STRATEGI DAKWAH AKUN PRO-YOU CHANNEL MELALUI KONTEN VIDEO CERAMAH DALAM MEDIA YOUTUBE

Sayyaf Nasrul Islami

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah akun Youtube Pro-You Channel. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi dakwah akun Pro-You Channel dalam video ceramah melalui media Youtube dan apa saja konten yang menarik dalam akun Pro-You Channel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif adapun bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Study Research) terhadap akun Pro-You Channel. Waktu penelitian dari bulan Juli sampai awal November 2019. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan peneliti berupa teks hasil wawancara, gambar dan observasi. Setelah data terkumpul langkah selanjutnya adalah mengklarifikasi data untuk kemudian dianalisa dan disimpulkan. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti, yakni ada beberapa konten yang menarik dalam akun Pro-You Channel, diantaranya: 1) Konten Kajian Majelis Jejak Nabi (MJN); 2) Konten Bedah Buku Pro-U Media; 3) Konten Kajian Ustadz Salim A. Fillah; 4) Konten Kajian Ustadzah Dr. Ferihana Ummu Sulaym; 5) Konten Kajian Ustadz Fauzil Adhim. Dalam makalah ini juga mengungkapkan bahwa akun Pro-You Channel menjalankan strategi dakwah dengan menggunakan metode amati, tiru, modifikasi (ATM), meningkatkan kualitas video dan audio, meningkatkan kualitas sarana, prasarana, kemampuan SDM, serta selalu berusaha berinovasi dan juga dengan pengelolaan teknik marketing yang baik.]


Keywords


Strategi; Dakwah; Media Dakwah; Media Youtube

Full Text:

PDF

References


Aflaha, Umi. Kaos Hadis Sebagai Media Dakwah dan Komunikasi Alternatif INJECT: Interdisciplinay Journal of Comunicatioan, Vol.2, No.2, Desember 2017: Hal 247-274.

Amin, Samsul Munir. Ilmu Dakwah. (Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2009).

An-Nabiry, Fathul Bahri, Meneliti Jalan Dakwah Bekal Perjuangan Para Da’i. (Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2008).

Aripudin, Acep. Pengembangan Metode Dakwah: Respons Da’I Terhadap Dinamika Kehidupan di Kaki Ceremai. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011).

Arifin, Anwar. Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi. (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011).

Aziz, Moh Ali. Ilmu Dakwah. (Jakarta: Prenadamedia Group, 2016).

Aziz, Moh. Ali, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Prenada Media, 2004).Djaliel, Maman Abdul dan Asep Saiful Muhtadi. Metodologi Penelitian Dakwah, (Bandung: Pustaka Setia, 2003).

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi-Teori dan Praktek, (Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 2007).

Katadata.co.id “Youtube, medsos no. 1 di Indonesia.” September 3, 2019 https://katadata.co.id/infografik/2019/03/06/Youtube-medsos-no-1-di-indonesia

Khan, Majid ‘Ali, Muhammad saw. Rasul Terakhir, Penerjemah: Fathul Umam, (Bandung: Pustaka, 1985).

Muis, A. Komunikasi Islami. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011.)

Pro-You Channel, September 1, 2019

https://www.Youtube.com/channel/UCJH5d4Esy-tDYwgmOhv33oQ/feature

Sarosa, Samiaji. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. (Jakarta Barat: PT Indeks, 2012).

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. (Bandung: Alfabeta, 2016).




DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v16i1.2105

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/jhjd.v16i1.2105.g1088

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 19 times

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.