MEDIA DAKWAH TIKTOK UNTUK GENERASI Z

Exsan Adde

Abstract


Era digital adalah era dimana pengguna media sosial dapat mengakses segala sesuatu dengan cepat, akses yang cepat ini disebut dengan viralitas, faktor ini memaksa da'i menggunakan media sosial sebagai alat untuk menyampaikan dakwahnya sendiri, media tersebut update dan mudah diakses serta efektif dibandingkan dengan sarana lain. dakwah lainnya. Aplikasi Tiktok, lebih sering disebut sebagai Douysin, diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming. Secara harfiah dari Cina. Aplikasi Tiktok adalah platform untuk video pendek hingga sepuluh menit yang mendukung diri mereka sendiri dengan musik dan konten sosial. Dengan memaksimalkan sarana komunikasi untuk dakwah, maka semakin banyak orang yang akan menyebarkan pesan dakwah dengan lebih cepat.Selain itu, pesan dakwah yang dikirim lebih cepat diterima. Selain itu banyak orang yang lebih memilih perangkat berteknologi tinggi seperti smartphone, yang membuat dakwah dengan media lebih menarik. Jika digunakan sesuai syariat Islam, Tiktok bisa dianggap sebagai alat dakwah yang bermanfaat. Secara umum dakwah Tik Tok merupakan dakwah milenial yang mampu menghasilkan novel dakwah yang dapat dibagikan pengikutnya di media sosial.


Keywords


Tiktok,Generasi Z, Media Dakwah

References


Aderosdiana Dan Nurnazmi, Dampak Aplikasi Tiktok Dalam Proses Sosial Di Kalangan Remaja Kelurahan Rabadompu Timurkecamatan Raba Kota Bima, Jurnal Pendidikan Sosiologi, Volume 4 Nomor 1 Juni 2021

Ajeng, Diah. 2020: “Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual”. Researchgate. 12 Juli 2020

Bate’e, Maria Magdalena, Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 2 No 2, Juni 2019

Bimantara, Yoga Satya, Analisis Isi Pesan Dakwah Melalui Media Tiktok Pada Akun @Sinarkehidupan_16, Skripsi: Universitas Islam Negeri Fatmawatisukarno Bengkulu, 2022

Christiani, Lintang Citra Dan Prinisia Nurul Ikasari, Generasi Z Dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi Dalam Perspektif Budaya Jawa, Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, Vol 4, No 2, 2020

Hastini, Lasti Yossi,Dkk, Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapatmeningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Zdi Indonesia, Jurnal Jamika Manajemen Informatika, Volume 10 Nomor 1 Edisi April, 2020

Nelson, “ Manajemen Dakwah”, Lp2 Stain Curup, 2010

Nelson Dan Hariya Toni, “ Ilmu Dakwah”,Lp2 Stain Curup, 2013

Pujiono, Andrias, Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z, Journal Of Christian Education, Vol. 2, No. 1, 2021

Putra, Robby Aditya, Dampak Film Para Pencari Tuhan Jilid X Terhadap Religiusitas Remaja, Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, Vol.3, No 1, 2018

Wibowo, Adi, Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital, Jurnal Islam Nusanttara, Vol. 03 No. 02, Juli - Desember 2019.




DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v16i2.2472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.