PERANAN KONSELOR DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

H Dulhadi

Abstract


Disadari bahwa tidak semua anak yang lahir ke dunia ini berada dalam kondisi sebagaimana yang diharapkan. Sebagian dari mereka ada yang lahir tidak normal. Sekalipun lahir dalam keadaan normal, namun dalam pertumbuhan dan perkembangannya ada di antara mereka yang mengalami hambatan, gangguan, dan kelambatan. Bagi anak yang mengalami hal-hal seperti ini tentu perkembangannya tidak akan optimal. Oleh karena itu, anak yang seperti ini memerlukan penanganan dan perlakukan khusus. Anak-anak seperti inilah yang kemudian dikenal sebagai Anak Berkebutuhan Khusus. Sebagai manusia juga, anak berkebutuhan khusus harus ditangani secara intens dan serius. Konselor sebagai pihak yang mengenal dan memahami mereka diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan layanan kuratifnya.

Full Text:

PDF

References


Neely. Margery A.,1982, Counseling and Guidance Practices with Special Education Student, Illinois: The Dorsey Press.

Sujarwanto, 2005, Terapi Okupasi untuk Anak Berkebutuan Khusus, Departemen Pendidikan Nasional Jakarta.

Thomson. L. Charles, Rudolph. Linda. B, Henderson. Donna. A., 2004, Counseling Children Sixth Edition. USA. Brooks/Cole.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas: Jakarta.

http://qtc-sby.blogspot.com/2010/01/training-penanganan-anak-berkebutuhan.html.

http://www.scribd.com/doc/37784461/Bimbingan-Konseling-Anak-Berkebutuhan-Khusus.

http://yayasandanterigmalia.blogspot.com




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v7i2.61

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v7i2.61.g56

Article Metrics

Abstract view : 5836 times
PDF - 2172 times

Article Metrics

Abstract view : 5836 times
PDF - 2172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.