Bulliying di Media Sosial: Potret Memudarnya Empati
Abstract
Empati merupakan perilaku dasar yang ada pada manusia. Empati ini perlu dilatih agar menjadi bagian kerpibadian manusia yang positif. Hal ini karena empati itu menjadikan orang lain saling memahami, toleransi dan merasakan apa yang sedang orang lain alami.
Memudarnya empati banyak dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah mudahnya teknologi yang dapat di akses dalam kehidupan masyarakat melalui media masa yang memberikan dampak negatif. Informasi tentang video, broadcash, pesan melalui FB, WA, Twetter, Instagram dan lain-lain yang mudah sekali diberikan kepada orang dimanapun berada. Apabila informasi yang diberikan banyak menampilkan video porno, kekerasan, saling memaki, menghina, agresifitas dan lain-lain.
Semua itu akan memberikan dampak yang terus menerus di simpan di ingatan dan menjadikan sikap dan tindakan manusia, yang disebut dengan perilaku bulliying. Bulliying yaitu menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikis yang banyak dilihat di media masa. Orang tidak merasa bersalah, tidak memikirkan dampak dari pesan melalui media yang dikirimkan akan berpengaruh pada interaksi dan hubungan sosial yang ada.
Full Text:
PDFReferences
Barnett. M.A. Matthews & Howard, J.A. (1979). Relationship Between Competitiveness and Empathy in 6 and 7 years old, Journal of Developmental Psychology vol.15 no.2 221-222
Blatner, A (2002), Using Role Playing in Teaching Empathy, http//www.blatner.com/adam/pdntbk
Britton, P.C,. Fuendling, J.M. (2005). The Relations Among Varieties of Adult Attachment and The Components of Empathy. The JournaL OF Social Psychology, October 2005, vol 145
Davis, M.H (1983), Measuring Individual Differences in Empathy. Journal of Personality and Social Psychology, Vol 132. No. 397-410
Einsenberg, N & Strayer, N. (1987). Empathy and Its Development. Cambridge: Cambridge University Press.
Eisenberg, N & Mussen, P,H. (1989). The Roots of Prosocial Behavior Children. New York. Cambrifge University Press.
Gallagher, D.R., Bagin, F., Moore, E.H.(2005). The School and Community Relations, Boston: Pearson Education, Inc.
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why it can matter more than IQ. New York: Bantam Books
Harris, P. (1996). Violence and The School. Hawker Brownlow, Ed.
Hetherington, E. (1999), Child Psychology 5thed. USA: McGraw-Hill
Hogan, Rose. (1980). Human Sexuality a Nursing Perspective, New York: Prentice-Hall. Inc
http://www.ypk.or.id/in/berita-a-artikel/artikel/107-yuk-kita-peduli-pendidikan-karakter-1.html
Jacqueline Tjandraningtyas (2004), Pengaruh Pelatihan Empati Terhadap Peningkatan Motif Prososial Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha di Bandung. (Tesis), Bandung: Universitas Padjadjaran
Jones & Nelson. (1992). Cara Membina Hubungan Baik dengan Orang Lain, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Joyce, Bruce & Marsha Weil (1996). Model of Teaching, Boston: Allyn and Bacon
Koestner, R & Franz.C. (1990). The Family Origins of Empathic Concern: A 6 Years Longitodinal Studi. Journal of Personality and Social Psychology. Vol 58 no.4 709-717
Krebs, J.R. (1987). An Indtroduction to Behavioral Ecology. Oxford London. Blackwell Scientific Publications.
Mussen, P.H. John, J.C. & Kagan J (1979). Child Development and Personality, New York: Harper International Inc.
Mussen, P.H., Conger. J.J. & Kagan, J. (1989). Perkembangan dan Kepribadian Anak (terjemahan Ed 6). Jakarta: Penerbit Arcan
Neto, Aramis A Lopes. (2005). Bullying – Aggressive Behavior Among Students. Jornal de Pediatri. Vol 81, No. 5 (Suppl), 164-172.
Shaffer, Lary (2004). Research Stories for Introductory Psychology 2nd ed. Boston: Pearson Education, Inc.
Staub, E (1978). Positive Behaviour and Morality: Social and Personal Influence, vol.1. New York: Academic Press.
Trusty, J., Ng, K.M., Watts, R.E. (2005). Model of effects of adult attachment on emotional empathy of counseling students. Journal of Counseling and Development, 83 (1), 66-77
DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v11i1.823
DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v11i1.823.g432
Article Metrics
Abstract view : 1091 timesPDF - 2597 times
Article Metrics
Abstract view : 1091 timesPDF - 2597 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Al-Hikmah
License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.