METACOGNITIVE READING STRATEGY ENHANCING ENGLISH READING COMPREHENSION
Abstract
pembelajaran mereka sendiri. Strategi metakognitif yang digunakan untuk mengkoordinasikan
proses pembelajaran. Strategi juga melibatkan berpikir tentang belajar, memantau pemikiran,
dan mengevaluasi pemahaman dalam membaca. Dalam jurnal ini membahas tentang prosedur
Strategi Metakognitif dalam Membaca untuk memahami bacaan. Strategi metakognitif
meningkatkan konstruksi makna bacaan pembaca, memantau teks dan pemahaman bacaan,
dan kemampuan mereka untuk mengevaluasi teks yang mereka baca. Kerangka membaca
metakognitif ini harus akrab bagi pengajar yang mengintegrasikan proses sebelum membaca,
pada saat membaca, dan setelah membaca pada proses ketika mengajar peserta didik strategi
pemahaman yang efektif. Strategi Metakognitif dalam membaca membantu peserta didik
untuk memantau pemikiran mereka saat membaca. Strategi Metakognitif membantu peserta
didik untuk menjadi pembelajar mandiri. Pengajar secara teratur menggunakan strategi
membaca metakognitif dengan peserta didik mereka, dan berharap mereka untuk juga
menggunakannya secara independen. Pengajar didorong untuk menggunakan model strategi
metakognitif, mendukung siswa karena mereka belajar bagaimana menggunakannya, dan
kemudian mendukung peserta didik belajar bagaimana menggunakannya secara mandiri.
Dalam makalah ini menunjukkan bahwa strategi metakognitif membantu peserta didik untuk
menggunakan strategi yang tepat dalam memecahkan masalah dalam membaca. Strategi
metakognitif membantu siswa untuk menghentikan ketergantungan mereka menggunakan
kamus. Strategi ini membantu peserta didik untuk menemukan gagasan utama, informasi
tersirat, informasi tersurat, referensi, dan makna kata-kata.
Full Text:
PDFReferences
Aebersold, J. & Field M. (1997). From
Reader to Reading Teacher.
Cambridge: Cambridge University
Press.
Anderson, N. J. (2002). The role of
metacognition in second language
teaching and learning. ERIC
Duffy, Gerald G. (2009). Explaining
Reading: A Resource Four Teaching
Concepts, Skills, and Strategies.
New York:The Guildford Press.
Israel, S. E. (2007). Using metacognitive
assessments to create individualized
reading instruction. Newark, DE:
International Reading Association.
Nunan, David. (2003). Language Teaching
Methodology. London: Prentice Hall
International.
Pressley, M. (2006). Reading Instruction
That Works: The Case for Balanced
Teaching. New York: Guilford.
Snow, Catherine. (2002). Reading for
Understanding: Toward an R&D
Program in Reading
Comprehension. Los Angeles:
RAND
Bodrova, E. & Leong, L. J. Tools of the
Mind: A Vygotskian approach to
earlychildhood education.
Englewood Cliffs, NJ: Merrill
Publishing Company. 1996
DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v8i1.107
Article Metrics
Abstract view : 3274 timesPDF - 8380 times
Article Metrics
Abstract view : 3274 timesPDF - 8380 times
Refbacks
Copyright (c) 2015 At-Turats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.