Media Massa sebagai Sarana Dakwah Kontemporer
Abstract
Keywords: Da'wah, Mass Media, Contemporary, Da'i, Mad'u, Means.
Dakwah, sering kali identik dengan berbicara di atas mimbar dengan menghadapi orang banyak dan menyampaikan pesan-pesan kebaikan. Namun seiring perkembangan media massa, dakwah bukanlah produk yang selalu disampaikan di atas mimbar. Media massa menjadi bagian dari inovasi penyampaian pesan-pesan dakwah. Keberadaan media massa memberikan suasana baru terhadap penyampaian pesan-pesan dakwah yang lebih dinamis dan fleksibel, tentunya mengikuti perkembangan zaman. Penggunaan media massa sebagai sarana dakwah kontemporer semakin memberikan peluang yang besar kepada seluruh lapisan masyarakat yang ingin mengajak dan menyampaikan kebaikan yang dalam hal ini adalah kegiatan dakwah. Seseorang dapat menyampaikan pesan-pesan kebaikan melalui tulisan (kalam), lisan dan perilaku atau perbuatan (hal) dengan rekaman audio visual di media online dan media sosial seperti Instragram, Facebook, You Tube, film pendek, tv radio dan sebagainya. Banyaknya pengguna media sosial yang beragam menjadi tanda bahwa dakwah haruslah berevolusi menjadi sebuah kegiatan yang mengajak pada kebaikan dengan daya tarik yang lebih inovatif dan kreatif. Sehingga dengan begitu masyarakat atau mad’u akan memilih media apa yang akan digunakan dalam menerima pesan-pesan dakwah dari da’i.Meski begitu, penggunaan media massa sebagai sarana dakwah tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh para pelaku dakwah agar dakwah yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya. Dibutuhkan manajemen yang baik dalam mempersiapkan konten-konten yang dibungkus secara menarik sehingga masyarakat tidak bosan dengan cara penyampaian dakwah dan isinya yang hampir sama. Da’i dituntut ekstra aktif, inovatif dan kreatif dalam melakukan dakwah di media sosial, pandai dalam memilih media yang akan digunakan, dan cakap dalam penggunaan teknologi yamg ada serta memahami kondisi mad’u sebagai objek dakwah yang akan menerima pesan dakwah melalui respon perubahan pola pikir dan perilaku.
Kata Kunci: Dakwah, Media Massa, Kontemporer, Da’i, Mad’u, Sarana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Aziz. Ilmu Dakwah .Jakarta. Kencana Prenada Media. 2004.
Amin, Samsul Munir. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam .Jakarta. Amzah. 2008.
Asmuni Syukir. Dasar-Dasar Strategi Islam .Surabaya. Al Ikhlas. 1983.
Elmansyah. (2016). Dakwah Sufistik di Era Digital, Al-Hikmah: Jurnal Dakwah 10 (1): 56-74.
Kementerian Agama RI. Al-qur’an dan Terjemahnya .Solo. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2016.
McQuail, Denis. Mass Communication Theory .Fourth Edition; London. Sage Publication.
Saifullah, M. Jafar Puteh. Dakwah Tekstual dan Kontekstual. Peran dan Fungsi dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat .Cet. III; Yogyakarta. AK Group. 2006.
Samsul Munir Amin. Ilmu Dakwah .Jakarta. Amzah. 2009.
Shihab, Quraish. Tafsir Al-Misbah. Pesan Kesan. dan Keserasian Al-qur’an .Jakarta. Lentera Hati. 2002.
Shihab, Quraish. Tafsir Al-Mishbah. Pesan. Kesan dan Keserasian al-Qur’an .Cet. IV; Jilid. 6. Jakarta. LenteraHati. 2011.
Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi .Bandung. Remaja Rosdakarya. 2004.
Suhandang, Kustadi. Pengantar Jurnalistik. Seputar Organisasi. Produk. dan Kode Etik .Bandung. Penerbit Nuansa.
Wiryawan, Hari. Dasar-Dasar Hukum Media. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. 2007.
https.//websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/ .Diaskses pada 30 Juli 2019.
Nielson Consumer Media View .CMW .
DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v13i2.1469
DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/jhjd.v13i2.1469.g739
Article Metrics
Abstract view : 3700 timesPDF - 2295 times
Article Metrics
Abstract view : 3700 timesPDF - 2295 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.