MODEL PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA

Arham Junaidi Firman(1Mail),
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1582

Full Text:    Language : en
Submitted : 2020-04-05
Published : 2020-04-30

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara spesifik pengembangan dan implementasi kurikulum yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan lokus SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta. Subyek pengumpulan data adalah waka kurikulum dan guru pendidikan agama Islam yang dilakukan melalui observasi empirik, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yaitu: Pertama, Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Depok (MUSADE) menggunakan dasar yang dijadikan sebagai acuan dan telah sesuai dengan langkah-langkah pengembangannya serta telah melibatkan berbagai pihak dalam proses pengembangan kurikulum. Kedua, Implementasi kurikulum di SMP Muhammadiyah 1 Depok (MUSADE) bisa dilihat dari guru pendidikan agama Islam yang telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan adanya pemahaman guru secara seksama terhadap kurikulum. Implementasi kurikulum mencakup tiga aspek, yaitu perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian proses pembelajaran, meskipun dalam implementasinya masih ditemukan hambatan-hambatan.

References


Bahri, Syamsul, “Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya”, dalam Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. XI, No. 1, 2011.

Firman, Arham Junaidi, “Paradigma Hasan Langgulung tentang Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam”, dalam UHAMKA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2, 2017.

Fitroh, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Strategi Pencapaian”, dalam Studi Informatika: Jurnal Sistem Informasi, Vol. 4, No. 2, 2011.

Gunawan, Heri, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta, 2013.

Hamalik, Oemar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Ismail, Lukman & Risfaisal, “Eksistensi Gerakan Muhammadiyah dalam Pendidikan di Era Modernisasi”, dalam Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, Vol. V, No. 2.

Jahya, Yudrik, Pandangan Pelaksanaan Kurikulum Raudhatul Athfal, Jakarta: Departemen Agama RI, 2005.

Juwariyah, “Kurikulum Ideal Antara Cita dan Realita”, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 2, 2004.

Katuuk, Deitje Adolfien, “Manajemen Implementasi Kurikulum”, dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. XXXIII, No. 1, 2014.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Majelis Dikdasmen Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab, Jakarta: Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2017.

Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Mansur & Mahfud Junaidi, Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Departemen Agama RI, 2005.

Mansur, Rosichin, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural”, dalam Jurnal Kependidikan dan Keislaman FAI Unismea, Vol. 10, No. 2.

MOF, Yahya, “Manajemen Implementasi Kurikulum dan Proses Pembelajaran”, dalam Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 5, No. 2, 2015.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Sagala, Syaiful, “Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Penting Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”, dalam Digital Repository Universitas Negeri Medan, 2016.

Shofiyah, “Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”, dalam Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 2, 2018.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Suyatmini, “Implementasi Kurikulum 2013 pada Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan”, dalam Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 27, No. 1.


Article Metrics

 Abstract Views : 53 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.