JUAL BELI ONLINE OLEH MAHASISWA IAIN PONTIANAK

Ita Nurcholifah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Jual Beli Online Dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak)”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui bentuk-bentuk praktik jual beli online yang dilakukan mahasiswa dalam situs jejaring sosial, (2) mengetahui kendala apa saja dalam melakukan jual beli online yang dilakukan mahasiswa dalam situs jejaring sosial, dan (3) mengetahui upaya apa saja yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kendala dalam melakukan jaul beli online dalam situs jejaring sosial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, sumber data diperoleh dengan melakukan wawancara terstruktur kepada mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam yang melakukan praktik jual beli online dan studi dokumentasi berupa foto-foto jual beli online mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bentuk-bentuk praktik jual beli online yang dilakukan oleh mahasiswa terdiri dari produk yang dijual dan dibeli, media yang dipilih dalam jual beli online, jenis-jenis jejaring sosial yang dimanfaatkan, modal dalam jual beli online, metode pembayaran, dan sumber informasi yang dimanfaatkan oleh mahasiswa dalan jual beli online. (2) Kendala dalam melakukan jual beli online yang dialami oleh mahasiswa dalam situs jejaring social adalah mulai dari konsumenya, keuntungan yang diperoleh, persaingan antar produk, akses internet yang tidak bagus, salah kirim produk dan sulitnya menghubungi produsen dan adanya unsur penipuan. (3) sedangkan Upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kendala dalam melakukan jaul beli online dalam situs jejaring sosial adalah dengan mencari penjual atau reseller yang dapat dipercaya / yang kita kenal, Memilih ol-shop yang meyakinkan, mendata pemesanan yang baik dan jujur, menurunkan harga saat ada hambatannya yaitu persaingan, meyakini orang yang membelinya dan harus menjaga kualitas barang/ produknya, meminta kepastian kepada pembeli apakah barang akan sampai atau tidak, bersaing melalui harga, melakukan kerja sama untuk menyalurkan barang yang dijual, mencari orang yang dapat di percaya untuk mengantar barang dagangan setelah ready, Untuk antisipasi penipuan disetiap transaksi membuat bukti seperti screen shot proses transaksi disitus dan bukti transfer disimpan, dan membuat konsumen tidak kecewa dengan cara merespon dan mengirim secara akurat dan tepat waktu.

Keywords


Pemasaran; Pemasaran di Internet; Jual; beli; Jual Beli Online; Jejaring Sosial

References


Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), Profil Pengguna Internet Indonesia 2014, Editor Puskakom UI, APJII, Jakarta, 2015. Hal 15.

Baskoro, Adi, Buku Pintar Membuat Toko Online, Media Kita, Jakarta, 2012

Bone, Louis E dan Kurtz, David L, Pengantar Bisnis, Jilid 2, Erlangga, Jakarta, 2002

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Kencana, Jakarta, 2009.

Ferdianto, Hengki, How to Build Amazing Internet Business, Ed. I, Andi, Yogyakarta, 2006.

Nurcholifah ita, Manajemen Pemasaran, STAIN Pontianak Press, Pontianak, 2012.

Jubilee Enterprise, Trik Mengintegrasikan Facebook, Twitter, WordPress, Blog, Pinterest, dll Untuk Kemajuan Bisnis, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2012.

Juju, Dominikus dan Sulianta, Feri, Branding Promotion with Social Network, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2010.

Hasan, Ali, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, CAPS (Center for Academic Publishing Service), Yogyakarta, 2013.

Kartajaya, Hermawan, dkk, Syariah Marketing, Penerbit Mizan, Bandung, 2006.

Kurnia, Ari dkk, 101 Bisnis Online yang paling laris, cara-cara mudah memulai dana menjalankan bisnis online dari rumah, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2012.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2013.

Bloom, N Paul, Strategi pemasaran produk, Penerbit Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta, 2006

Putra, Ega Dewa. 2014. Menguak Jejaring http://125.160.17.21, 2014

Rasyid, Harun, Metode Penelitian Kuantitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama, STAIN Pontianak Press, Pontianak, 2000.

Rasyid, Sulaiman, Fiqh Islam, Sinar Baru Alqunsindo, Bandung, 1994.

Ratriany Assa, Enar, Mahasiswa Preneur, Tips Trik Sakti Menjadi Kaya, Kreatif, Mandiri & Sukses Sejak Mahasiswa, Penerbit Araska, Yogyakarta, 2014.

Rohmadi, Arif, Tips Produktif Ber-Sosial Media, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2016.

Sugiyono, Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Penerbit Alfabeta Bandung, Bandung, 2016.

Tim EMIS IAIN Pontianak, Statistik Education Management Information System (EMIS), IAIN Pontianak, Pontianak, 2015.

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI, Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagangan RI, Editor : Hariqo Wibawa Satria dan Luqman Hakim Arifin, Pusat Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta, 2014.

Wahbah Az- Zuhaili, Fiqih Islam Wa Adillatuhu jilid 5, Gema Insani, Jakarta, 2011.

Winarno, Edy dkk, Panduan Lengkap Berinternet, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2015.


Article Metrics

This article has been viewed : 2 times
PDF files viewed : 2 times Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.