Editorial Policies

Focus and Scope

FOKUS, untuk menyediakan pembaca dengan pemahaman yang lebih baik tentang Dakwah di Indonesia dan Asia Tenggara dan perkembangan Komunikasi melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku.

SCOPE, mengkhususkan diri dalam Kajian Dakwah dalam studi tertentu dan komunikasi Islam pada umumnya, dan kajian Islam secara umum, dan Al-hikmah akan mengkombinasikan antara hasil penelitian dengan artikel pada kajian-kajian terkini dari para kontributor yang ahli dibidangnya.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap naskah yang masuk akan terlebih dahulu diperiksa oleh dewan redaksi sesuai dengan ilmu dan bidang pembahasan serta unsur kesesuaian dengan format dan pedoman penulisan Jurnal Al-Hikmah. Setiap naskah yang dinyatakan layak, akan dikembalikan ke penulis (jika masih ada perbaikan/kurang) atau langsung dikirim pada tim Mitra Bestari selama waktu yang ditentukan pada pedoman penilaian Mitra Bestari.

 

Publication Frequency

Al-Hikmah, terbit 2 kali (edisi) dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.

PENULLIS --> DIBACA DAN DITELAAH SEKRETARIS REDAKSI --> DIREVIEW ANGGOTA REDAKSI (EDITOR) <--> DIREVIEW MITRA BESTARI ----> PENULIS (JIKA ADA PERBAIKAN) ---> PROSES PENERBITAN TULISAN

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

About Al-Hikmah

Al-Hikmah (ISSN 1978-5011) merupakan Jurnal Nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Jurnal ini khusus pada kajian Dakwah dan Komunikasi Islam, dan kajian Islam secara umum, dan Al-hikmah akan mengkombinasikan antara hasil penelitian dengan artikel pada kajian-kajian terkini dari para kontributor yang ahli dibidangnya.
Al-Hikmah, terbit 2 kali (edisi) dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.