Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah dengan Keluarga

Mirzon Daheri, Idi Warsah

Abstract


Tak ada yang memungkiri keluarga dalam hal ini orang tua memiliki peran yang strategis dalam pendidikan. Terlebih dalam aspek akhlak. Sekolah sebagai lembaga mitra orang tua untuk mendidik anaknya. Artinya keduanya sama-sama memiliki tanggung jawab agar anak menjadi manusia seutuhnya. Namun, masih sulit ditemui relasi antara keduanya berjalan sebagaimana mestinya. Sekolah menuju barat sebagai tujuannya, keluarga justru tidak tahu malah berjalan ke utara. Masih terjadi pragmentasi antara keduanya. Artinya belum terbangun komunikasi yang baik agar keduanya dapat berkolaborasi, menapaki jalan mencapai tujuan pendidikan.

Keywords


Relasi sekolah, keluarga, sekolah-keluarga, akhlak, komunikasi, kolaborasi.

Full Text:

PDF

References


Arief, Armai. "Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam upaya menghadapi tantangan global." Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society 1, No. 2. 2015.

Astill, Brian R. Norman T. Feather dan John P. Keeves. “A Multilevel Analysis of The Effects of Parents, Teachers And Schools on Student Values”. Social Psychology of Education 5. 2002.

Bailey, Carol A. A Guide to Qualitative Field Research. Thousand Oaks: Pine Forge Press, 2006.

Bergnehr, Disa. “Advancing home–school relations through parent support?”. Ethnography and Education Vol. 10, No. 2. 2015.

Book, Marja Leena and Satu Perala-Littunen. “Responsibility in Home–School Relations — Finnish Parents’ Views. Children & Society 29. 2015.

Chatib, Munif. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa, 2014.

Cook, Thomas D. Melissa R. Herman, Meredith Philips dan Richard A. Settersten, Jr.. “Some Ways in Which Neighborhoods, Nuclear Families, Frienship Groups and Schools Jointly Affect Changes in Early Adolescent Development”. Child Development Volume 73, Number 4. July/August 2002.

Covey, Stephen R. The Leader in Me: Kisah Sukses Sekolah dan Orang Tua Membangkitkan Potensi Setiap Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Crozier, Gill, and Jane Davies. "Hard to reach parents or hard to reach schools? A discussion of home—school relations, with particular reference to Bangladeshi and Pakistani parents". British educational research journal 33, No. 3. 2007.

Emzir. Metodologi Penulisan Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif Korelasional Eksperimen Ex Post Fakto Etnografi Grounded Theory Action Research. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010.

Graha, Chrairuniza. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua: Panduan Bagi Orang Tua untuk Memahami Perannya dalam Membantu Keberhasilan Pendidikan Anak. Jakarta: PT Elex Media Computindo, 2007.

Gunarsa, Singgih D. dan Yulia. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Hoover-Dempsey, Kathleen V., and Joan MT Walker. "Family-school communication." Elementary School Journal 106.2. 2002.

J. Moloeng, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya, 2007.

James, Black. and Dean J Champion. Method And Issues in Social Research. New York: Wiley and Sons Inc, 1976.

K. Yin, Robert. The Case Study Anthology. California: Sage, 2004.

Kayser, Abigail Akosua. “Family Values: an Immigrant Teachers’s Stories” Educational Leadership. September2017.

Koesoema, Donie Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.

Lexmond, Jen dan Richard Revees. Parents are the Principal Architects of A Fairer Society: Building Character. London: Mixed Sources, 2009.

Mc Elmeel, Sharron L. Character Education: A Book Guide for Teachers, Librarians and Parents. Greenwood Village: Teacher Ideas Press, 2002.

Palts, Karmen and Halliki Harro-Loit. "Parent-Teacher Communication Patterns Concerning Activity And Positive-Negative Attitudes". Trames: A Journal of the Humanities & Social Sciences 19.2. 2015.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 Tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan.

Ratliffe, Katherine T. and Eva Ponte. “Parent Perspectives on Developing Effective Family–School Partnerships in Hawaiʻi”. School Community Journal Vol. 28, No. 1. 2018.

Santrok, Jhon W. Perkembangan Remaja, Terj. Sherly Saragih. Jakarta: Erlanggga, 2003.

Santrok, Jhon W. Perkembangan Remaja, Terj. Sherly Saragih. Jakarta: Erlanggga, 2003.

Suryabrata, Sumardi. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Press, 1989.

Tim Penyusun. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Zahra, Roswiani P. “Lingkungan Keluarga dan Munculnya Masalah Remaja”. Jurnal Provitae Vol.01 No.02. 2005.

Zamroni. Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin KalamUtama, 2011.

Zani, Abdul. Sosiolagi




DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1285

Article Metrics

Abstract view : 3699 times
PDF - 1353 times

Article Metrics

Abstract view : 3699 times
PDF - 1353 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 At-Turats



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak
Jl. Letjend. Soeprapto No. 19
Pontianak-Kalimantan Barat
Indonesia