TINGKAT KEMAMPUAN ANALISA DAN SINTESA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL FTIK IAIN PONTIANAK TA. 2016/2017

Isyatul Mardiyati

Abstract


Mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of change) dituntut memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi antara lain kemampuan analisa, sintesa. Hal ini karena, kemampuan analisa dan sintesa merupakan bagian dari keterampilan dasar untuk mampu melakukan evaluasi dan interprestasi berbagai informasi atau data yang diterimanya dan kemudian mengambil kesimpulan dalam rangka pemecahan masalah. Hal ini tentu juga menjadi tuntutan terhadap mahasiswa Jurusan PGRA IAIN Pontianak. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimanakah tingkat kemampuan analisa dan sintesa mahasiswa Jurusan PGRA FTIK IAIN Pontianak TA. 2016/2017?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data menggunakan 2 sub tes dari Alat Tes Psikologi IST yaitu subtes AN untuk melihat kemampuan analisa dan subtes FA untuk mengukur kemampuan sintesa. Adapun pengambilan sampel dilakukan melalui metode total sampling dimana jumlah sampel penelitian sama dengan jumlah populasi yang ada, yakni terhadap 26 orang responden mahasiswa semester 1 jurusan PGRA FTIK IAIN Pontianak tahun ajaran 2016/2017. Pengolahan data menggunakan norma yang sudah terstandarisasi dari alat tes IST. Analisis data mengunakan rumus persentase.
Berdasarkan paparan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan analisa sintesa responden sebagai berikut : 1 orang atau 3,85 % dari 26 orang responden memilki kemampuan analisis cukup, 6 orang responden atau 23,07 % terkategori rendah, dan 19 orang atau 73,08 % responden terkategori sangat rendah. Sedangkan untuk tingkat kemampuan sisntesa responden 5 orang atau 19,23 % termasuk dalam kategori cukup, 13 orang atau 50 % dalam kategori rendah dan 30,77 % dalam kategori sangat rendah. Dengan melihat hasil penelitian ini, maka perlu dilakukan upaya tindak lanjut untuk dapat meningkatkan kemampuan analisa sintesa mahasiswa.

Keywords


Kemampuan; Analisa; Sintesa

References


Adnan, Wildan. 2016. Referensi Pintar Psikotes: Panduan Psikotes Terlengkap Sesuai dengan Kisi-Kisi. Jakarta: Kawah Media.

Ainur, Rofiq Arif. 2005. Sistematika Psikologi Perkembangan. Surabaya: ARLOKA.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Az-Zahrani, Musfir bin Said. 2005. Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani.

Buchari Lapau. 2012. Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Familia, Tim Pustaka. 2006. Warna-Warni Kecerdasan. Yogyakarta: Kanisius.

Herlanti, Yanti. 2014. Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Syarif Hidayatullah.

Holden, Robert. 2007. Success Intelligence. Terj. Yuliani Liputo. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

M. S. Hadisubrata. 2004. Meningkatkan Inteligensi Anak Balita: Pola Pendidikan Untuk Lebih Mencerdaskan Anaka Balita. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Makinuddin dan Tri Hadiyanto Sasongko. 2006. Analisis Sosial : Beraksi dalam Advokasi Irigasi. Bandung: Yayasan Arkatiga.

Partanto, Pius A Pdan M. Dahlan Al Barry. 2001. Kamus Istilah Populer. Surabaya: Arkola.

Qur’an Tajwid. 2006. Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana 2001. Penelitian dan Penilaian. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitiana Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin. 2012. Pendidkan dan Pemberdayaan Masyarakat:Esay-Esay Pemikiran, Pemberdayaan dari Aspek Manajerial, Kecerdasan dan Kepribadian. Medan: Perdana Publishing.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2009. Ilmu dan Applikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imperial Bhaktu Utama.

Tim Psikologi. 2014. Babon Psikotes Paling Update. Jakarta: Transmedia Pustaka.

W Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Wahyudiono, Bambang. 2012. Rangking 1st Bukan Segalanya. Jakarta: Raih Asa Sukses.


Article Metrics

This article has been viewed : 5 times
PDF files viewed : 7 times Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.