THE IMPLEMENTATION OF NEW STUDENT ADMISSION SERVICE ZONING SYSTEM IN PONTIANAK: GOOD POLICY OR BAD POLICY (PARENTS PERSPECTIVE)
Abstract
This study aims to describe the implementation and the evaluation from the parents perspective as the vital stakeholder in new students admission service PPDB zoning system in Pontianak.. This research is case study. The results of the study are it is good policy because the reasons of learners that agree with the zoning system in accordance with the purpose of the government is to bring the quality of public schools in Indonesia and move closer to the school, so that students are more safety and more save time and cost in transportation. The zoning system still needs improvement and improvement of the system so that the Government's objectives to ensure the quality of the school are in fairness. The reason parents do not agree with the zoning system is because it is worried that it can negatively affect the spirit of learning for The students of high academic ability because of the competition not as strict as the value system/final test score.
Keyword: New Student Admission PPDB, Parents, Policy
ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan dan evaluasi dari sudut pandang orang tua sebagai pemangku kepentingan yang penting dalam penerimaan siswa baru PPDB sistem zonasi di Pontianak. Penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian ini adalah kebijakan yang baik dalam hal system Zonasi karena pendapat dan alasan dari pelajar yang setuju dengan sistem zonasi sesuai dengan tujuan pemerintah adalah untuk membawa kualitas sekolah umum di Indonesia dan bergerak lebih dekat ke sekolah, sehingga siswa lebih aman dan lebih menghemat waktu dan biaya dalam transportasi. Sistem zonasi masih perlu perbaikan dan peningkatan sistem sehingga tujuan pemerintah untuk memastikan kualitas sekolah yang adil. Alasan orang tua tidak setuju dengan sistem zonasi adalah karena khawatir bahwa hal itu dapat berdampak negatif terhadap semangat belajar bagi siswa kemampuan akademik tinggi karena persaingan tidak seketat dengan adanya nilai ujian akhir/Skor UN.
Kata kunci: pendaftaran mahasiswa baru PPDB, orang tua, kebijakan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhi, Mohammad Imam. 2015. Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 8, Nomor 1, Bulan Maret.
Bungin, Burhan. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif:aktualisasi metodologis kearah ragam varian kontemporer. Depok: Rajagrafindo Persada.
Ferdiansyah, Rendi. (2018). Rotasi, guru juga kena sistem zonasi. med.com.id. dari website : https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/VNx7 xOgK-rotasi-guru-juga-kena-sistem-zonasi (diakses pada 14 Juni 2019).
Freeman, R.Edward. dan J. McVea. 2001. A Stakeholders Approach to Strategic Management. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2018 pukul 21:33 WIB. Diunduh pada http://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=263511.
Freeman. R.Edward. 1984. Strategic Management: A Stakeholders Approach.
Kodelja, Zdenko. (2016). Equality of Opportunity and Equality of Outcome. Center for Education Policy Studies Journal.vol. 6 no.2. Dari : https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1129033.pdf (diperoleh pada : 7 Maret 2019).
Owens, Ann. 2017. Income Segregation Between School Districts and Inequality Students Achievement. Sage Journals Sociology of Education. Dipublikasikan November 2017.
Peraturan Gubernur Nomor 27 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Sekolah Menengah Atas Negeri dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Provinsi Kalimantan Barat.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak- Kanak,Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menegah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak- Kanak,Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menegah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Siswadi, A. (2017). PPDB, Selusin sekolah di Bandung di tengarai menolak siswa miskin.Tempo.co. dari website: https://nasional.tempo.co/read/888792/ ppdb-selusin-sekolah-di-bandung-ditengarai-menolak-siswa-miskin/full& view= ok (Diakses tanggal 13 April 2019).
Suaedi,A. (2019). Ombudsman: Sistem Zonasi Ditolak karena Fasilitas dan Mutu Sekolah Belum Merata.Kompas.com. dari website : https://ombudsman.go.id/pengumuman/r/ombudsman-sistem-zonasi-ditolak-karena-fasilitas-dan- mut u-sekolah-belum-merata (Diakses pada 24 Juli 2019).
Triwiyanto, T. (2013).Pemetaan Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Audit Manajemen Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan volume 24 nomor 2. Dari : http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volum e-24-no.-234-43.pdf (Diperoleh pada 23 Maret 2019).
DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v7i1.1770
Article Metrics
Abstract view : 365 timesPDF - 207 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.