KOMUNIKASI DAN DAKWAH PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Imron Muttaqin

Abstract


Komunikasi dan dakwah sangat berperan pada kesuksesan lembaga pendidikan Islam komunikasi merupakan proses penyampaian ide, gagasan baik yang bersifat horizontal, vertikal atau diagonal. Upaya komunikasi yang efektif dapat dilakukan dengan memenuhi semua unsur komunikasi yang terdiri atas komunikator, pesan, channel, sumber, efek serta sumber komunikasi. Selain itu perlu melakukan pendekatan persuasif dan kedekatan emosioanal dengan meingkatkan keahlian berkomunikasi untuk dakwah. Bentuk komunikasi efektif pada lembaga pendidikan adalah komunikasi adalah komunikasi interprofesional-kolaboratif, komunikasi asosiatif-akomdatif dan interpersonal, bentuk komunikasi ini harus disesuaikan dengan budaya organisasi yang dianut bersama.

Full Text:

PDF

References


Düren, P. (2016). Change communication can be so simple! the empathic change communication style. Library Management, 37(8), h.398.

Gibson, James L, John M. Ivancevic, Hames H. Donnely, Jr. 1997. Organisasi, Perilaku-Struktur-Proses), Edisi 8. Jilid 2. Terjemahan Nunuk Adrinani Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Gustavsen, Bjorn. 1992. Dialogue and Development: Theory of Communication, Action Research and the Restructuring of Working Life. Van Gorcum.

Handayani, S. (2017). Peningkatan Profesional Guru Melalui Komunikasi Informal. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(1).

Hargie, Owen. 2011. Skilled Interpersonal Communication: Research, Theory and Practice, 5th Edition. Routledge.

Hermawan, D., & Barlian, U. C. (2017). Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(2).

Holmes, David. 2005. Communication Theory: Media, Technology and Society. SAGE Publications.

Islami, D. I. (2017). Konsep Komunikasi Islam dalam Sudut Pandang Formula Komunikasi Efektif. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 12(1).

J. Albers, Michael. 2004. Communication of Complex Information User Goals and Information Needs for Dynamic Web Information. Routledge.

Lawrence Heath, Robert, Jennings Bryant. 2000. Human communication theory and research: concepts, contexts, and challenges. Routledge.

Miftah, M., & Semarang–Pustekkom-Depdiknas, B. P. M. (2009). Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Semarang: Pustekkom Depdiknas.

S. Lyons, John. 2009. Communimetrics: A Communication Theory of Measurement in Human Service Settings. New York. Springer-Verlag.

Wijaya, D. K., & Herminingsih, A. (2015). Pentingnya Komuniksi Organisasi, Motivasi Kerja dan Kompensasi untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JEAM Vol. XIV. ISSN: 1412-5366 e-ISSN: 2459, 9816.

Yodiq, M. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Samarinda. e-Jurnal Ilmu Komunikasi, 4, 24-34.

Canary, Heather E., Robert D. McPhee. 2010. Communication and Organizational Knowledge: Contemporary Issues for Theory and Practice (Routledge Communication Series).

Aris Febri Rahmanto. (2004). Peranan Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Komunikologi. https://doi.org/10.1016/j.ntt.2003.10.009

Clegg, B. (2017). Effective Science Communication. Physics World. https://doi.org/10.1088/978-0-7503-1170-0

Moore, Frazier.2005.HUMAS:Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Effendy Onong U,. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya: Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Al-Hikmah Journal Indexed By :

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.