PERAN SOSIOLOGI AGAMA DALAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN
Abstract
Bidang pendidikan dan keagamaan menjadi tantangan besar yang sedang dihadapi oleh masyarakat saat ini. Pendidikan dan keagamaan yang dimaksud yang bisa membangun dan mencerdaskan bangsa. Nilai pendidikan agama bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist yang biasa diterima melalui TPA. Nilai ini sangat berpengaruh terhadap santri untuk kehidupan bermasyarakat. Islam sendiri memandang setiap anak memiliki fitrah (potensi) didalam diri mereka yang dikembangkan melalui pendidikan. sosiologi agama lebih diperhatikan melalui TPA dibandingkan dengan melalui pendidikan umum. Walaupun keterbatasan waktu dalam penyampaian materi atau bahan ajar di TPA tidak mengurangi ilmu untuk santri seperti pendidikan umum disekolah. Di lembaga ini juga berperan sebagai wahana kontrol sosial, menciptakan keseimbangan dan kedamaian, menjaga stabilitas sosial, mendorong persatuan dan membawa masyarakat menuju keselamatan di dunia dan akhirat. Sosiologi agama menempuh cara yang sama seperti sosiologi lainnya yang menggunakan proses data kuantitatif dan kualitatif mengikuti teknik proses pengumpulan yang dipakai sosiologi umum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Firmando, H. B. (2022). M. Si.
Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani.
Gade, S. (2020). SOSIOLOGI AGAMA:
MEMAHAMI . Banda Aceh: Ar-raniry Press.
Hendropuspito. (1990). Drs. D, O.C. Yogyakarta:
Kanisius.
Islamuna. (2017). PERAN SOSIOLOGI AGAMA .
Volume 4 Nomor 2 Desember 2017 .
Panda Koten, Philipus. 2016. Pendekatan
Reduksionis Terhadap Agama. Maumere: Ledalero
Lazwardi, Dedi. 2017. Manajemen Kurikulum
Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Vol . 7 No. 1.
Prianggara,Yudas. 2011. Hubungan
Antara Motivasi Mengajar dengan Kreativitas Kerja Pada Guru TPA. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Saebani, Beni Ahmad. Sosiologi Agama: Kajian
tentang Perilaku Institusional dalam Beragama Anggota Persis dan Nahdlatul Ulama. Refika Aditama, 2007.
DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v17i1.2667
DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/jhjd.v17i1.2667.g1332
Article Metrics
Abstract view : 115 timesPDF - 62 times
Article Metrics
Abstract view : 115 timesPDF - 62 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.