PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH NON MUSLIM MENGGUNAKAN JASA PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARI’AH DI KOTA PONTIANAK

Maladi Noor

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4) dan Pelayanan (X5) terhadap keputusan nasabah non muslim dalam mempergunakan jasa pembiayaan bank syariah di Kota Pontianak.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pimer dan diperoleh melalui pembagian kuisioner kepada sejumlah responden yang relevan di Kota Pontianak. Metode sampling yang digunakan oleh peneliti adalah probability sampling non adalah teknik di mana setiap anggota sampel pada mengambil populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi anggota sampel. Dan teknik pengambilan sampel berdasarkan penilaian dari karakteristik anggota sampel yang disesuaikan dengan tujuan peneliti.
Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan analisis Faktor (Faktor Analysis). Dalam melakukan analisis penulis menggunakan bantuan software SmartPLS versi 3.0.
Berdasarkan hasil analisis faktor dengan menggunakan SmartPLS bahwa ditemukan pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan nasabah non muslim dalam menggunakan jasa pembiayaan bank syariah di Kota Pontianak adalah terdapat pada variabel tempat dengan nilai loading aktor sebesar 0,384. Sementara variabel terendah terdapat pada faktor harga dan produk yang masing-masing bernilai sebesar 0,181 dan 0,187.

References


Al- Arif, NurRiantodanEuSisAmala. 2010. TeoriMikroEkonomi :SuatuPerbandinganEkonomi Islam danEkonomiKonvensional, KencanaPrenada MediaGroup, Jakarta.

Amirin, T.M. (2010). Skala ikert: Penggunaan dan Analisis Datanya,. (Online). Tersedia: http://tatang manguny.wordpress.com/2010/11/01/skala-likert-penggunaan-dan-analisis-datanya/[Juli 2011].

Antonio, M Syafi’i.2002. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema ddddInsani Press.

Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah Dari TeorikePraktik. Jakarta :TazkiaInstiture, 2001.

Ascarya, 2006, Akad dan Produk Bank Syariah, Bank Indonesia :Jakarta

Bourgeois, R. 2005. Analytical Hierarchy Process: an Overview UNCAPSA – dUNESCAP. Bogor.

BPS Kota Pontianak, 2010, Pontianak dalam Angka.

Christopher Lovelock, H Lauren K Wright, 2011, Manajemen Pemasaran Jasa (Terjemahan), PT Indeks (Gramedia Grop) Jakarta

Engel, J.F, Blackwell, R.D & Miniard, P.W. (1994). Perilaku Konsumen. (Alih bahasa: Drs. F.X. Budiyanto). Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara

Evi Yupitri dan Raina Linda Sari. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan (Vol. 1 No.1 Desember) Hlm. 58.

Hasan, Iqbal. 2004. Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kotler dan Keller. 2007. ManajemenPemasaran, Edisi 12, Jilid 1, Jakarta:Gramedia.

Malhotra, Naresha K. (2006).Marketing Research: An Applied Orientation (5th Edition). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Marlina Ayu Apriyantini, Faktor yang mempengaruhi non muslim menjadi Nasabah Bri Syariah cabang Yos Sudarso, Yogjakarta.

Mulyono, S. 1996. Teori Pengambilan Keputusan, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Facultas Ekonomi UI, Yakarta.

Rifa’atul Machmudah ,(2014), IAIN Walisongo, faktor-faktir yang mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di Bank Syariah, Semarang

Sarwono, Jonathan. (2006). Analisis Data Penelitian Dengan Menggunakan SPSS. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Suryadi dan Ramadhani, 1998. Sistem Pendukung Keputusan. Media Komputindo, Jakarta

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No.21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah

Veithzal Rivai dkk. (2011). Islamic Transaction Law in Business dari Teori ke Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wold, H., 1985 : Partial Least Square, In S Kotz dan N.L. Johnson (Eds). Encyclopedia of Statistic Scinces, Vol 8 (pp. 587 – 599). New York, Wiley

Wold, H., 1982 : Models for Knowledge, In J. Gani(ed). The Making of Statistician (pp. 190 -212), London, Applied Probability Trust.

Yunus ,2004,Skripsi, Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menggunakan jasa bank Syariah, studi kasus pada masyarakat, Bekasi


Article Metrics

This article has been viewed : 6 times
PDF files viewed : 15 times Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.