menghadapi tantangan seperti ketidakstabilan dana, keterbatasan tim media dan relawan, serta fluktuasi semangat pengurus, program ini tetap memberikan dampak positif dan menjadi bentuk nyata dari dakwah logistik yang memperhatikan kebutuhan jamaah secara langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Jumhan, dkk, Menghidupkan Shalat Berjamaah Di Masjid Nurul Jannah Serikembang Iii Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir, Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2019): 99.
Akhyaruddin, dkk, “Peran Pengurus Dalam Memakmurkan Masjid Nurul Huda Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara”, Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi 1, no. 2 (Mei 2019): 91.
An’im Falahuddin Ma’ruf, Luthfi Ulfa Ni’amah. “Strategi Komunikasi Dakwah Gus Badar Pada Komunitas Jaljalut.” Journal of Da’wah 2, no. 1 (2023): 1–23. https://doi.org/10.32939/jd.v2i1.2653.
Asyaari, Asyaari, Waqiatus Zahroh, and Nasiruddin Nasiruddin. “Pentingnya Media Dakwah Terhadap Kelancaran Dakwah Di Masjid Sumber Laga, Waru, Pamekasan.” Etika: Journal of Islamic Communication and Broadcasting Science 1, no. 1 (2022): 13–20. https://jurnalsains.id/index.php/etika/article/view/18/19.
Dr. H Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si. Metode Penelitian Kualitatif, 2021.
Dr. sandu Siyoto, SKM., M.Kes & M. Ali Sodik, M.A. Dasar Metodologi Penelitian, 2015.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf.
Hardian, Novri. “DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS.” Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi |, 2018. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alhikmah/article/download/92/77.
Latifah. “Strategi Dakwah Takmir Masjid Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di Masjid Siti Aisyah Surakarta.” Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Mahmuddin. “Strategi Dakwah Terhadap Masyarakat Agraris.” Jurnal Dakwah Tabligh 14, no. 1 (2013): 101–13.
Maimun Yusuf. “Dakwah Dalam Perspektif Klasik Dan Kontemporer.” Jurnal At-Taujih 5, no. 2 (2022): 56–67.
Malik, Alfy Rizki Maulana. “Kajian Tentang Perilaku Menyimpang Di Kalangan Siswa SMA.” Repository.Upi.Edu, 2014, 51–71.
Mubarok, Yasir. “Strategi Takmir Masjid Al-Faqih Dalam Memakmurkan Masjid.” Jurnal Manajemen Dakwah 10, no. 1 (2022): 137–51. https://doi.org/10.15408/jmd.v10i1.27405.
Muhammad Khoirul Anam, Mutrofin. “Pemnafaatn Media Yotube Sebagai Sarana Dakwah Untuk Mewujudkan Masyarakat Melek Digital.” At Tabsyir Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Kudus 10 (2023). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari.
Mustopa. “Adab Dan Kompetensi Da’i Dalam Berdakwah.” Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 8, no. 1 (2017): 100–110.
Norhidayat. “Mengenal Mad’u Dalam Perpsektif Al-Quran Dan Hadis.” Ittihad Jurnal Kopertais WIlayah XI Kalimantan 12, no. 22 (2014): 116–32.
Nurhaswinda, Syalsa Riski Maulina, Azzahra, Fitri Jannah, Nurwidiatul Jannah, Nurul Aini Fadila, Zalfi Juni Harza, Naufal Hariza Putra. “Penyajian Data.” LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren 3, no. 1 (2025): 30–48.
Nurwahidah Alimuddin. “Konsep Dakwah Dalam Islam.” Jurnal Hunafa, 2024, 78.
Rika Handayani, and Darul Ilmi. “Pesan Dakwah Dalam Web Series.” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi 3, no. 3 (2023): 120–42. https://doi.org/10.55606/juitik.v3i3.628.
Sandi Budiana, Aam Nurjaman, Nur Sa’adah. “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Tiga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Teks Laporan Hasil Observasi Kelas Vii Smp Di Kota Bogor.” Jurnal Pendidikan: Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran 03, no. April (2021): 1–7. https://journal.unpak.ac.id/triangulas.
Sugiono. “Triangulasi Dalam Pengujian Kredibilitas Ini Diartikan Sebagai Pengecekan Data Dari Berbagai Sumber Dengan Berbagai Cara, Dan Berbagai Waktu Yang Dilakukan Di SMK PGRI 1 Salatiga,” 2019, 23–32.
Wahyuningsih, Sri. “Metode Penelitian Studi Kasus.” UTM PRESS Bangkalan - Madura, 2013, 119.
Wiyanda Vera Nurfajriani, Muhammad Wahyu Ilhami. “Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif Wiyanda” 10, no. September (2024): 1–23.
Zakariah, M A, V Afriani, and K H M Zakariah. “METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF,” 2020, 157–65. https://books.google.co.id/books?id=k8j4DwAAQBAJ.
Zulfirman, Rony. “Implemetasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Man 1 Medan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran 3, no. 2 (2022): 147–53. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758.
DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v19i1.3641
DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/jhjd.v19i1.3641.g1507
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.