NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI (Studi Kasus di Dusun Melati Desa Olak-Olak Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya Tahun 2019)

anggun sisweda(1Mail), Sahrani Sahrani(2), rizki susanto(3),
(1) Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
(2) Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
(3) Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1707

Full Text:    Language : en
Submitted : 2020-04-28
Published : 2020-04-30

Abstract


Abstrak: Tradisi Sedekah Bumi merupakan salah satu tradisi yang dilaksanakan oleh Suku Jawa sebagai wujud rasa syukur atas limpahan rezeki yang diberikan Allah SWT. Sebagai warisan budaya Jawa, tradisi ini harus dipertahankan agar tetap eksis dengan memperhatikan nilai lubur bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui pelaksanaan tradisi sedekah bumi di Dusun Melati, Desa Olak-Olak Kubu, Kabupaten Kubu Raya dan Kedua, menemukan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam tradisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menemukan fakta empiris tentang pelaksanaan tradisi sedekah bumi di Dusun Melati yang mungkin berbeda dengan daerah lainnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tradisi sedekah bumi sebagai bentuk rasa syukur pada Allah SWT dilaksanakan dengan rangkaian berupa: bersih kampung; selamatan; dan kegiatan sosial. Adapun nilai pendidikan Islam yang ditemukan dalam tradisi sedekah bumi di Dusun Melati, Desa Olak-Olak Kubu, Kabupaten Kubu Raya adalah nilai syukur, silaturahmi, al-Ukhuwah, Insyirah dan Al-Munfiqun, sedekah, dan gotong royong.

Kata Kunci: Tradisi, Sedekah Bumi, Nilai Pendidikan Islam

References


Abdul Majid dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017).

Bekti Taufiq Ari Nugroho dan Mustaidah. “Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri”. Jurnal Penelitian. Vol 11 (1). 2017.

Firdaus, “Sedekah Dalam Perspektif Al-Qur’an (Suatu Tinjauan Tafsir Maudhu’i)”, Jurnal Ash-Shahabah, Vol 3, No. 1, 2017.

Gina Lestari, “Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia di Tengah Kehidupan Sara” Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Th.28, Nomor 1, Pebruari 2015.

Harapandi Dahri, Tabot Jejak Cinta Keluarga Nabi di Bengkulu (Jakarta: Citra, 2009).

Ichmi Yani Arinda Rohimah, “Sedekah Bumi (Nyadran) Sebagai Konvensi Tradisi Jawa dan Islam Masyarakat Sraturejo Bojonegoro”. Jurnal el-Harakah, Vol. 2, No.1, 2014.

KBBI Online, https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Sedekah Bumi”, https://belajar.kemdikbud.go.id/PetaBudaya/Repositorys/sedekah_bumi/, diakses pada 24 April 2020.

Robert Sibarani, “Pendekatan Antropolinguistik Terhadap Kajian Tradisi Lisan” Jurnal Ilmu Bahasa, Vol. 1, No. 1, 2015.

Rohmat Mulyana. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, (Bandung: Alfabeta, 2004).

Tri Pranadji, “Penguatan Kelembagaan Gotong Royong dalam Perspektif Sosio Budaya Bangsa: Suatu Upaya Revitalisasi Adat Istiadat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan”, Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, Vol. 27, No. 1, Juli 2009.

Zahruddin Hasanudin Sinaga, Pengantar Studi Akhlak (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004).


Article Metrics

 Abstract Views : 43 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.