Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Al-Hikmah?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan Jurnal Al-Hikmah
1. Artikel yang ditulis untuk jurnal Al-Hikmah harus mengandung unsur temuan baru, yang merespon isu-isu dan wacana kontemporer, meliputi hasil pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan dakwah dalam berbagai perspektif.
2. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia, Arab atau Inggris, dengan mengikuti kaidah kebahasaan yang baku dan berlaku dalam dunia ilmiah.
3. Artikel diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, ketikan 1,5 spasi pada kertas HVS ukuran A4, dengan jumlah maksimal 20 halaman.
4. Artikel dilengkapi dengan CV (Curriculum Vitae) penulis, diserahkan dalam bentuk cetak (print out) sebanyak 1 eksemplar beserta file (soft copy)-nya atau dikirim melalui e-mail ke alamat: emiboy@yahoo.com; jurnalhikmah@iainptk.ac.id
5. Artikel diserahkan paling lambat 2 bulan sebelum jurnal diterbitkan untuk setiap edisinya. Batas pengiriman artikel untuk edisi Juni adalah akhir April, dan untuk edisi Desmber adalah akhir Oktober.
6. Nama penulis artikel dicantumkan di bawah judul artikel tanpa gelar akademik, jabatan atau kepangkatan, disertai alamat korespondensi, alamat e-mail dan nomor telepon/HP.
7. CV penulis artikel mengandung informasi tentang identitas dan kapasitas akademik penulis: nama, alamat korespondensi, alamat e-mail dan nomor telepon/HP, nama dan alamat instansi asal dan instansi perguruan tinggi (bagi yang sedang studi), daftar karya ilmiah yang dihasilkan selama 3 tahun terakhir, dan daftar kegiatan ilmiah yang diikuti selama 3 tahun terakhir.
1. Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran:
1. Judul: maksimal 25 kata, hindari kata-kata tidak penting (analisis, studi kasus, pengaruh, faktor dan sebagainya).
2. Nama penulis: tanpa gelar akademik, jabatan, atau kepangkatan.
3. Identitas penulis: e-mail, nama perguruan tingga tempat studi (bagi yang sedang studi) dan instansi asal.
4. Abstrak: maksimal 200 kata, mengandung semua kata yang akan diindekskan, terdiri dari 2 bahasa (Indonesia dan Inggris/Arab).
5. Kata Kunci (Keywords): terdiri dari 3 kata yang mewakili substansi artikel.
6. Bagian awal: Pendahuluan, yang berisi latar belakang, tujuan dan ruang lingkup kajian, yang terdiri dari 2-3 paragraf.
7. Bahasan utama: dapat di bagi ke dalam beberapa bab, seluruh judul bab dan sub-bab dicetak tebal (bold) dan tidak menggunakan angka/nomor pada setiap judulnya.
8. Bagian penutup: Simpulan.
2. Sistematika penulisan artikel hasil penelitian:
1. Judul: maksimal 25 kata, hindari kata-kata tidak penting (analisis, studi kasus, pengaruh, faktor dan sebagainya).
2. Nama penulis: tanpa gelar akademik, jabatan, atau kepangkatan.
3. Identitas penulis: e-mail, nama perguruan tingga tempat studi (bagi yang sedang studi) dan lembaga asal.
4. Abstrak: maksimal 200 kata, berisi tujuan, metode dan hasil penelitian, mengandung semua kata yang akan diindekskan, dan terdiri dari 2 bahasa (Indonesia dan Inggris/Arab).
5. Kata Kunci (Keywords): terdiri dari 3 kata yang mewakili substansi artikel.
6. Bagian awal: Pendahuluan, yang berisi latar belakang, tinjauan pustaka, tujuan penelitian, dan metode penelitian
7. Bahasan utama: hasil penelitian yang dapat di bagi ke dalam beberapa bab, seluruh judul bab dan sub-bab dicetak tebal (bold) dan tidak menggunakan angka/nomor pada setiap judulnya.
8. Bagian penutup: Simpulan.
8. Daftar Pustaka: hanya memuat sumber-sumber bacaan yang dirujuk dalam artikel.
9. Sumber pustaka (referensi) yang diutamakan adalah sumber primer, berupa laporan penelitian tesis, disertasi atau artikel penelitian dalam jurnal dan majalah ilmiah, yang diprioritaskan terbitan 5 tahun terakhir, dan sedapat mungkin dilengkapi dengan terbitan terbaru atau 1 tahun terakhir.
10. Abstrak untuk artikel berbahasa Inggris ditulis dalam bahasa Arab dan Indonesia, untuk artikel berbahasa Arab ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, dan untuk artikel berbahasa Indonesia ditulis dalam bahasa Inggris dan Arab.
11. Kutipan ayat al-Qur’an dalam artikel harus disertai dengan terjemahannya dan mencantumkan nama surat dan nomor ayat.
12. Kutipan Hadits ditulis secara lengkap teks dan terjemahan serta sumbernya.
13. Artikel yang memenuhi syarat akan diseleksi dan diedit oleh tim penyunting untuk penyeragaman format dan gaya penulisan tanpa mengubah isi dan substansinya.
14. Pengutipan dalam artikel menggunakan teknik catatan kaki (footnote):
1Philip K. Hitti, History of The Arabs, (London: the Macmillan Press Ltd, 1970), p. 87.
2Mohammad Arkoun, Islam al-Akhlaq wa al-Siyasiyah, (Beirut: Markaz al-Inna al- Qawmi, 1990), pp. 172-173.
3Crane Brinton, “Eglightement”, Encyclopedia of Philosopy, vol. 2, (New York: Macmillan and the Free Press, 1967), p. 521.
7M. Amin Abdullah, “Dialektika Agama antara Profanitas dan Sakralitas”, h. 17.
15. Daftar Pustaka ditulis dengan jelas dan disusun secara alfabetis:
1. Buku dengan nama pengarang:
Arkoun, Mohammad, Islam al-Akhlaq wa Siyasah, Beirut: Markaz al-Inma’ al-Qawmi, Mc Millan and the Free Press, 1967.
2. Buku tanpa nama pengarang:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (DEPDIKBUD), Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke 3. Jakarta: Balai Pustaka, 2010.
3. Buku terjemahan:
al-Qaradhawi, Yusuf, Al-Qur’an Berbicara tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan, Terjemahan Abdul Hayyie al-Katthani dkk, Jakarta: Gema Insani Press, 2004.
4. Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Abdullah, M. Amin, “Dialektika Agama antara Profanitas dan Sakralitas”, dalam Moh. Shofan (Ed), Jalan Ketiga Pemikiran Islam: Mencari Solusi Perdebatan Tradisionalisme dan Liberalisme, Yogyakarta: IRCiSoD, 2006.
5. Artikel jurnal ilmiah:
Ramly, Fuad, “Memahami Al-Qur’an Melalui Pendekatan Hermeneutik-Gadamerian”, Al-Mu’ashirah, Vol. 1, No.2, Edisi Juli 2004, h. 55-67.
6. Tulisan dalam surat kabar:
Kuncoro, Toha. 1 Desember, 2007, “Pergulatan Menuju Perdamaian Palestina”, Jawa Pos:, Halaman 6, kolom 2-5.
7. Tulisan berita Surat Kabar tanpa nama pengaranga:
Surya. 31 Desember 2009, “KPK Pelototi Dana Yayasan Instansi Negara”, Halaman 3.
8. Dokumen resmi:
Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS), Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tingga, Jakarta: DEPDIKNAS, 2002.
9. Tesis, disertasi, makalah seminar, lokakarya, pelatihan, workshop (tidak diterbitkan):
Fuad, Kebenaran Eksistensial dalam Epistemologi Hermeneutika Hans Georg-Gadamer, Tesis S2 pada Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2000.
Ramly, Fuad, Prospek Jurusan Sosiologi Agama: Antara Harapan dan Tantangan, Makalah disampaikan pada Lokakarya Pembukaan Jurusan Baru Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 2002.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Pengajuan artikel harus belum dipublikasikan sebelumnya.
  2. File pengajuan ber-extensi Microsoft Word
  3. Artikel ditulis dengan huruf times new roman
  4. font 12 dan 1,5 (satu setengah) spasi di atas kertas HVS A4
  5. Sistematikanya meliputi: judul, nama penulis, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka
  6. Kutipan sumber ditulis dalam midlle note (catatan tengah)
  7. Naskah diserahkan atau dikirim dalam bentuk soft copy dan print out-nya
 

Copyright Notice

Seluruh Artikel dalam Jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencantumkan sumber yang sah, identitas penulis tidak boleh dihilangkan, penerbit tidak bertanggungjawab terhadap naskah yang dipublikasikan dan isi artikel menjadi tanggungjawab penulis.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan lain dari jurnal ini.
dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain.