METACOGNITIVE READING STRATEGY ENHANCING ENGLISH READING COMPREHENSION

Wardah Wardah

Abstract


Strategi metakognitif peserta didik dapat mengatur, merencanakan, dan mengevaluasi
pembelajaran mereka sendiri. Strategi metakognitif yang digunakan untuk mengkoordinasikan
proses pembelajaran. Strategi juga melibatkan berpikir tentang belajar, memantau pemikiran,
dan mengevaluasi pemahaman dalam membaca. Dalam jurnal ini membahas tentang prosedur
Strategi Metakognitif dalam Membaca untuk memahami bacaan. Strategi metakognitif
meningkatkan konstruksi makna bacaan pembaca, memantau teks dan pemahaman bacaan,
dan kemampuan mereka untuk mengevaluasi teks yang mereka baca. Kerangka membaca
metakognitif ini harus akrab bagi pengajar yang mengintegrasikan proses sebelum membaca,
pada saat membaca, dan setelah membaca pada proses ketika mengajar peserta didik strategi
pemahaman yang efektif. Strategi Metakognitif dalam membaca membantu peserta didik
untuk memantau pemikiran mereka saat membaca. Strategi Metakognitif membantu peserta
didik untuk menjadi pembelajar mandiri. Pengajar secara teratur menggunakan strategi
membaca metakognitif dengan peserta didik mereka, dan berharap mereka untuk juga
menggunakannya secara independen. Pengajar didorong untuk menggunakan model strategi
metakognitif, mendukung siswa karena mereka belajar bagaimana menggunakannya, dan
kemudian mendukung peserta didik belajar bagaimana menggunakannya secara mandiri.
Dalam makalah ini menunjukkan bahwa strategi metakognitif membantu peserta didik untuk
menggunakan strategi yang tepat dalam memecahkan masalah dalam membaca. Strategi
metakognitif membantu siswa untuk menghentikan ketergantungan mereka menggunakan
kamus. Strategi ini membantu peserta didik untuk menemukan gagasan utama, informasi
tersirat, informasi tersurat, referensi, dan makna kata-kata.

Full Text:

PDF

References


Aebersold, J. & Field M. (1997). From

Reader to Reading Teacher.

Cambridge: Cambridge University

Press.

Anderson, N. J. (2002). The role of

metacognition in second language

teaching and learning. ERIC

Duffy, Gerald G. (2009). Explaining

Reading: A Resource Four Teaching

Concepts, Skills, and Strategies.

New York:The Guildford Press.

Israel, S. E. (2007). Using metacognitive

assessments to create individualized

reading instruction. Newark, DE:

International Reading Association.

Nunan, David. (2003). Language Teaching

Methodology. London: Prentice Hall

International.

Pressley, M. (2006). Reading Instruction

That Works: The Case for Balanced

Teaching. New York: Guilford.

Snow, Catherine. (2002). Reading for

Understanding: Toward an R&D

Program in Reading

Comprehension. Los Angeles:

RAND

Bodrova, E. & Leong, L. J. Tools of the

Mind: A Vygotskian approach to

earlychildhood education.

Englewood Cliffs, NJ: Merrill

Publishing Company. 1996




DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v8i1.107

Article Metrics

Abstract view : 3274 times
PDF - 8380 times

Article Metrics

Abstract view : 3274 times
PDF - 8380 times

Refbacks





Copyright (c) 2015 At-Turats



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak
Jl. Letjend. Soeprapto No. 19
Pontianak-Kalimantan Barat
Indonesia