LAYANAN INFORMASI TENTANG PERKEMBANGAN PSIKOSEKSUAL YANG SEHAT OLEH GURU PEMBIMBING PADA SISWA KELAS XI IPA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BUNUT HILIR KABUPATEN KAPUAS HULU

Barriyati Rusdi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi serta kejelasan tentang layanan informasi tentang perkembangan psikoseksual yang sehat oleh guru pembimbing pada siswa kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bunut Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data angket dan teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpul data wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan layanan informasi tentang perkembangan psikoseksual yang sehat pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bunut Hilir sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka disampaikan rekomendasi sebagai berikut: 1) Langkah-langkah yang telah terlaksana dengan baik hendaknya dapat dipertahankan. Agar layanan informasi yang dilaksanakan dapat terdokumentasi dengan baik, guru pembimbing hendaknya melengkapinya dengan pelaporan. 2) Bentuk kegiatan yang telah terlaksana dengan cukup hendaknya dapat ditingkatkan lagi. Salah satu caranya yaitu dengan mengadakan pertemuan kelompok dengan siswa. 3) Materi yang disampaikan telah terlakasana dengan baik meskipun belum disampaikan secara optimal, maksimal dan menyeluruh hendaknya dapat ditindaklanjuti (dilanjutkan) pada kesempatan atau pertemuan berikutnya. 4) Metode yang digunakan oleh guru pembimbing telah terlaksana dengan baik, meskipun demikian metode tersebut lebih ditingkatkan lagi dengan cara memperbanyak tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

ARTICLE HISTORY

Abstract View
Abstract view : 57 times
Article Downloads
PDF Downloads : 60 times

Full Text:

PDF

References


Gerald Corey (alih bahasa E. Koeswara, 2003). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, Bandung: PT. Refika Aditama

Kartini Kartono, (1981), Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: Rajawali Press

Latipun, (2001). Psikologi Konseling, Malang: Universitas Malang

M. Asrori, (2005), Perkembangan Peserta Didik, Malang: Wineka Media

Prayitno, dkk. (1998). Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Umum (SMU), Jakarta: Ghalia Indonesia




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1169
Abstract view : 57 times
Article Download
PDF Downloads : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.