Manajemen Media Penyiaran Radio (Strategi Komunikasi Radio dan Fenomena Kelompok Pendengar Radio)

Juniawati Juniawati

Abstract


Keterlibatan pendengar atau fans berat atau kelompok pendengar atau pendengar panatik dalam kegiatan stasiun radio berupa hiburan, bisnis hingga charity  seperti radio Kenari IKAMORI yang mempunyai singkatan Ikatan Keluarga Monitor Radio Kenari. Fenomena ini, nampaknya menjadi cara tersendiri bagi insan penyiaran yang bekerja di stasiun radio untuk memberi porsi besar pada masyarakat sebagai mitra siaran maupun sebagai pengguna jasa siaran dan tentunya sekali sebagai bentuk dari pengenalan media agar dikenal dan lebih dekat dengan pendengarnya.


References


Agustina Hanafi dan Zakaria Wahab. 2016. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung serta Dampaknya pada Keputusan Perpanjangan Sewa Penyewa Kios di Palembang Square Mall (ps mall). Jurnal Manajemen/Volume XX, No. 03, Oktober 2016: 488-506

Alo Liliweri. (2014). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Bumi aksara

Deddy Mulyana.2015. Komunikasi. Media dan Masyarakat. Membedah Absurditas Budaya Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Farid Hamid dan Heri Budianto (edt). (2011). Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan:Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Hafied Cangara. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

JB. Wahyudi. (1994). Dasar-dasar Manajemen Penyiaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Juniawati. (2007). Globalisasi Media Suatu Analisis Teoritis. Jurnal Al-Hikmah Vol.1 Edisi Juni 2007.h:101-108

------------. (2013). Sistem Penyiaran di Indonesia. Pontianak: IAIN Press

------------. (2014). Program Talkshow dan Ruang Public Sphere: Upaya Media Sebagai Industri Pro Publik. Jurnal Al-Hikmah Vol.VIII Edisi 2 Desember 2014.h: 52-63

John Vivian. (2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Joseph A. Devito. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group

Faizal Riza, dkk.(Edt). (2014). Sejarah Penyiaran di Kalimantan Barat. Pontianak: Sukses TOP Indonesia

Mariah Muda. (2007). Keterlibatan audien remaja mengikut etnik dengan Genre didik-hibur di televisyen malaysia. Dalam Seminar internasional media dan komunikasi tahun 2005

Morrisan. (2008). Manajemen Media Penyiaran; Strategi Mengelola Radio. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

------------. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Nunung Prajarto (ed.). (2004). Komunikasi, Negara dan Masyarakat. Fisipol UGM, Yogyakarta

Primada Qurrota Ayun. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Dalam Membentuk Identitas. Channel, Vol. 3, No. 2, Oktober 2015, hal. 1-16

Richard west dan Lynn Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi. Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika

Shirley Biagi. (2010). (terj). Impact Media. Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika

Wisnu Widjanarko, Muhammad Sulthan, Yusida lusiana (2013). radio siaran Publik sebagai media Komunikasi Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 1, No. 2, Desember 2013 hlm 119-124




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v10i2.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.